Sponsors Link

15 Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya Beserta Penjelasan dan Contohnya

Sponsors Link

Apa yang harus dibicarakan tentang naik turunnya peradaban, bahkan kehidupan sehari-hari kita-pakaian kita, bahan makan dan kebiasaan, desain tempat berlindung dll, semuanya dipengaruhi oleh kondisi geografis. Umumnya, perubahan migrasi kekuatan lingkungan fisik orang dalam jumlah besar dan ini membawa perubahan besar dalam kehidupan sosial dan nilai budaya juga. Migrasi itu sendiri mendorong perubahan, karena hal itu membawa sebuah kelompok ke lingkungan baru, bergantung pada kontak sosial barunya, dan menghadapkannya dengan masalah baru.

ads

Tetapi, jika halnya orang yang kurang baik pada bidang tekhnologinya dan tekhnologi kita akan sangat berpesat jauh maka akan lahirnya suatu penghambatan sosial itu sendiri, Karena manusia sosial pada jaman sekarang akan mnyeimbangkan keduanya untuk mempertahankan kestabilan manusia.

  • Lingkungan Fisik

Perubahan geografis dan Bencana Alam di Indonesia tertentu terkadang menghasilkan perubahan sosial yang hebat. Iklim, badai, erosi sosial, gempa bumi, banjir, kekeringan dll, pasti mempengaruhi kehidupan sosial dan mendorong perubahan sosial.

Contohnya: Kehidupan manusia erat kaitannya dengan kondisi geografis bumi.

  • Lembaga Pendidikan Yang Tertinggal

Pendidikan adalah point utama dalam perubahan social budaya yang menunjang sikap wawasan yang luas, rasa ingin tahu, kehidupan yang berjalan sesuai rencana dan konsep diri. Maka dari itu keterlamabatan suatu Pendidikan akan berdampak pada kurangnya kekuasaan masyarakat itu sendiri

Contohnya : Keterlambatan Pendidikan masyarakat itu sendiri akan sangat berpengaruh pada aspek hirarki suatu Pendidikan, yang pintar akan melangkah lebih maju dari pada yang lemah.

  • Struktur Masyarakat Yang Homogen

Masyarakat homogen dan Ciri- Ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi akan sangat susah untuk menjalani perubahan social itu sendiri, kenapa.? Karena masyarakatnya mempunyai sifat,watak, sikap yang hamper sama antara satu sama lain. Yang hal tersebut berakibata pada pendapata atau saran dari pihak lain yang menunjukan itu benar atau salah.

Contohnya: Jika dilihat dari aspek kekelompokan itu sendiri masyarakat homogeny akan mengalami perubahan social budaya jika halnya mereka semua menganggap bahwa perubahan itu bagus untuk mereka semua.

  • Sikap Cepat Puas Dengan Apa Yang Telah Dicapai

Suatu masyarakat dengan Kondisi Penduduk Indonesianyatanya sendiri akan merasa cepat puas dengan apa yang telah digapai, hal seperti itu sendiri akan diangap penolakannya terhadap pengetahuan, social, wawasan dana pa saja yang menurut mereka itu berada di bawah mereka itu sendiri.

Contohnya: Jika halnya suatu pengetahuan atau wawasan sudah ditolak dalam kehidupan sosialnya maka sumber daya manusia itu sendiri akan tidak bisa digonakan dalam segala aspek apapun.

  • Perubahan Teknologi
ads

Semakin berkembang pesatnya tekhnologi di dunia ini akan sangat mudah bagi kita melakukan apapun untuk melakukan kegiatan social dan semakin adanya Proses Interaksi Sosial. Tekhnologi yang sangat berubah dan terus berubah akan berdampak pada kehidupan social manusia yang merupakan manusia sosial. Mudah bagi orang yang berpengetahuan akan tekhnologi dan mempunyai tekhnologi tersebut untuk berjalan pada tekhnologi tersebut dalam artian tidak mengalami keterlambatan tekhnologi.

Contohnya: Tetapi, jika halnya orang yang kurang baik pada bidang tekhnologinya dan tekhnologi kita akan sangat berpesat jauh maka akan lahirnya suatu penghambatan sosial itu sendiri, Karena manusia sosial pada jaman sekarang akan mnyeimbangkan keduanya untuk mempertahankan kestabilan manusia.

  • Sikap Masyarakat Yang Sangat Tradisional

Faktor Perubahan Sosial Terkadang perubahan jaman yang bertambahnya tekhnologi saat ini sering dianggap acuh dan memilih menyendiri dengan apa yang sudah ia jalani sekarang. Contohnya: Sudah menetapkan ke tradisionalnnya dengan teguh untuk menjaga pengaruh perkembangan sosial yang baru dari luar.

  • Adanya Keterpencilan

Akses keluar masuknya suatu Perkembangan Wilayah Indonesia sekarang masih belum semua bisa diakses, kterlambatan pengetahuan, wawasan, Pendidikan, perkembangan ekonomi akan berdampak pada perubahan sosial masyarakat itu sendiri. Contohnya: Mereka tidak akan mengalami perubahan sosial yang cepat Karena mereka akan bersikap tradisional dan menuturkan tekhnologi dengan secara perlahan.

