Sponsors Link

5 Faktor Penyebab Terjadinya Pergolakan di Berbagai Daerah

Sponsors Link

Meskipun demikian, kisah berikutnya tidaklah berakhir bahagia. Setelah berhasil mengusir keluar para penjajah ada tantangan yang lebih berat yang harus dihadapi masyarakat dari seluruh daerah di Indonesia yaitu rakyatnya sendiri. Ketika kemerdekaan dari penjajah telah berhasil diraih, muncullah rasa ingin merdeka dari pemerintahan sendiri. Disintegrasi terjadi dimana-mana sebagai akibat dari pergolakan yang terjadi seiring dengan terjadinya perkembangan wilayah Indonesia. Beberapa pergolakan yang terjadi di awal kemerdekaan Indonesia antara lain:

ads
  • Pemberontakan PKI Madiun tahun 1948.
  • Gerakan politik Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII).
  • Proklamasi Kemerdekaan Republik Maluku Selatan (RMS).
  • Pemberontakan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) di Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.

Pergolakan tersebut bukan atas tidak ada dasar apa-apa, mulai dari permasalahan hukum di Indonesia sampai pada hal-hal yang diinginkan suatu kelompok yang tidak bisa dipenuhi oleh pemerintah pada saat itu. Pengertian pergolakan sendiri adalah suatu gerakan yang dilakukan serentak dengan berbagai cara demi memperjuangkan dan memaksakan kehendak atau ideologi suatu kelompok tertentu.

Dibawah ini akan dipaparkan 5 faktor penyebab terjadinya pergolakan daerah di Indonesia setelah kemerdekaan:

1. Adanya Perbedaan Pemahaman Ideologi

Di semua kasus pergolakan yang dicontohkan diatas, semuanya punya satu kesamaan yaitu memperjuangkan ideologi atau cita-cita yang kuat dari suatu kelompok, yang tentu saja berbeda dengan kenyataan yang terjadi di Indonesia. Alhasil pergolakan tidak dapat dihindari.

2. Kemunculan Tokoh Pelopor Pergolakan

Adanya tokoh yang menjadi pelopor dalam memperjuangkan ideologinya dapat menjadi asal mula dari suatu pergolakan. Misalnya dalam kasus Andi Aziz yang merupakan tokoh pergolakan yang menuntut bahwa hanya pasukan APRIS dari KNIL yang boleh bertanggung jawab atas keamanan Negara Indonesia Timur. Akhirnya terjadi pertempuran di Makassar.

3. Konflik Sosial yang Tidak Kunjung Terselesaikan

Konflik sosial yang sudah lama ada sebelum kemerdekaan bisa menjadi faktor perubahan sosial ketika muncul kembali ke permukaan setelah masalah penjajahan diselesaikan. Pemikiran faktor penyebab terjadinya pergolakan daerah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam sudah ada sebelum proklamasi kemerdekaan. Ketika terbuka kesempatan untuk mewujudkan hal tersebut, penggeraknya tidak hanya tinggal diam dan langsung memanfaatkan kesempatan untuk memperjuangkan ideologi mereka.

4. Ketidakpuasan Dalam Keputusan yang Sudah Ditetapkan

Faktor ini adalah latar belakang terjadinya pergolakan di Maluku yang kita kenal karena ketidak setujuan mereka yang tadinya adalah Negara Indonesia Timur harus bergabung kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini harusnya dapat diatasi jika pemerintah segera mengambil tindakan ketika ada kelompok yang tidak setuju dengan keputusan yang hendak ditetapkan.

5. Pemegang Kuasa Tidak Mempertimbangkan Semua Suara

Sponsors Link

Suatu pergolakan biasanya dimulai di satu meja dimana ada pendapat seseorang atau satu kelompok yang tidak dipertimbangkan agar keputusan nantinya bisa mengambil jalan tengah. Tentu saja seseorang atau kelompok yang tidak didengarkan pendapatnya itu akan protes dan kemungkinan terjadinya pergolakan hampir pasti. Pemegang kuasa akan dinilai bertindak semenah-menah dengan mengambil tindakan tanpa memberikan penjelasan untuk seseorang atau kelompok yang tidak sependapat.

Setelah mengetahui 5 faktor penyebab terjadinya pergolakan daerah sosial di awal kemerdekaan Indonesia yang sudah dijelaskan diatas, bagaimana pendapat Anda dalam menanggapinya? Dapatkah aksi ini dibenarkan? Bagaimanapun juga, semua pergolakan inilah yang sudah membentuk kondisi penduduk Indonesia di negara kita NKRI menjadi seperti saat ini. Apapun hal-hal buruk yang menjadi bagian dari sejarah kita hendaknya di tinggilkan dan menjadi pelajaran bagi kita yang hidup di masa sekarang agar tidak melakukan hal serupa yang bisa merugikan negara.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 16th, October 2017 / 09:17 Oleh :
Kategori : Sejarah