Sponsors Link

14 Contoh Kebutuhan Pokok Manusia Sehari-hari

Sponsors Link

Setiap manusia tentunya memiliki kebutuhannya masing masing. Kebutuhan tentunya berbeda dari keinginan. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang mana dibutuhkan oleh manusia yang digunakan untuk bertahan hidup dan memperoleh kesejahteraan. Sehingga kebutuhan tersebut haruslah dipenuhi agar manusia dapat menjalankan kehidupannya sehari hari. (baca juga: Masalah Negara Berkembang)

ads

Kebutuhan manusia sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, jika berdasarkan dari intensitas kegunaannya. Kebutuhan terbagi menjadi 3 jenis, antara lain adalah:

  • Kebutuhan primer (pokok) merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh individu, yaitu sandang, pangan, papan. Sehingga jika tidak terpenuhi akan menganggu jalannya aktivitas dari individu tersebut. (baca juga: Pengertian Masyarakat Multikultural)
  • Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder dapat dikatakan sebagai kebutuhan tambahan yang mana dapat membuat kebutuhan manusia bisa berjalan lebih baik. (baca juga: Fungsi Bahasa Daerah)
  • Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang memiliki tujuan untuk sesuatu hal yang mewah. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi jika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Sehingga kebutuhan ini ketika tidak terpenuhi pun tidak akan menjadi masalah. (baca juga: Manfaat Perdagangan Internasional)

Kebutuhan manusia jika berdasarkan pada sifatnya terbagi menjadi dua yaitu:

  • Kebutuhan jasmani, merupakan kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk memelihara fisik serta raganya. Misalnya: istirahat, olahraga, dan lainnya.
  • Kebutuhan rohani, merupakan kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan jiwa dan batin. Misalnya: hiburan, ibadah, rekreasi, kesenian, dan lainnya.

Kebutuhan manusia jika berdasarkan pada waktunya terbagi menjadi 3, antara lain adalah:

  • Kebutuhan saat ini, merupakan kebutuhan yang mana pemenuhannya harus dilakukan saat ini juga serta tidak dapat ditunda. Misalnya: obat, makanan, minuman, operasi, dan lainnya.
  • Kebutuhan yang akan datang, merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan di masa depan atau dapat ditunda. Namun juga harus dipersiapkan mulai dari dini. Misalnya: tabungan, perlengkapan sekolah, dana pendidikan, asuransi, dan lainnya.
  • Kebutuhan yang tidak terduga, merupakan kebutuhan yang mana dilakukan secara tiba-tiba. Misalnya: konsultasi kesehatan.

Kebutuhan manusia yang didasarkan pada subjek yang dibutuhkan  terbagi menjadi 2 antara lain adalah:

  • Kebutuhan individu, merupakan kebutuhan yang memang diperuntukkan bagi individu atau perorangan. Misalnya: Kebutuhan pelajar, kebutuhan pekerja, kebutuhan presiden, kebutuhan rakyat, dan lainnya.
  • Kebutuhan kelompok, merupakan kebutuhan yang mana diperuntukkan bagi kepentingan kelompok ataupun masyarakat secara bersama-sama. Misalnya: jalan, rumah sakit, angkutan umum, sekolah, dan lainnya.

Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebutuhan primer ini memang menjadi keharusan untuk terpenuhi. Sehingga jika tidak terpenuhi tentunya akan menjadi permasalahan di dalam kehidupan. Berikut ini beberapa contoh kebutuhan pokok manusia sehari-hari. (baca juga: Peran Indonesia di Era Globalisasi)

1. Sandang (Pakaian)

Kebutuhan pokok manusia pertama sehari-hari adalah sandang atau pakaian. Sandang adalah kebutuhan dalam bentuk pakaian yang digunakan untuk menutupi bagian tubuh, atau dapat dikatakan sebagai pelindung dari cuaca panas dan dingin yang ada. Jika dulu pakaian terbuat dari bahan kulit hewan atau kulit kayu, namun karena semakin majunya perkembangan teknologi yang ada membuat pakaian kini berasal dari berbagai macam atau jenis benang yang ditenun. Misalnya saja pakaian untuk kerja, pakaian rumah, dan masih banyak lainnya. (baca juga: Macam-Macam Ras Di Indonesia

