Sponsors Link

5 Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan Masyarakat

Sponsors Link

Kegiatan pada bidang pendidikan akan terus berlangsung dalam kehidupan masyarakat. Pada zaman sekarang manusia dituntun untuk berpendidikan tinggi, karena dengan berpendidikan maka dapat mempengaruhi status sosial seseorang. Pendidikan adalah usaha sadar yang berlangsung secara terus menerus pada suatu proses pembelajaran dengan tujuan mengembangkan potensi manusia dalam tingkat kognitif, afektif, dan juga psikomotorik. Dengan adanya pendidikan maka diharapkan akan terbentuk perubahan perilaku manusia menjadi lebih dewasa dan berkarakter. Kemajuan suatu negara dapat dipengaruhi dengan pendidikan warganya.

ads

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan karena dapat meningkatkan kualitas manusia, akan tetapi masih banyak manusia yang tidak menyadari pentingnya sebuah pendidikan. Keluarga, sekolah dan masyarakat akan menjadi pusat kegiatan dalam penyelenggaran pendidikan. Pendidikan harus dimulai sejak anak-anak lepas dari asuhan orangtuanya. Lembaga pendidikan adalah suatu tempat transfer ilmu pengetahuan dan budaya yang dilakukan untuk tujuan mengubah tingkah laku seseorang menuju kedewasaan dengan menggunakan melalui interaksi sosial. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai fungsi dan peran lembaga pendidikan masyarakat.

Baca juga :

Pengertian Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah suatu tempat institusi pendidikan yang menwarkan kegiatan dalam proses pendidikan baik itu pendidikan formal ataupun nonformal dari mulai tingkat pra-sekolah hingga ke jenjang pendidikan yang tinggi. Lembaga pendidikan merupakan suatu institusi sosia yang menjadi sebuah agen sosialisasi setelah lembaga keluarga. Lembaga pendidikan terbagi menjadi lembaga pendidikan keluarga, lembaga pendidikan sekolah, dan lembaga pendidikan masyarakat. Pada pembahasan kali ini yang akan dibahas secara lengkap hanya mengenai lembaga pendidikan masyarakat. Adapun beberapa pengertian lembaga pendidikan menurut para ahli yaitu sebagai berikut. (Baca juga : Ciri-ciri struktur sosial )

  • Prof. Dr. Umar Titahardja dan Drs. La Sula berpendapat bahwa lembaga pendidikan adalah suatu tempat diadakannya proses atau kegiatan pendidikan yang dilakukan secara terpusat ataupun dikhususkan pada suatu lingkungan seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  • Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati berpendapat bahwa lembaga pendidikan adalah suatu lembaga atau badan usaha yang mempunyai tanggung jawab pada bidang pendidikan. Dimana proses pendidikan tersebut mencakup pendidik dan peserta didik.

Itulah pendapat dari beberapa ahli mengenai pengertian lembaga pendidikan.

Lembaga Pendidikan Masyarakat

Dalam kegiatan pendidikan, masyarakat merupakan suatu lingkungan ketiga setelah adanya keluarga dan juga sekolah. Masyarakat sangat berpengaruh besar dalam perkembangan kepribadian seseorang. Masyarakat mempunyai peran penting dalam upaya penyelenggaran pendidikan, karena dengan adanya masyarakat dapat membantu pengadaan sarana dan prasarana. Adanya peran masyarakat dalam berpartisipasi pada kegiatan pendidikan sangat membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan yang terjadi di masyarakat sangat banyak sekali meliputi semua bidang, mulai dari pembentukan kebiasaan, pembentukan pengertian, dan pembentukan sikap dan minat pada pembentukan kesusilaan dan juga keagamaan.

Setelah keluarga dan sekolah, lembaga pendidikan yang ketiga yaitu lembaga pendidikan masyarakat. Pendidikan pada masyarakat sangat memberikan banyak pengaruh. Lembaga pendidikan masyarakat dapat dikatakan penerapan dari pendidikan sekolah dan juga keluarga. Pendidikan pada keluarga, sekolah dan masyarakat saling berkaitan. Orang tua yang mendidik anaknya dapat juga dilakukan oleh guru disekolah yang mendidik anaknya, lalu diperkuat oleh adanya pendidikan di masyarakat. Adapun ciri-ciri lembaga pendidikan masyarakat yaitu sebagai berikut.

