Sponsors Link

10 Peran Pasar Dalam Perekonomian di Indonesia

Sponsors Link

Pasar adalah salah satu tempat dimana hubungan sosial antar individu didalam masyarakat terjadi. Seringnya terjadi interaksi didalam tempat ini menjadikan aktifitas tawar menawar hingga terjadinya proses jual beli terjadi dan berdampak langsung pada kondisi ekonomi banyak pihak yang terlibat. Lalu apa saja 10 peran pasar dalam perekonomian?

ads

Secara umum, pasar adalah tempat dimana roda perekonomian masyarakat berputar dengan cepat. Karena disinilah uang sebagai alat pembayaran atau alat tukar berpindah dengan cepat mengimbangi aktifitas jual beli yang terjadi. Inilah kenapa pasar termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Faktor-faktor Pengaruh Dalam Kegiatan Ekonomi

Namun, walaupun seperti itu, ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi selain dengan adanya pasar. Mereka adalah:

  1. Sumber Daya Alam atau SDA

Sumber daya alam adalah salah satu faktor penting yang jika faktor ini tidak terpenuhi, kegiatan ekonomi bisa batal terjadi. Pasar sebagai tempat adalah salah satu elemen penting dimana penjual dan pembeli bertemu. Pentingnya sumber daya alam untuk dipenuhi dalam kegiatan ekonomi adalah karena sumber daya alam adalah produk yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Produk-produk yang termasuk sumber daya alam adalah perikanan, pertanian, peternakan, dan sebagainya.

  1. Sumber Daya Manusia atau SDM

Selain dengan tersedianya sumber daya alam, sumber daya manusia adalah faktor penting lainnya karena manusia inilah yang menciptakan dan menjalankan perekonomian. Tidak hanya itu, manusia juga merupakan satu-satunya pihak yang dapat menentukan harga jual sebuah produk.

  1. Sumber Daya Modal

Sumber daya modal adalah faktor lain yang mampu mempengaruhi kegiatan ekonomi. Sumber daya modal inilah yang menentukan pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya ketersediaannya pada seorang individu, sumber daya modal termasuk hambatan perdagangan internasional sebuah negara yang ingin mengembangkan perekonomian negaranya.

  1. Teknologi

Perbedaan pasar modern dan pasar tradisional salah satunya adalah keberadaan teknologi sebagai penunjangnya. Pasar modern biasanya menjadikan perkembangan teknologi sebagai sarana mengembangkan usahanya karena cakupannya yang luas dan tidak terbatas. Inilah kenapa pasar modern lebih cepat berkembang dibandingkan pasar tradisional yang menggunakan teknologi secara terbatas.

Peranan Bentuk Pasar dalam Perekonomian

Peran pasar dalam perekonomian merupakan bukti bahwa pasar adalah sesuatu yang sangat vital atau penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Karena hampir semua orang membutuhkan keberadaan pasar untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan 10 peran pasar dalam perekonomian tersebut adalah:

  1. Menetapkan Harga Jual

Poin pertama dari 10 peran pasar dalam perekonomian adalah sebagai penetap harga jual. Poin ini sangat penting agar tidak ada ketimpangan atau perbedaan harga jual sebuah produk yang selisihnya terlalu jauh dari harga ditempat lainnya. Poin inilah yang menjadi salah satu peran Indonesia di era globalisasi: mentapkan harga barang ekspor yang dijual ke negara lain. Tanpa adanya pasar, harga sebuah produk bisa menjadi sangat mahal atau sangat murah bahkan tidak berharga dan menjadikan perekonomian masyarakat anjlok.

  1. Menorganisir Sebuah Produk

Peran lain pasar dalam perkonomian adalah dalam hal pengorganisiran sebuah produk. Maksud dari pengorganisirian ini adalah pasar sebagai pihak yang menentukan produk apa saja yang bisa masuk dan berapa jumlahnya. Tanpa melakukan ini, bisa-bisa pasar akan kelebihan produk dan mengakibatkan harga produk menjadi terlalu murah dan merugikan banyak pihaks.

Sponsors Link

  1. Tempat Aktifitas Distribusi

Ketika pasar sudah mendapatkan produk untuk dipasarkan, selanjutnya peran pasar dalam perekonomian adalah mendistribusikannya kepada masyarakat. Sama seperti poin sebelumnya, hal ini perlu dilakukan agar produk-produk tersebut tidak terkumpul disatu tempat dan menjadikan produk tersebut menjadi tidak habis terjual atau bahkan tidak laku.

  1. Tempat Aktifitas Penjatahan

Masih menyangkut masalah distribusi, salah satu dari 10 peran pasar dalam perekonomian adalah penjatahan. Pasarlah yang mengatur ‘tempat mana yang mendapatkan barang dengan jumlah yang lebih banyak dan mana yang tidak’. Hal ini tentu saja dilakukan atas dasar survei dan analisa yang dilakukan oleh pasar.

  1. Menjaga Stock Barang Untuk Masa Yang Akan Datang

Selain mendistribusikannya, pasar berperan dalam menjaga stock produk agar produk tersebut tidak cepat habis sehingga menjadikan produk tersebut menjadi susah didapatkan dan memiliki harga yang mahal.

ads
  1. Sarana Promosi Atau Memperkenalkan Produk Baru

Selain tempat bertemunya penjual dan pembeli, ternyata pasar juga menjadi tempat produsen memperkenalkan produk terbaru mereka kepada masyarakat. Tidak hanya produsen produk lokal yang melakukannya karena terkadang produsen dari negara lain juga ikut mempromosikan produk terbaru mereka di pasar Indonesia. Promosi produk terbaru sudah menjadi salah satu sarana hubungan internasional antar negara dalam perdagangan internasional.

  1. Tempat Pemenuhan Kebutuhan Hidup

Pasar memang terkenal dengan ramainya aktifitas jual beli disana. Inilah kenapa banyak orang menggantungkan pemenuhan kebutuhan hidupnya disana. Tidak hanya produk lokal yang bisa didapatkan. Seperti contoh barang ekspor dan impor juga bisa didapatkan disana.

  1. Membantu Menunjang Pembangunan

Selain membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya sehari-hari, ternyata pasar juga dapat membantu penunjang program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal pengadaan bahan-bahan keperluan pembangunan.

  1. Tempat Mencari Pekerjaan

Poin kesembilan dalam 10 peran pasar dalam perekonomian adalah sebagai tempat mendapatkan penghasilan. Seperti sudah disinggung diawal, banyak pihak yang menggantungkan hidupnya di pasar. Salah satunya adalah sebagai pekerja dalam membantu aktifitas pedagang yang berdagang disana.

  1. Penambah Pendapatan Negara

Pentingnya pasar ternyata juga memiliki andil pada pertumbuhan perekonomian sebuah negara. Hal ini karena negara mendapatkan tambahan masukan dari pajak dan juga retribusi yang dikeluarkan oleh pasar.

Itulah 10 peran pasar dalam perekonomian yang bisa dijadikan acuan bahwa pasar adalah sesuatu yang sangat vital atau penting. Tidak hanya pasar dalam skala lokal karena pasar skala internasional juga memiliki peran yang tidak jauh berbeda. Tidak ada perbedaan ekspor dan impor karena pada dasarnya perekonomian dunia bisa tumbuh karena adanya pasar internasional. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 15th, February 2018 / 05:36 Oleh :
Kategori : Ekonomi