Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Masalah Persebaran Penduduk Yang Tidak Merata Aspek Sosial dan Ekonomi

Sponsors Link

Salah satu masalah kondisi penduduk Indonesia yang sampai saat ini dialami oleh Indonesia adalah persebaran penduduk yang tidak merata. Hal ini terjadi karena jumlah masyarakat Indonesia yang memang begitu banyak,  bahkan Indonesia sendiri menempati posisi 4 sebagai Negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Sehingga bila penyebaran penduduk tidak merata tentu saja akan  menyebabkan beberapa daerah mengalami kepadatan penduduk dan membuat beberapa dampak bagi daerah-daerah tersebut. Berikut ini dampak dari masalah persebaran penduduk yang tak merata:

ads
  • Daerah yang memiliki kependudukan yang padat tentu saja akan menyebabkan masalah sosial seperti pemukiman kumuh, tingkat kemiskinan meninggi, dan masih banyak lainnya. Sedangkan daerah yang rendah tingkat kependudukannya akan mengakibatkan penduduknya menjadi terisolir dari dunia luar.
  • Banyaknya penduduknya di suatu daerah akan menyebabkan perekonomian tidak merata, sehingga beberapa daerah yang memiliki tingkat penduduk yang kurang tentu saja akan sulit berkembang.
  • Tingkat pengangguran yang tinggi dapat terjadi di daerah-daerah yang padat penduduknya.
  • Upaya pelestarian budaya hanya akan terpusat pada satu tempat saja yang memiliki jumlah penduduk banyak.
  • Persebaran penduduk yang tidak merata juga akan berkaitan dengan sistem politik yang menjadi tak seimbang.

Tentu saja jika dampak-dampak tersebut diteruskan maka akan membuat Negara tidak akan berkembang. Nah berikut ini ada beberapa cara mengatasi masalah persebaran penduduk yang tidak merata, dalam aspek sosial dan ekonomi:

1. Transmigrasi

Salah satu cara utama yang cukup efektif untuk mengatasi masalah bentuk hubungan sosial asosiatif dan disosiatif  dari persebaran penduduk adalah dengan cara transmigrasi. Data yang ada saat ini menunjukkan jika Papua yang merupakan salah satu Pulau terluas di Indonesia hanya memiliki penduduknya yang jumlahnya kurang dari 1% penduduk Indonesia. Bahkan hal ini juga terjadi di Kalimantan yang hanya memiliki 5% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Tujuan dari transmigrasi sendiri adalah:

  • Meratakan persebaran masyarakat Indonesia
  • Meningkatkan taraf hidup transmigran
  • Mengelola sumber daya alam di daerah yang masih kurang penduduknya
  • Meningkatkan keamanan dan pertahanan di Indonesia
  • dll.

2. Memeratakan Pembangunan

Cara lain nya yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memeratakan pembangunan, tak hanya pada daerah daerah pusat yang penduduknya padat saja namun juga di wilayah lainnya di bagian timur, tengah dan barat Indonesia. Hal ini akan mengurangi jumlah penduduk yang berniat ingin mengadu nasib di daerah daerah pusat. Hal ini juga akan membantu pembangunan didaerah masing-masing.

3. Membangun Industri Kecil Di Pedesaan

ads

Kebanyakan masyarakat desa memilih untuk pindah ke daerah perkotaan dengan harapan dapat merubah nasib mereka. Hal ini dikarenakan banyak macam-macam bencana alam di Indonesia dan daerah daerah pedesaan yang memang masih kurang dalam industrinya, sehingga membuat masyarakat pedesaan memilih keluar dari desa. Untuk mengatasi hal ini pemerintah dapat membangun industri industri skala kecil di daerah pedesaan sehingga mengurangi jumlah penduduk desa yang lari ke kota. Sehingga masyarakat juga dapat membangun desanya menjadi lebih baik lagi.

4. Memusatkan Industri Besar Di Daerah

Cara lainnya yang dapat menarik masyarakat untuk mau bertransmigrasi ke daerah daerah yang jarang penduduknya yaitu dengan cara memusatkan faktor penghambat perubahan sosial budaya dan industri-industri besar di daerah yang masih sedikit jumlah penduduknya. Sehingga masyarakat dari daerah padat tertarik untuk mengadu nasib di daerah tersebut.