2. Pangan 

Kebutuhan pokok lainnya adalah pangan atau makanan. Mengapa dikatakan sebagai kebutuhan utama? hal ini dikarenakan manusia tidak dapat hidup tanpa makan dan minum. Sehingga hal ini merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Di berbagai negara negara berkembang seperti Indonesia, makananan masih diproduksi melalui cara cara tradisional, misalnya memperluas lahan untuk pertanian (ekstentifikasi). Sedangkan di negara-negara maju semisal Amerika Serikat, sistem pertanian yang ada sudah modern (intensifikasi). Meskipun berbeda, namun tujuannya tetap sama untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya.  (baca juga: Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam)

Sponsors Link

3. Papan (Tempat Tinggal)

Di dalam hidup, tentu saja manusia membutuhkan tempat yang digunakan untuk berteduh serta berlindung dari panas maupun hujan. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, rumah juga digunakan sebagai tempat wajib yang digunakan utnuk berkumpul bersama keluarga. Namun nyatanya di negara-negara berkembang, banyak kasus keluarga yang belum bisa menikmati tempat tinggal yang baik dan nyaman. Bahkan beberapa diantaranya juga belum memiliki tempat tinggal atau rumah sama sekali, meskipun hal ini adalah kebutuhan pokok. (baca juga: Permasalahan Lingkungan Hidup )

4. Keluarga

Tak hanya sandang, pangan, dan papan saja, keluarga juga menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia sehari hari. Keluarga adalah hal yang paling dibutuhkan manusia. Berbagai macam pelajaran dapat anda terima di dalam keluarga. Sehingga keluarga merupakan kebutuhan psikologis yang cukup penting. Banyak dari individu yang mungkin tidak memiliki keluarga, bahkan harus mengalami hidup sendiri. Sehingga bagi anda yang memiliki keluarga, tentunya anda harus menghargai hidup kita dan selalu luangkan waktu bersama keluarga. (baca juga: Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia)

Baca juga:

5. Teman

Tak hanya keluarga, individu juga harus memiliki teman. Manusia adalah makhluk sosial yang mana tidak dapat hidup sendiri dan tidak dapat jauh dari manusia lainnya. Bahkan satu sama lainnya akan saling membutuhkan agar dapat bertahan hidup. Mungkin beberapa orang berpikir jika mereka dapat hidup sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain. Namun jika anda berpikir lebih lanjut, dengan adanya teman anda bisa jauh lebih berkembang. Bahkan dari teman, anda bisa mendapatkan kasih sayang serta pengalaman yang tidak pernah terlupakan. (baca juga: Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial)

ads

6. Pendidikan

Pendidikan juga masuk ke dalam salah satu kebutuhan pokok manusia yang tak boleh dilupakan. Hal ini dikarenakan pendidikan adalah salah satu faktor yang dapat membuat sebuah negara menjadi berkembang.  Sehingga Negara sendiri bahkan mewajibkan seorang anak mendapatkan pendidikan yang cukup layak dan dapat bersekolah dengan nyaman. Dengan adanya pendidikan, manusia bisa mendapatkan cara untuk memenuhi segala kebutuhan di dalam hidupnya. (baca juga: Peran Dunia Internasional Dalam Konflik Indonesia Belanda)

7. Pengetahuan

Sama halnya dengan pendidikan, pengetahuan menjadi kebutuhan pokok yang wajib untuk dipenuhi. Pengetahuan ini dapat lebih luas lagi dikarenakan pengetahuan memang memiliki banyak jenis di dalamnya. Tak hanya pengetahuan formal, pengetahuan non formal serta skill hidup akan menjadi pengetahuan yang penting untuk bisa bertahan hidup. (baca juga: Perkembangan Awal Politik Pada Awal Kemerdekaan)

