Sponsors Link

20 Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Suatu Negara

Sponsors Link

Sebelum masuk ke pembahasan perdagangan internasional, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai arti perdagangan internasional. Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukarang barang ataupun jasa yang dilakukan oleh penduduk sebagai ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi dalam suatu negara dengan negara lain dalam ruang lingkup yang luas yang didasari dengan kesepakatan bersama.

ads

Perdagangan ini dapat dilakukan oleh individu dengan individu, individu dengan pemerintah ataupun pemerintah dengan pemerintah lain. Kegiatan yang dilakukan dalam perdagangan internasional terdiri dari “ekspor” yaitu proses penjualan ke luar negeri dengan kesepakatan bersama yang sepakati oleh eksportir dan importir, dan ada juga kegiatan “impor” yaitu proses pembelian barang maupun jasa dari suatu negara ke negara lain.egara lain.

Faktor Terjadinya Perdagangan Internasional

Suatu proses akan terjadi karena sebuah faktor, termasuk perdagangan internasional. Berikut adalah faktor yang menyebabkan terjadinya perdagangan inetrnasional.

  • Adanya perbedaan Sumber Daya Alam
  • Perbedaan faktor produksi setiap negara
  • Perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Kondisi ekonomi setiap negara yang berbeda
  • Menghemat biaya produksi
  • Adanya kelebihan produk dalam negeri
  • Setiap negar atidak dapat memproduksi semua barang yang dimiliki negara lain
  • Adanya keinginan bekerja sama dengan negara lain

Manfaat Perdagangan Internasional

Jadi maksud dari spesialisasi ini yaitu adanya kespesialan atau kekhususan suatu negara dalam produksi suatu produk. Keuntungan dengan adanya spesialisasi dalam perdagangan internasional yaitu dapat lebih menikmati banyak produk dari yang diproduksi dalam negeri, dan juga adanya efisiensi suatu faktor produksi.

1. Memperoleh Barang Yang Tidak Dapat di Produksi di Negeri Sendiri.

Kondisi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang berbeda-beda pada setiap negara tentunya akan sangat mempengaruhi suatu produksi bagi setiap negara. Oleh karena itu dengan adanya perdagangan internasional, dan juga ada kegiatan ekspor impor dalam barang yang tidak bisa di poduksi oleh negara kita sendiri dapat dengan mudah kita peroleh untuk memenuhi kebutuhan kehidupan kita. Begitupun dengan negara lain yang membutuhkan barang produksi Indonesia dapat dengan mudah mendapatkannya melalui perdagangan internasional ini.

2. Keuntungan Melalui Spesialisasi

Suatu negara dapat memproduksi barang yang sama dengan negara lainnya, misalkan produksi suatu kendaraan antara negara Jepang dan India yang sama-sama memproduksi kendaraan roda dua. Tetapi ada kalanya kualitas dari segala aspek lebih baik negara Jepang daripada negara India, hal ini yang menjadikan Jepang mendapatkan spesialisasi dari produksi kendaraan. Sehingga menyebabkan suatu negara lebih banyak mengimpor produksi Jepang dari pada produksi dari India ataupun produksi dalam negeri.

3. Dapat Memperluas Pasar dan Menambah Keuntungan

Dengan adanya perdagangan internasional dapat memperluas pasar dan menambah pendapatan. Tak sedikit pengusaha ataupun produsen di dalam negeri tidak mengoptimalkan produksi ataupun kinerja dari perusahaannya karena mereka takut kelebihan produksi sehingga tidak laku dan membuat harga jual turun yang mengakibatkan kerugian yang besar. Akan tetapi dengan adanya perdagangan internasional, para pengusaha dapat memproduksi barang sebanyak-banyaknya tanpa takut rugi. Para pengusaha dapat menjual hasil produksi yang lebihnya ke luar negeri sehingga dapat memperluas pasar dan yang pasti sangat memberikan banyak keuntungan bagi para pengusaha tersebut.

4. Transfer Teknologi Modern

Perdagangan internasional maka setiap pengusaha atau produsen dapat mempelejari teknik produksi yang lebih efisien yaitu dengan menggunakan teknologi yang modern. Sehingga dapat menjadi unsur-unsur budaya dalam pelajaran ataupun masukan bagi pengusaha yang belum memiliki teknologi modern seperti negara yang telah menggunakan teknologi modern dalam memproduksi suatu produknya agar hasil produksi dalam negeri dapat lebih maju dan optimal. Dan pengusaha dalam negeri tidak akan tertinggal dalam penggunaan teknologi.

5. Mempererat Hubungan Antar Bangsa

ads

Perdagangan internasional dapat mempererat hubungan antar bangsa, dengan adanya perdagangan antar negara maka setiap negara yang bekerja sama akan mempunyai rasa membutuhkan satu sama lain sehingga rasa persahabatan pun akan tumbuh. Dengan bersahabatnya antar bangsa maka hubungan antar negarapun akan menjadi semakin harmonis, karena antar negara saling memberikan keuntungan bagi negara yang ikut bekerja sama dengan negara tersebut. Contohnya : suatu perusahaan yang multi nasional. Saham perusahaan tersebut dimiliki oleh beberapa orang dari negara berbeda, hal itu mempererat hubungan sosial antar negara yang bersangkuta.

