Sponsors Link

10 Peran Indonesia di Era Globalisasi dalam Bidang Ekonomi dan Budaya

Sponsors Link

Pada pembahasan kali ini akan kita bahas mengenai peran Indonesia di era globalisasi. Globalisasi sendiri berasal dari kata Global yang berarti keseluruhan atau universal. Maksud dari keseluruhan atau universal ini adalah proses yang meliputi keseluruhan masyarakat dunia dengan adanya hubungan setiap negara dalam berbagai bidang baik bidang ekonomi, budaya, politik, ataupun teknologi. Pada pembahasan kali ini yang hanya akan dibahas mengenai bidang ekonomi dan budaya saja.

ads

Karena globalisasi meliputi seluruh perkembangan awal olitik pada awal kemerdekaan dalam masyarakat dunia, maka Indonesia pun turut ikut serta dalam proses globalisasi ini. Bangsa Indonesia harus bisa berperan dalam globalisasi untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia dan meningkatkan perekonomian. Indonesia harus mampu bersaing dengan masyarakat dunia lainnya.

1. Bidang Ekonomi

Dapat memperburuk proses pertumbuhan ekonomi. Jika proses pertumbuhan ekonomi semakin buruk maka akan berpengaruh pada jenis-jenis lembaga sosial dalam pendapatan nasional, bahkan memperburuk pengangguran. Pada bidang ekonomi, ternyata globalisasi mempunyai dampak positif bagi Indonesia diantaranya :

  • Meningkatkan perdagangan yang bebas sehingga dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat. Indonesia dapat banyak mengimpor barang dan Indonesia dituntut untuk lebih kreatif
  • Melalui perdagangan maka produksi global dapat meningkat dengan pesat. Sehingga masyarakat dapat memperoleh keuntungan dari hal perdagangan ini melalui meningkatnya pendapatan mereka.
  • Produk dalam negeri dapat dipasarkan secara meluas di area perdagangan luar negeri.
  • Indonesia dapat memperoleh banyak modal melalui investasi asing. Indonesia merupakan Negara berkembang oleh karena itu Indonesia sering mengalami kekurangan modal dan banyak investasi asing yang membantu
  • Indonesia dapat memperoleh bantuan teknologi dan tenaga ahli yang mempunyai pengalaman yang sangat mahir
  • Untuk pembangunan bidang industri biasanya investasi perusahaan swasta memberikan atau menyediakan dana tambahan bagi yang memerlukan. Perusahaan swasta biasanya membutuhkan modal dari bank ataupun dana dari Negara maju.

2. Bidang Sosial

Pada bidang sosial globalisasi berperan dalam perubahan sikap, perkembangan ilmu, cara hidup, pola pikir yang baik. Dengan globalisasi kita dapat mengetahui seputar cara hidup ataupun cara pikir dari negara maju. Sehingga hal ini dapat mendorong kita dalam permasalahan lingkungan hidup menjadi lebih disiplin, dan juga menirup semua cara hidup mereka ke arah positif seperti mandiri, rasional, maupun sportif. Selain itu mendorong bangsa Indonesia berpikir secara maju.

Sarana dan prasana untuk mendapatkan informasi menjadi peran Indonesia di era globalisasi meningkat dengan adanya globalisasi, sehingga generasi muda banyak mendapatkan informasi secara luas dan juga dapat berkomunikasi dengan bangsa lain. Selain itu pada bidang sosial peran globalisasi yaitu dapat saling tukar informasi dengan berbagai negara di belahan dunia dan dapat menumbuhkan rasa kemanusiaan, seperti saling membantu jika terjadi suatu bencana pada suatu negara.

3. Bidang Budaya

Bidang budaya merupakan bidang yang paling mudah untuk mendapatkan dampak negatif dari suatu proses. Namun tak hanya dampak negatifnya, globalisasi memberikan dampak positif terhadap bidang budaya. Dengan adanya globalisasi, bangsa Indonesia dituntut untuk menjadi manusia lebih maju. Terjadinya akulturasi merupakan dampak positif pada bidang budaya, selain itu karya seni semakin tereksplor dan dapat dipasarkan ke berbagai negara di belahan dunia, dapat memperkaya pengetahun budaya dengan masuknya budaya asing ke Indonesia, dengan adanya globalisasi, informasi mengenai ragam budaya Indonesia dapat tersebar luas ke berbagai negara sehingga menyebabkan banyak wisatawan asing tertarik untuk mengujungi Indonesia.

Sponsors Link

Ketika kita mempelajari dengan budaya asing, seharusnya kita harus tau mana yang baik dan mana yang buruk. Semua kebudayaan asing tidak harus diikuti oleh kita, ikuti yang baik dan jangan lakukan yang buru. Jadikan budaya asing sebagai pengetahuan baru untuk kita. Atau dengan globalisasi, kita dapat saling berbagi mengenai kebudayaan masing-masing negara, sehingga dapat menyebabkan pengaruh letak geografis dan kerukunan antar negara.

