Sponsors Link

14 Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial Budaya

Sponsors Link

Secara umum, perubahan sosial dapat berarti segala proses perubahan tatanan atau struktur yang ada di dalam lingkungan masyarakat. Meliputi pola pikir, sikap, dan kehidupan sosial yang mana untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bermartabat. Pada dasarnya, setiap manusia tentu akan mengalami perubahan perubahan di hidupnya. Denhan adanya perubahan perubahan tersebut tentu saja anda bisa membandingkan sebuah keadaan masyarakat di masa lampau dan masa kini. Perubahan yang terjadi di dalam masyarakat merupakan proses yang terjadi secara terus menerus. Akan tetapi perubahan yang terjadi di masyarakat tentu saja berbeda satu sama lainnya, antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya memiliki perubahan yang berbeda. Hal ini dikarenakan terdapat masyarat yang mengalami perubahan cepat dibandingkan masyarakat lainnya. Selain itu terdapat pula perubahan yang terbatas ataupun memiliki pengaruh yang cukup luas. Tak hanya itu, terdapat pula perubahan yang prosesnya cepat dan ada yang proses nya lambat. (baca juga: Jenis-jenis Manusia Purba)

ads

Perubahan sosial merupakan perubahan yang mana terjadi di dalam kehidupan sosial yang ada di masyarakat. Perubahan sosial adalah salah satu kajian ilmu yang ada di dalam bidang sosiologi. Perubahan sosial meliputi perubahan yang terjadi pada norma sosial, nilai sosial, pola perilaku, interaksi sosial, organisasi sosial, lapisan masyarakat, lembaga kemasyarakatan, susunan kekuasaan serta wewenang. Karena cukup luas  bidang bidang di dalam perubahan sosial tersebut, tentunya pengertian perubahan sosial harus daat emcnakup seluruh bidang bidang tersebut. Berikut ini pengertian perubahan sosial menurut para ahli.

  • Menurut Prof. Selo Soemardjan, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di dalam lembaga kemasyarakatan yang ada di lingkungan masyarakat yang mana mempengaruhi sistem sosialnya.
  • Menurut Robert M.I Lawang, perubahan sosial merupakan proses saat sistem sosial memiliki perbedaan perbedaan yang bisa diukur dan terjadi dalam kurun waktu tertentu.
  • Menurut Gillin dan Gillin,  perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi sebagai sebuah variasi yang berasal dari cara hidup yang diterima dikarenakan adanya perubahan kondisi geografi, komposisi penduduk, kebudayaan material, ideologi, ataupun adanya difusi dan penemuan baru yang ada di dalam masyarakat.
  • Menurut Emile Durkheim, perubahan sosial terjadi sebagai sebuah hasil yang berasal dari faktor ekologis dan demografos yang mana dapat mengubah kehidupan masyarakat yang berasal dari kondisi tradisional yang diikat dengan solidaritas mekanistik ke sebuah kondisi masyarakat yang lebih modern dengan diikat solidaritas organistik.
  • Menurut William F. Ogburn, ruang lingkup pada perubahan sosial meliputi berbagai unsur unsur kebudayaan, baik itu berupa material ataupun immaterial. Yang mana ditekankan paada pengaruhnya yang cukup besar di dalam unsur kebudayaan material kepada unsur kebudayaan immaterial.
  • Menurut Bruce J. Cohen, perubahan sosial merupakan perubahan struktur sosial yang ada di dalam organisasi sosial sehingga syarat di dalam perubahan tersebut adalah sistem sosial, budaya masyarakat, dan perubahan hidup yang ada di dalam nilai sosial.
  • Menurut Robert Morrison Mac Iver, perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi di dalam bidang hubungan sosial ataipun perubahan kepada keseimbangan yang terjadi di dalam hubungan sosial tersebut.
  • Menurut Roucek dan Warren, perubahan sosial adalah perubahan yang ada di dalam proses sosial ataupun di dalam struktur masyarakat.
  • Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial merupakan perubahan perubahan yang terjadi di dalam struktur serta fungsi masyarakat.
  • Menurut Wax Waber, perubahan sosial budaya merupakan perubahan situasi yang ada di dalam masyarakat sebagai sebuah akibat dikarenakan adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.