  • Orientasi ke Masa Depan

keinginan seseorang untuk menggapai keinginan di masa depan sehingga menimbulkan Bentuk Penyimpangan Sosial setiap orang akan saling berbeda. Tak terkeceuali suatu masyarakat atau untuk suatu wilayah yang menganggap masa depan adalah suatu harapan yang akan dating. Dengan adanya harapan akan masa depan akan menimbulkan perubahan pada suatu wilayah tersebut untuk menggapai hal yang diinginkannya. Contohnya: Tetapi, jika halnya suatu masyarakat itu sendri tidak bisa membuat suatu visi akan masa depan dan hanya berjalan disitu saja makan akan mengalami ketrhambatan sosial bagi suatu wilayah tersebut.

  • Kebiasaan Adat

peraturan-peraturan pada sutau wilayah akan sangat berbeda dengan wilayah lainnya. Aturan dibuat pada suatu wilayah untuk mentertibkan suatu wilayah tersebut agar berjalan dengan baik. Terkadang suatu adat, rasa tau suku pasti akan terkenal dengan sikap yang berbedanya itu. Contohnya: Maka dari itu lahirlah suatu kebiasaan pada adat tersebut yang menutup kemungkinan untuk tidak boleh melakukan perubahan sosial pada suatu adat,rasa tau suku tersebut.

  • Hubungan Kurang Baik Dengan Berbeda Budaya

lahirnya beberapa budaya didunia ini bergantung akan budaya yang dipertahankannya. Perbedaan budaya tersebut akan menghambat suatu perubahan sosial budaya. Contohnya: Ketidak inginan menganggap suatu budaya yang lain lebih kuat akan sejarahnya. Maka dari itu terjadi ketidaksinambungan anatar budaya itu sendiri.

  • Peran Sikap Diri Sendiri

konsep diri akan sangat berguna untuk meilah anatar perubaha sosial mana yang baik untuk dilakukan. Peran diri sendiri disini akan dilihat pada aspek keinginannya di masa depan, peran sosial yang mendorongnya, peran suatu wilayah yang mengaturnya serta peran Pendidikan yang telah di capainya. Itu semua berhubungan dengan sutau perubahan sosial budaya. Contohnya: Jikalau suatu konsep diri sudah ada dan sama anatara satu sama lain akan menutup kemungkinan suatu wilayah itu akan cepat mengalami perubahan sosial dan sebaliknya jika kurangnya sepemahana anatara satu sama lain akan menghambat proses perubahana sosial budayanya.

  • Sambatan Bahasa dan Geografis Dengan Masyarakat Lain

Bahasa merupakan salah satu point utama untuk melakukan komunikasi sosial. Karena Bahasa itu sendiri merupaka titik awalnya. Contohnya: Beragam Bahasa didunia ini akan sedikit menyusahkan bagi suatu wilayah untuk memasuki wilayah lain, dalam artian terjadi suatu penghambatan sosal budaya. Dan tidak masuknya suatu Pendidikan, sosial, ekonomi, politik pada wilayah terebut.

  • Ketakutan Terjadi Kegoyahan Dalam Integrasi

suatu ras, suku dan wilayah akan sangat tidak ingin budaya mutlaknya itu terjadi perubahan dengan datangnya budaya baru. Contohnya: Mungkin budaya tersebut akan memajukan segala sisi bidang pada wilayah tersebut tetapi akan berpengaruh pada budayanya. Maka dari muncul penghambat sosial budaya.

  • Kurangnya Kepemimpinan Perubahan

pemimpin yang memegang suatu wilayah, pemimpin juga yang memegang suatu aturan dan pengaruh dari budaya lainnya. Jadi pemimpin merupakan tolak ukur dari semua masuknya Pendidikan,sosial,budaya,politik dan ekonomi yang masuk. Contohnya: Jika halnya suatu pemimpin yang tidak berpengetahuan yang luas maka akan menutup kemungkinan suatu wilayah tersebut akan terhambat sosial budaya nya.

  • Perekonomian dan Politik

jalannya suatu wilayah yang menunjukan ia maju akan dalam segala bidang aspek terdapat suatu penggerak atau roda pada suatu wilayah tersebut yang antara lain adalah ekonomi dan politiknya itu sendiri. Perekonomian yang maju akan menandakan mereka sudah melakukan suatu perubahan sosial budaya. Contohnya: Begitu pun jika aturan pada politik sudah di tetapkan dan tersosialisasi dengan baik makan tidak akan mnutup kemungkinan akan terjadinya perubahan sosial.

Inilah sekilas artikel tentang faktor penghambat perubahan sosial budaya yang bisa kalian ketahui bahwa ada 15 faktor yang mempengaruhi penghambatan tersebut.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 13th, May 2017 / 06:13 Oleh :
Kategori : Pendidikan