4. Bidang Politik

Bagi Indonesia sendiri, globalisasi memberikan hal positif pada bidang politik Indonesia. Hal positif bagi Indonesia dalma bidang politik yaitu semakin kuatnya supremasi hukum, peraturan perundang-undangan yang memihak kepada rakyat, dan juga tuntutan terhadap hak asasi manusia.
Selain dampak baik untuk Indonesia, pastinya ada dampak negative yang diberikan globalisasi bagi Indonesia. Diantaranya:

  • Perdagangan bebas yang disebabkan oleh globalisasi mengakibatkan Negara berkembang tidak bisa menawarkan tarif yang tinggi untuk industri baru.
  • Oleh karena itu, perdagangan yang bebas dapat mengakibatkan hambatan bagi Negara berkembang. Selain itu, dapat menyebabkan ketergantungan kepada Negara yang membantunya.
  • Keuangan menjadi tidak stabil

Misalkan ketika pasar saham luar negeri meningkat, maka neraca pembayaran meningkat dan akan berpengaruh pada permasalahan hukum di Indonesia dalam nilai uang yang bertambah. Sedangkan ketika pasar saham menurun, maka neracanya pun ikut menurun dan akan berpengaruh kepada nilai mat uang. Hal ini dapat menyebabkan ekonomi tidak stabil. Jika neraca pembayaran sedang menurun maka berakibat kepada menaiknya harga barang impor. Selain itu berpengaruh juga kepada pembayaran neto dan terkadang menjadi defisit.

5. Bidang Pendidikan

Dengan adanya globalisasi berdampak pada bidang pendidikan. Salah satu contohnya adalah banyaknya sekolah yang menggunakan bahasa inggris dalam proses pembelajaran. Dengan adanya globalisasi pada bidang pendidikan akan memberikan keterampilan yang luas. Keterampilan ini dapat menjadi bekal untuk generasi muda menghadapi arus globalisasi. Globalisasi pendidikan mengenalkan bagaimana peserta didik ikut berperan dalam globalisasi baik secara lokal, nasional bahkan internasional. Dengan adanya globalisasi pendidikan, peserta didik diharapkan dapat memahami adanya ketergantungan global.

6. Bidang Komunikasi

Sponsors Link

Pada bidang komunikasi, globalisasi memeri dampak yang sangat baik yaitu bangsa Indonesia tidak lagi mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan siapapun. Selain itu media sosial juga menjadi dampak globalisasi yang membuat kita semakin mengenal orang di berbagai belahan dunia.

7. Bidang Transportasi

Pada bidang transportasi, globalisasi memberikan keragaman suku bangsa dan budaya dampak yang baik diantaranya kenyamanan saat kita ingin pergi kemanapun meningkat. Kendaraan semakin canggih, dengan adanya pesawat, kereta api, kapal, mobil, dll. Biaya transportasi semakin murah, sehingga siapapun bisa mengaksesnya. Daoat menghemat waktu, seperti ketika kita ingin pergi ke luar negeri dengan pesawat kita dapat menempuh waktu dengan sebentar beda seperi zaman dahulu yang ketika ingin pergi ke luar negeri menempuh perjalanan hingga berbulan-bulan.

8. Bidang Agama

Pada bidang agamapun globalisasi mempunyai peran yaitu dengan globalisasi kita dapat dengan mudah mencari informasti tentang agama yang kita anut, dapat memperdalam pengetahuan kita terhadap agama. Globalisasi juga terkadang membawa dampak buruk bagi kita, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Sekian pembahasan mengenai peran Indonesia di era globalisasi pada berbagai bidang. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Adapun peran Indonesia dalam berbagai bidang lainnya yang sama dalam bentuk kerja samanya yaitu:

  • Bidang Hukum, Pada bidang hukumpun globalisasi mempunyai peran yaitu dengan globalisasi kita dapat dengan mudah mencari informasti tentang agama yang kita anut, dapat memperdalam pengetahuan kita terhadap hukum.
  • Bidang Lingkungan Hidup, Pada bidang lingkungan hidup pun globalisasi mempunyai peran yaitu dengan globalisasi kita dapat dengan mudah mencari informasti tentang agama yang kita anut, dapat memperdalam pengetahuan kita terhadap lingkungan hidup.

Demikian sekilas artikel yang sudah kita bahas tentang peran indonesia dalam era globalisasi yang sudah kita bahas yang terdapat peran dalam 10 bidang yang sudah kita bahas dan sudah dijelaskan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 05:33 Oleh :
Kategori : Pendidikan