Artikel terkait:

Dampak positif dapat muncul dikarenakan adanya dampak positif dan negatif perubahan sosial yang terjadi serta memberikan banyak keuntungan serta manfaat untuk kemajuan pembangunan dalam kehidupan masyarakat. Dampak perubahan sosial tersebut tentunya bersifat positif meliputi pertambahan lapangan pekerjaan, perkembangan ilmu pengetahuan, adanya tenaga kerja yang profesional, pembentuk nilai dan norma yang baru, peningkatan efektivitas dan efisiensi kerja. Berikut ini beberapa dampak positif dari perubahan sosial yang dapat terjadi:

Sponsors Link

1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perubahan sosial mendorong terjadinya inovasi yang mana berpengaruh pada kemajuan dalam berbagai bidang serta aspek kehidupan manusia. Salah satunya tentu saja kemajuan dalam bidang pengetahuan serta teknologi. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tentu saja akan mampu mengubah nilai-nilai yang lama menjadi sebuah nilai baru menuju sebuah perubahan sosial yang lebih modernisasi. (baca juga: Dampak Positif dan Negatif Urbanisasi)

2. Tercipta Lapangan Pekerjaan Baru

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju tentu saja menjadi dampak dari perubahan sosial yang akan mendorong berkembangnya industrialisasi serta perusahaan multinasioanl yang ada di dalam sebuah wilayah. Dengan adanya perkembangan ini maka tentu saja pengembangan industri kecil serta perusahaan baru akan membuat banyaknya lapangan pekerjaan baru yang akan menyerap tenaga kerja dengan optimal. (baca juga: Manfaat Perdagangan Internasional)

3. Terciptanya Tenaga Kerja Yang Profesional

ads

Industrialisasi tentunya akan menciptakan bisnis bisnis baru yang kemudian akan saling berkompetisi agar dapat memenangkan persaingan di dalam dunia industri. Kompetisi tersebut tentunya akan berakhir dengan mendorong terciptanya tenaga kerja yang lebih terampil, ahli, memiliki kecakapan, serta profesionalitas yang cukup tinggi. Sehingga tentu saja tuntutan akan tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan terjadi di dalam sebuah masyarakat. (baca juga: Cara Mengatasi Masalah Persebaran Penduduk)

4. Terbentuknya Nilai dan Norma Baru

Perubahan sosial tentunya akan membentuk nilai dan norma yang baru untuk bisa menggantikan nolai dan norma yang lama. Nilai dan norma yang baru ini tentunya akan emnciptakan masyarakat madani yang lebih sejahtera dan berkepribadian. (baca juga: Peninggalan Zaman Logam)

5. Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Kerja

Dampak dari perubahan sosial juga akan membuat peningkatan pada efiensi dan efektivitas kerja. Penggunaan alat alat produksi akan membuat produksi menjadi lebih banyak dan cepat serta tepat yang akan membuat peningkatan efektivitas serta efisiensi kerja. (baca juga: Pemberontakan PKI Madiun)

6. Upaya Pemberdayaan Perempuan dan Perwujudan Kesetaraan Gender

Bentuk dari pemberdayaan perempuan tentunya harus diletakkan di dalam kerangka gender related yang mana dengan menambah anggaran kesehatan serta pendidikan. Memastikan jika semua wanita sudah mendapatkan porsi yang memang layak, terutama yang berkaitan dengan peningkatan dari pelayanan kesehatan serta pendidikan bagi pelajar wanita. Kesetaraan harmonis yang diupayakan bertujuan agar peranan wanita sebagai salah satu pelaku dari kegiatan ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup. Wanita diharapkan dapat lebih leluasa untuk menggali serta mengembangkan sumber daya dan potensi yang dimilikinya. (baca juga: Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam)

7. Terjadi Diferensiasi Struktural

Diferensiasi struktural adalah berkembangnya lembaga lembaga sosial yang abru, sehingga membuat anggota masyarakat mungkin untuk dapat memenuhi beragam kebutuhan yang makin kompleks. Dengan begitu, diharapkan jika fungsi pemenuhan kebutuhan agar dapat dilaksanakan lebih baik.