5. Penyuluhan Kepada Masyarakat

Pemerintah dapat melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya transmigrasi. Berikan pengertian kepada masyarakat yang berada di daerah daerah padat agar mau melakukan transmigrasi ke daerah lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dan bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, berikan penyuluhan untuk tidak mencoba mengubah nasib di perkotaan. Mereka dapat membangun desa mereka sendiri agar lebih baik. Berikan contoh masalah-masalah yang dapat ditimbulkan jika banyak penduduk yang lari ke kota.

6. Mengembangkan Kesenian Daerah

Pemerintah juga dapat mengembangkan kesenian di daerah-daerah yang jarang penduduknya agar dapat dikenal dan menjadi potensi pariwisata yang menguntungkan daerah tersebut. Sehingga membuat banyak masyarakat lainnya yang tertarik untuk tinggal disana.

7. Mensosialiasikan Program Keluarga Berencana

Persebaran penduduk yang tidak merata salah satunya dapat disebabkan oleh bentuk penyimpangan sosial dan tingkat kelahiran yang tinggi. Untuk itu, pemerintah harus sigap untuk mengatasi peningkatan angka kelahiran dengan mengadakan sosialisasi mengenai program keluarga berencana (KB).

8. Menunda Usia Minimal Kawin

Di Indonesia sendiri, masih banyak sekali penduduk-penduduk yang menerapkan kawin di suia muda. Tentunya hal ini akan membuat tingkat kependudukan akan semakin padat. Untuk itu, pemerintah bisa membuat peraturan mengenai penundaan usia kawin masyarakat.

9. Berikan Pelatihan Untuk Menambah Ketrampilan

Buatlah program-program yang dapat mengasah ketrampilan masyarakat yang ada di pedesaan. Sehingga mereka tak memiliki keinginan untuk mengadu nasib di kota. Dengan skill dan kemampuan tersebut mereka juga mampu mendapatkan kehidupan yang layak.

10. Membangun Sarana dan Prasarana Di Daerah Pelosok

 Kebanyakan orang-orang Indonesia menolak untuk pindah ke daerah-daerah pelosok karena minimnya fasilitas yang tersedia di daerah tersebut. Disinilah peran penting pemerintah yang harus tanggap untuk membangun fasilitas yang mencukupi di daerah-daerah tersebut.

Sponsors Link

11. Membuat Program Pinjaman Usaha

Pemerintah juga dapat membangun perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia dan program-program yang dapat meminjamkan modal kepada masyarakat desa sehingga mereka dapat lebih mandiri membangun penghasilan anda sendiri. Selain itu, dengan pinjaman modal ini masyarakat akan lebih keratif membangun usaha dibandingkan harus pergi ke kota.

12. Membuat Festival Budaya

Untuk membuat daerah-daerah terpencil tersebut memiliki daya tarik, pemerintah juga dapat mengadakan festival budaya di daerah tersebut sehingga pariwisatanya dapat lebih berkembang. Dengan perkembangan tersebut tentu saja akan berpengaruh pada perekonomian masyarakat setempat sehingga tak memiliki niatan untuk keluar dari daerah tersebut.

13. Membuat UU Yang Melindungi Transmigran

Pemerintah juga perlu membuat undang undang yang dapat memberi jaminan untuk masyarakat yang akan bertransmigrasi ke daerah tersebut. Dengan memberikan payung hukun yang jelas pada orang-orang yang melakukan transmigrasi tentu saja akan membuat banyak orang tertarik untuk melakukannya.

14. Membuat Proyek-Proyek Pembangunan

Pemerintah juga perlu membuat batas wilayah laut Indonesia untuk proyek-proyek pembangunan didaerah yang jarang penduduknya. Sehingga masyarakat disana tidak akan tertarik untuk pergi keluar dari daerahnya dan menjadi daya tarik sendiri agar banyak masyarakat yang datang ke daerah tersebut.

15. Adanya Jaminan Subsidi

Pemerintah juga perlu memberikan subsidi bagi mereka yang mau mengikuti program transmigrasi sehingga nantinya ada ketertarikan kuat bagi masyarakat yang mengikuti program tersebut. Misalnya saja, pemerintah dapat memberikan tunjangan kehidupan selama satu tahun ataupun selama transmigran masih merintis usaha.

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah persebaran penduduk yang tidak merata. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 18th, May 2017 / 02:54 Oleh :
Kategori : Antropologi