6. Negara Semakin Makmur

Perdagangan internasional dapat membuat negara semakin makmur, hal ini karena dengan perdagangan internasional dapat menaikkan pendapatan negara tersebut. Hal ini terjadi karena jika ada suatu negara kekurangan ataupun kelebihan barang maka yang kekurangan akan membeli dan yang kelebihan akan menjual sehingga pendapatan negara akan meningkat, dengan pembagian wilayah waktu di Indonesia dalam meningkatnya pendapatan Indonesia atau negara lainnya maka, akan membuat negara semakin makmur. Karena salah satu kemakmuran suatu negara dilihat dari bidang ekonominya.

7. Memperluas Kesempatan Kerja

Dengan adanya perdagangan internasional, maka pemasaran barangpun semakin luas hampir ke berbagai negara yang berada pada belahan dunia. Hal ini menyebabkan menaiknya permintaan barang untuk dikirim ke berbagai negara tersebut, dengan naiknya permintaan jumlah produksi makan akan semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia sehingga akan terciptanya kesempatan kerja yang luas. Akan banyak perusahaan yang membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah banyak dan akan memberikan lapangan pekerjaan yang luas, hal ini dapat mengurangi angka pengangguran.

8. Menambah Devisa Negara

Dengan dilakukannya perdagangan internasional maka pastinya akan meningkatkan devisa negara. Ketika suatu perusahaan mengekspor barangnya, maka kita mendapatkan bayaran berupa mata uang asing dari negara yang membelinya seperti dollar ataupun jenis mata uang negara lainnya, mata uang asing itulah yang disebut dengan devisa. Setiap perusahaan akan berlomba dalam menghasilkan produk sebanyak mungkin karena semakin banyak produk semakin besar pula keuntungan yang diperoleh. Dengan begitu perusahaan tidak perlu takut akan menurun atau merugi karena dengan perdagangan internasional pemasaran dari setiap perusahaan berkembang pada tingkat global. Dengan banyaknya ekspor barang ke berbagai penjuru dunia makan akan diperoleh devisa yang tinggi. Semakin luas pemasaran barang maka semakin banyak devisa yang aka diperoleh, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Pada sebagian negara banyak yang mengandalkan sumber devisa dari hasil perdagangagn internasional.

9. Dapat Mencegah Terjadinya Krisis 

Dengan perdagangan internasional maka akan dapat mencegah terjadinya krisis. Misalkan suatu negara mengalami krisis suatu bahan makanan pokok seperti beras, jika misalkan suatu negara mengalami gagal panen beras secara merata di setiap wilayahnya maka negara lain yang mempunyai produk besar yang berlebih akan mengekspor beras tersebut ke negara tersebut, sehingga dalam hal ini perdagangan internasional dapat mencegah terjadinya krisis suatu permasalahan pada bahan pangan. Jika terjadi krisis bahan makanan maka sudah pasti akan berimbas pada krisis ekonomi, jika terjadi krisis ekonomi makan kejahatanpun akan banyak muncul.

10. Akan Mendorong Kemajuan Pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Sponsors Link

Dengan adanya perdagangan internasional maka akan mendorong suatu negara untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Hal ini disebabkan setiap negara ingin produk yang dihasilkannya memiliki kualitas terbaik, karena persaingan perdagangan internasional maka akan mendorong suatu negara untuk meningkatkan ilmu teknologinya agar produk yang dihasilkan mempunyai kelebihan dibandingkan produk yang lainnya. Dengan menggunakan IT maka dapat membantu untuk memperbaik kualitas produk yang di produksi. Biasanya negara berkembang banyak mempelajari penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan belajar kepada negara yang maju karena negara maju sudah jauh lebih maju dalam penggunaan IT nya.

11. Akan Mempermudah Memperoleh Barang Dengan Harga Yang Lebih Murah

Dengan melalui perdagangan internasional maka kita dapat mendapatkan berbagai barang dengan mengimpor barang yang harganya sangat murah tetapi memiliki kualitas yang baik. Dengan barang yang lebih murah daripada kita memproduksi sendiri tetapi memakan biaya yang tinggi, kenapa tidak untuk import barang dari luar. Salahh satu negara yang memproduksi barang  yang murah akan tetapi dengan kuantitas yang banyak yaitu China. Kita dapat melakukan jual beli dengan China untuk dapat memperoleh barang yang murah yang tidak ada di dalam negeri atau kita dapat membeli produk dari china daripada kita memproduksi sendiri akan tetapi memakan biaya yang tinggi. Biasanya barang yang di import dari China yaitu barang elektronik, pakaian, maupun yang lainnya.