  1. Kegiatan pendidikan dilakukan dengan sengaja di luar sekolah
  2. Peserta heterogen tidak harus homogen
  3. Peserta pendidikan pada umumnya merupakan orang yang tidak bersekolah
  4. Tidak adanya perbedaan jenjang dan program pendidikan untuk jangan waktu pendek
  5. Pendidikan yang dilakukan bersifat khusus dan praktis
  6. Metode pembelajaran formal dan evaluasi pembelajaran berlangsung secara sistematis
  7. Keterampilan kerja sangat ditekankan pada lembaga pendidikan masyarakat
Sponsors Link

Itulah ciri-ciri pada lembaga pendidikan masyarakat. Adapun beberapa istilah yang ada pada pendidikan luar sekolah yaitu pendidikan sosial, pendidikan masyarakat, pendidikan rakyat, pendidikan luar sekolah, mass education, adult education, extension education, dan fundamental extension. Adapun sasaran dari dilakukannya lembaga pendidikan masyarakat yaitu untuk para petani dan buruh, remaja yang putus sekolah atau tidak bersekolah, para pekerja yang mempunyai keterampilan, pemimpin masyarakat, anggota masyarakat yang sudah tua.

Baca juga :

Sasaran Pendidikan Luar Sekolah

Lembaga pendidikan masyarakat mempunyai sasaran bukan hanya anak-anak akan tetapi semua umur. Adapun sasaran pendidikan di laur sekolah dikategorikan menjadi enam jenis yaitu sebagai berikut.

1. Buruh dan petani

Buruh dan petani merupakan golongan terbesar di masyarakat. Kebanyakan buruh dan petani mempunyai latar belakang pendidikan yang rendah bahkan ada beberapa buruh dan petani yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan sama sekali. Dengan adanya lembaga pendidikan masyarakat maka buruh dan petani dapat diberikan pendidikan yang dapat meolong untuk meningkatkan produktivitas dengan cara mengajarkan berbagai keterampilan dan juga metode baru untuk bertani. Selain itu dengan adanya pendidikan maka buruh dan petani dapat mendapatkan pendidikan mengenai kewajiban sebagai warga negara. Selain itu dapat diberikan pendidikan mengenai cara memanfaatkan waktu dengan efektif agar dapat melaukan kegiatan yang produktif. (Baca juga : pengertian peta ).

ads

2. Remaja putus sekolah

Sasaran yang kedua yaitu remaja yang putus sekolah. Banyak golongan remaja yang menganggur dan mempunyai pendidikan yang rendah. Oleh karena itu para remaja yang putus sekolah perlu diberikan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan dan dberikan pendidikan vokasional yang khusus. (Baca juga : Faktor pendorong urbanisasi )

Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan Masyarakat

Lembaga pendidikan masyarakat tentunya mempunyai peran dan fungsi, berikut ini penjelasan megenai  fungsi dan peran lembaga pendidikan masyarakat. Fungsi lembaga pendidikan masyarakat sangat beragam. Banyak pendapat dari para ahli mengenai fungsi dari lembaga pendidikan masyarakat. Tidak ada perbedaan yang signifikan berdasarkan pendapat para ahli mengenai fungsi lembaga pendidikan masyarakat, bahkan saling melengkapi mengenai fungsi lembaga pendidikan masyarakat tersebut. Berikut ini fungsi lembaga pendidikan masyarakat yaitu sebagai berikut.

Baca juga :

1. Fungsi sosialisasi

Fungsi lembaga pendidikan masyarakat yang pertama yaitu sebagai fungsi sosialisasi. Maksudnya yaitu dengan adanya lembaga pendidikan masyarakat maka pendidikan diharapkan dapat berperan dalam proses sosialisasi pada lingkungan masyarakat. Dengan adanya pendidikan maka proses sosialisasi dalam masyarakat akan berjalan sebagaimana mestinya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa orang tua, sekolah dan masyarakat memiliki keterkaitan satu sama lain dalam proses pendidikan. Orang tua mengharapkan sekolah dapat melaksanakan proses sosialisasi dengan baik sehingga nantinya anak-anak dapat memahami dan menerapkan proses sosialisasi dalam lingkungan masyarakat. Untuk menjalankan tugasnya dalam fungsi sosialisasi maka sekolah menetapkan berbagai program dan kurikulum pendidikan, beserta metode pembelajaran apa yang akan digunakan sehingga proses transmisi nilai-nilai budaya dan masyarakat dapat berjalan dengan lancar. (Baca juga : kabinet pada masa demokrasi liberal )