Tak hanya memberikan dampak positif saja, perubahan sosial juga memberikan dampak negatif yang dapat merugikan kondisi sosial dari masyarakat. Dampak perubahan tersebut meliptui pergolakan daerah, kenakalan remaja, rusaknya lingkungan hidup, lembaga sosial yang tidak dapat berfungsi, eksitensi adat terganggu, dan masih banyak lainnya.

1. Terjadinya Disintegrasi Sosial

Munculnya disintegrasi sosial tentu saja tidak terlepas dari perubahan besar yang terjadi di dalam kehidupan sosial masyarakat. Perbedaan tujuan, kepentingan, dan kesenjangan sosial yang ada membuat munculnya konflik dan sosial yang terjadi di dalam masyarakat. (baca juga: Pengaruh Letak Geografis)

2. Terjadi Pergolakan Daerah

Dampak negatif lainnya dari perubahan sosial juga akan dirasakan masyarakat daerah. pergolakan masyarakat daerah tentu saja akan berkaitan dengan kesenjangan ekonomi, pengabaian dari nilai serta norma yang lama, perubahan tatanan hidup, adanya perbedaan agama, suku, golongan, dan ras. (baca juga: Masalah Negara Berkembang)

Sponsors Link

3. Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja adalah dampak positif dan negatif perubahan sosial dapat muncul dikarenakan akibat dari perubahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Karena tidak diakuinya nilai serta norma yang lama sebagai demografi dari usia masyarakat tentunya membuat adopsi budaya yang berasal dari luar dan hal ini tentu membuat budaya sendiri menjadi terabaikan. (baca juga: Manfaat Kegiatan Ekspor dan Impor)

4. Kerusakan Lingkungan

Karena meningkatnya industrialisasi serta persaingan membuat manusia terdorong untuk melakukan eksplorasi secara terus menerus di dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Sehingga akhirnya membuat terjadi kerusakan lingkungan yang memberikan dampak pada perubahan sosial yang tentu akan terjadi. (baca juga: Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Pengangguran)

5. Eksistensi Adat Yang Berkurang

Nilai dan norma yang baru dan terbentuk di masyarakat tentu akan mengurangi eksistensi dari nilai dan norma yang lebih dahulu ada. Nilai serta norma yang semakin ditinggalkan tersebut dikarenakan tidak lagi sesuai dengan perkembangan jaman yang ada. Hal ini lah yang membuat kebudayaan lama semakin menghilang perlahan. (baca juga: Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia)

Artikel lainnya:

6. Lembaga Sosial Tidak Berfungsi Optimal

Perubahan sosial akan mendorong terjadinya dampak positif dan negatif perubahan sosial dari segregasi struktur sosial yang ada di masyarakat. Hal ini tentunya sering membuat penyalahgunaan wewenang serta kedudukan lembaga sosial yang ada. (baca juga: Peran Lembaga Pendidikan)

7. Munculnya Paham Duniawi

Dalam mendorong pada munculnya berbagai ragam dari paham-pahaman yang baru dalam bentuk sifat yang duniawi. Beberapa paham ini banyak mengandung seperti konsumerisme, sekularisme juga hedonisme yang sedang tumbuh. (baca juga: Contoh Pengendalian Sosial preventif)

Nah itu tadi beberapa dampak positif dan dampak negatif yang terjadi dikarenakan perubahan sosial yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. Tentu saja dampak positif yang ada harus dimaksimalkan dan dampak negatif semakin ditekan. Hal ini tentu saja membutuhkan peran dari seluruh masyarakat yang ada. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, September 2017 / 08:47 Oleh :
Kategori : Sosiologi