Sponsors Link

10 Fungsi Sosialisasi dalam Keluarga yang Harus Kamu Tau!

Sponsors Link

Sosialisasi merupakan proses dimana seseorang mendapatkan sesuatu yang baru dari manusia lain, demikian konsep ini di definisikan secara umum dalam lingkup studi sosiologi.

ads

Lingkungan sosialisasi setiap individu dimulai dari lingkungn terkecil, seperti keluarga, teman dekat, hingga meluas ke masyarakat sekitar dan dunia. Pembentukan kepribadian seseorang bisa terjadi setelah menerima apa yang diberikan oleh lingkup tersebut sebagai fungsi dari sosialisasi.

Karena Itu berikut ini beberapa fungsi sosialisasi dalam keluarga:

  1. Mendekatkan Anggota keluarga. Didalam keluarga yang baik, maka disitulah awal dari anggota yang baik pula. Ditambah ikatan keluarga yang kompak, solid dan saling rangkul satu sama lain membuat keluarga menjadi lebih kuat.
  2. Membuat Hangat dan Harmonis Keluarga. Agar hal tersebut dapat terbina maka dibutuhkan waktu bersama sebagai bentuk komunikasi, saling curhat. Sehingga hal tersebut tercipta suatukeluarga yang hangat dan harmonis.
  3. Menciptakan Keluarga Idaman. Perlunya waktu berkumpul bersama keluarga sebagai penyatu dalam berbagai momen.
  4. Meningkatkan Semangat Hidup. Apabila memiliki pasangan yang harmonis, perhatian dan penuh waktu begitu pun dengan anak maka akan timbul rasa antusias, bangga juga semangat untuk menata dan memperbaiki sikap yang menjadi lebih baik.
  5. Menjaga Ikatan Keluara yang Solid. Pentingnya memiliki keluarga yang solid mampu melakukan banyak hal baik suka maupun duka.
  6. Saling kasih dan Sayang Semakin Kuat. Keluarga yang kasih sayang dan sayangnya begitu tulus dan besar akan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman.
  7. Meningkatkan Komunikasi Antar Fungsi Sosialisasi Keluarga. Memiliki momen bersama fungsi sosialisasi keluarga menjadi saat yang tepat untuk meningkatkan komunikasi dan mempertebal kepercayaan diantara keluarga.
  8. Hubungan yang Kuat Antara Orang Tua dan Anak. Memberikan kesempatan anak untuk lebih terbuka, terutama pada orangtua.
  9. Saling Menghargai Satu sama lain. Luangkan waktu bersama untuk sekedar mengobrol, berikan perhatian sewajarnya agara anak tidak melakukan hal yang bahaya, hanya untuk menarik perhatian orang tua.
  10. Lebih Bahagia dan Lebih Sehat. Berkumpul bersama keluarga menjadi ajang pelepas stres, bagi orang tua yang berkerja atau anak yang lelah belajar disekolah

Setelah mengetahui fungsi sosialisasi dalam keluarga menjadi pembelajaran untuk menumbuhkan keluarga menjadi lebih baik lagi.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 19th, July 2021 / 03:04 Oleh :
Kategori : Sosiologi