2. Fungsi kontrol sosial

Selain sebagai fungsi sosialisasi lembaga pendidikan juga mempunyai fungsi sebagai fungsi kontrol sosial. Sekolah dapat menanamkan nilai-nilai dan loyalitas tatanan tradisional masyarakat yang berfungsi sebagai pelayanan sekolah untuk dapat melakkukan kontrol sosial. Dengan melalui pendidikan maka kita dapat mengambil nilai sosia dengan melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mempunyai fungsi sebagai kontrol sosial maka lembaga pendidikan di harapkan dapat mendidik anak-anak ataupun peserta didik menjadi lebih berkualitas dengan begitu tatanan masyarakat dapat terjalin secara harmonis. Selain itu lembaga pendidikan juga mempunyai fungsi sebagai pemersatu segala perbedaan yang ada. (Baca juga : Perbedaan pasar modern dan pasar tradisional )

3. Fungsi pelestarian budaya masyarakat

Fungsi yang ketiga yaitu sebagai pelestari budaya masyarakat. Dengan adanya lembaga pendidikan maka dapat lembaga pendidikan mempunyai tugas sebagai pemersatu budaya yang beraneka ragam. Selain itu kita harus dapat melestarikan nilai budaya daerah seperti bahasa daerah, kesenian yang masih ada agar tidak punah.

Baca juga :

Sponsors Link

4. Fungsi seleksi, latihan dan pengembagan tenaga kerja

Fungsi yang keempat yaitu sebagai fungsi seleksi, latihan dan pengembangan tenaga kerja. Maksud dari fungsi seleksi yaitu lembaga pendidikan dapat menyiapkan siswa untuk megikuti seleksi. Misalnya seleksi untuk masuk perguruan tinggi, atau seleksi masuk sekolah mempunyai syarat harus mengikuti seleksi dengan ujian tertulis. Contoh dalam mendapatkan pekerjaan, kita harus mengikuti berbagai seleksai untuk memperoleh tujuan kita. (Baca juga : Fungsi bahasa daerah )

5. Fungsi pendidikan dan perubahan sosial

Fungsi lembaga pendidikan dalam perubahan sosial yaitu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berperan dalam menanamkan keyakinan dan nilai-nilai tentang cara berpikir manusia. Pendidikan di zaman sekarang dapat menghasilkan generasi baru dengan mempunyai kemampuan berpikir secara kritis, mandiri, tidak mudah menyerah pada situasi yang ada. Dengan begitu maka peserta didik akan memahami bagaimana perubahan dalam kehidupan sosial dapat terjadi, dan bagaimana peserta didik dapat menjadi agen perubahan. (Baca juga : Pengertian mediasi )

Selain itu lembaga pendidikan sekolah mempunyai peran sebagai alat pengembang kecerdasan pikiran dan memberikan banyak pengetahuan kepada peserta didik. Dapat menjadi alat spesialisasi dalam bidang pendidikan ataupun pengajaran. Lembaga pendidikan juga berfungsi sebagai konservasi dan tranmisi kultural, dengan adanya lembaga pendidikan maka dapat dilakukan penyampaian budaya kepada peserta didik sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa. Dan fungsi lainnya yaitu dengan adanya lembaga pendidikan maka dapat melaksanakan program yang sistemastis.

Lembaga pendidikan masyarakat merupakan lembaga pendidikan setelah adanya lembaga pendidikan keluarga dan sekolah. Dengan adanya lembaga pendidikan masyarakat maka akan memberikan banyak dampak. Pendidikan yang terjadi di masyarakat meliputi semua bidang. Sekian pembahasan mengenai peran dan fungsi lembaga pendidikan masyarakat. Semoga memberikan banyak manfaat, semangat dan sukses selalu.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 19:33 Oleh :
Kategori : Pendidikan