Baca juga:

12. Dapat Mendorong Kegiatan Ekonomi Dalam Negeri

Dengan adanya perdagangan internasional maka produksi dalam negeri akan meningkat agar dapat meningkatkan hasil ekspornya. Dengan begitu maka para pengusaha dalam negeri akan berlomba-lomba dalam memproduksi barang dan akan membutuhkan tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

13. Dapat Memenuhi Kebutuhan Rakyatnya
Tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri, begitupun negara tidak dapat hiudp sendiri tanpa bekerja sama dengan negara linnya. Perdagangan internasional dilakukan oleh semua negara yang ada di dunia untuk saling memenuhi kebutuhan rakyatnya, karena tidak semua produk dapat dihasilkan oleh setiap negara. Negara yang dulunya menutupi diri dari perdagangan internasional seperti Vietnam, China, Rusia sekarang sudah membuka pasarnya, karena semua negara saling membutuhkan.

14. Dapat Mempererat Hubungan Politik 

Selain mempunyai manfaat pada berbagai bidang ekonomi juga memiliki manfaat pada bidang politik. Perdagangan internasional dapat mempererat hubungan politik setiap negara hal ini juga menyebabkan rasa persahabatan semakin erat.

15. Dapat Membantu Meningkatkan Daya Saing Ekonomi

Sponsors Link

Dengan adanya perdagangan internasional maka akan menciptakan persaingan setiap negara yang ikut serta pada perdagangan internasional. Persaingan yang tercipta haruslah persaingan sehat, persaingan ini dapat dilakukan melalui meningkatnya kemampuan produsen bagi setiap negara. Berhasilnya suatu negara dalam persaingan tingkat regional maupun tingkat internasional dapat meningkatkan perekonomian negara yang bersangkutan.

16. Dapat Meningkatkan Investasi

Dengan adanya perdagangan internasional maka kita dapat menarik para investor untuk menanamkan sahamnya di Indonesia. Dengan menunjukkan hasil produksi yang baik, maka akan banyak investor yang ingin menginvestasikan modalnya di Indonesia. Semakin banyak investor yang menanamkan sahamnya di Indonesia, maka akan semakin meningkat pula pembangunan dan perekonomia di Indonesia. Dengan banyaknya investor kepada Indonesia dapat juga menambah lapangan kerja, dengan banyak lapangan kerja maka pengangguran akan semakin berkurang.

17. Dapat Memperkuat Posisi Perdagangan

Dengan adanya berbagai aturan dan hambatan pada perdagangan internasional maka persaingan perdaganganpun sangat sulit. Dengan begitu perlu diadakan kerja sama, dengan kerja sama maka akan dibuat aturan perdagangan yang dapat menguntungkan negara-negara yang ikut bergabung. Dengan adanya peraturan tersebut makan akan memperlancar proses kegiatan ekonomi, sehingga posisi perdagangan dalam negeri akan menjadi semakin kuat.

18. Mencegah Perdagangan Barang Yang Membahayakan

Melalui perdagangan internasional maka akan mencegah terjadinya penjualan senjata, obat-obatan terlarang, hewan langka, ataupun hal lain yang membahayakan. Oleh karena itu pada setiap negara yang ada pada dunia memiliki bea cukai, hal ini untuk memeriksa setiap barang yang datang pada negara kita apakah barang tersebut aman atau membahayakan. Pemeriksaan inipun perlu dilakukan untuk melihat pajak barang tersebut, dan untuk memastikan apakah barang itu legal atau ilegal. Biasanya pemeriksaan digunakan dengan melihat dokumen barang, menggunakan alat detektor, atau bahkan bisa dengan hewan pelacak.

19. Dapat Menciptakan Harga Yang Stabil

Apabila dalam suatu negara terdapat barang yang tidak dapat diproduksi di negara tersebut atau dengan kata lain sangat sulit didapatkan maka harga akan cenderung sangat tinggi. Dengan adanya perdagangan internasional, maka tidak akan ada hal tersebut karena barang yang sulit dapat di import dari negara lain sehingga harga menjadi tetap stabil. Dengan import kebutuhan dapat terpenuhi dan yang pasti dengan harga tetap stabil.

20. Dapat Mengenal Berbagai Mata Uang Negara Lain

Dengana danya perdagangan internasional maka kita melakukan proses ekspoe ataupun impor, sehingga kita dapat mengetahui berbagai mata uang dari negara yang berhubungan dengan kita. Beberapa mata uang yang dijadikan alat pembayaran dalam perdagangan internasional diantaranya dollar Amerika Serikat, Poundsterling Inggris.

Itulah manfaat dari perdagangan internasional, selanjutnya akan dibahas mengenai faktor terjadinya perdagangan internasional.

Indonesia sebagai negara berkembang sangat perlu ikut serta dalam perdagangan internasional karena dengan ikut serta perdagangan internasional merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Selain itu banyak manfaat yang sangat baik untuk pembangunan dan perekonomian pada Indonesia. Sekian pembahasan mengenai 20 manfaat perdagangan internasional bagi manusia. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami manfaat perdagangan internasional.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 12th, June 2017 / 05:34 Oleh :
Kategori : Ekonomi