8. Pekerjaan

Pekerjaan serta mendapatkan penghasilan yang cukup untuk bisa menghidupi kebutuhan sehari hari merupakan kebutuhan pokok dan utama yang harus dipenuhi oleh manusia. Dengan adanya pekerjaan, anda bisa mendapatkan uang untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari hari lainnya, bahkan kebutuhan keluarga. Tanpa bekerja, tentu saja anda akan kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan primer lainnya. (baca juga: Keragaman Suku Bangsa dan Budaya)

9. Kesehatan

Setiap manusia tentunya menginginkan memiliki tubuh yang sehat. Dengan kondisi tubuh yang sehat, tentunya segala hal dapat dilakukan termasuk untuk memenuhi kebutuhan primer lainnya. Jika kondisi tubuh tidak sehat, maka manusia akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya dan membuat kehidupan tidak dapat berjalan baik. Sehingga tak heran jika Pemerintah dengan sigap memberikan jaminan kesehatan untu masyarakatnya agar bisa mendapatkan segala kebutuhan yang layak serta higienis. (baca juga: Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya)

10. Keamanan

Tentu saja setiap individu menginginkan jika dapat tinggal di tempat yang aman dan nyaman, tak hanya itu saja bahkan daerah yang dilewatinya pun juga tentu saja harus aman. Sehingga membuat seseorang tersebut tidak merasa was-was jika terjadi sesuatu pada dirinya. Sehingga sangat dibutuhkan jaminan keamanan untuk masing-masing individu. (baca juga: Ciri-Ciri Pranata Sosial)

11. Informasi

Sebagai manusia, tentunya sangat membutuhkan informasi yang mana berkaitan dengan hal-hal yang disekitarnya. Dengan adanya informasi tersebut tentu saja akan membuat dirinya mudah untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Bahkan dengan ada nya informasi informasi yang ada, dirinya dapat lebih jelas mengenal tentang dunianya. (baca juga: Peran Keluarga Dalam Proses Sosialiasasi)

12. Kasih Sayang

Kebutuhan pokok lainnya yang dibutuhkan oleh manusia adalah kasih sayang. Manusia membutuhkan adanya kasih sayang di dalam kehidupannya, entah itu dari keluarga, kerabat, teman, ataupun orang lain di sekitarnya. Dengan adanya kasih sayang, manusia bisa dapat lebih peduli pada sesama dan hal lainnya yang berada di sekitarnya. (baca juga: Perbedaan Sosialisasi Primer dan Sekunder)

Sponsors Link

13. Ketentraman

Tak hanya aman dan nyaman, tentu saja manusia membutuhkan ketentraman di dalam hidupnya. Dengan adanya ketentraman tentu saja hidup menjadi lebih damai dan tidak ada rasa was was yang dipikirkannya. Lingkungan yang aman, kesehatan yang baik, serta kebutuhan lainnya yang terpenuhi yang dapat menjadikan kehidupan lebih tentram yang mana menjadi kebutuhan dari semua manusia. (baca juga: Pengertian Piramida Penduduk)

14. Identitas

Tentunya setiap manusia ingin jika dirinya dapat dikenal di dalam lingkungannya, sehingga orang lain yang ada di sekitarnya mengetahui dirinya dapat dapat berinteraksi satu sama lainnya yang mana nantinya dapat terjalin sebuah ikatan pertemanan yang membuat kehidupan bahagia dan menyenangkan. (baca juga: Kegiatan Ekonomi Di Indonesia)

Nah itu tadi beberapa contoh kebutuhan pokok manusia sehari-hari yang harus dipenuhi. Contoh kebutuhan pokok manusia sehari-hari itu harus dipenuhi dengan baik dan cukup sehingga nantinya kehidupan dapat terus berjalan dan berkembang sebagaimana mestinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 14:56 Oleh :
Kategori : Sosiologi