Sponsors Link

Pengertian Warga Negara, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan

Sponsors Link

Unsur unsur negara terdiri dari rakyat, wilayah dan juga pemerintah dan rakyat yang menetap di sebuah wilayah negara akan menjadi penduduk negara. Warga negara adalah bagian dari penduduk sebuah negara yang memiliki hubungan dengan negaranya. Kedudukannya akan menghasilkan hubungan berupa peranan, hak dan juga kewajiban yang bersifat timbal balik termasuk dalam upaya Indonesia menjadi negara maju.

ads

Sangat penting bagi warga negara untuk memiliki pemahaman yang baik tentang hubungan warga negara dan negara supaya bisa tercipta hubungan yang konstruktif, harmonis, produktif dan juga demokratis. Pola hubungan yang baik tersebut nantinya akan bisa mendukung kelangsungan hidup bernegara. Supaya bisa lebih jelas, berikut ini akan kami berikan ulasan tentang pengertian warna negara, kewaganegaraan dan juga pewarganegaraan selengkapnya untuk anda.

1. Pengertian Warga Negara

Warga adalah peserta atau anggota dari sebuah organisasi atau perkumpulan. Sedangkan warga negara memiliki arti peserta atau anggota dari sebuah negara. Istilah warga negara diterjemahkan dari kata citizen yang dalam bahasa Inggris memiliki arti warga negara, petunjuk dari sebuah kota, sesama warga negara atau sesama penduduk dan bawahan atau kawula.

2. Pengertian Kewarganegaraan

Kewarganegaraan memiliki arti keanggotaan yang memperlihatkan hubungan atau ikatan antara negara dan warga negara yang juga menjadi faktor penyebab terjadinya masyarakat multikultural. Dari uraian Pasal II Peraturan Penutup Undang Undang No. 62 1958 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, kewarganegaraan diartikan sebagai segala jenis hubungan dengan sebuah negara yang menyebabkan terjadinya kewajiban negara tersebut untuk melindungi orang yang bersangkutan.

Sedangkan definisi kewarganegaraan lebih lanjut bisa dibedakan menjadi dua yakni:

  • Kewarganegaraan dalam arti yudiristik: Adanya ikatan hukum antara orang orang dan negara. Ikatan hukum menyebabkan adanya akibat hukum tertentu di mana orang tersebut berada di bawah kekuasaan negara tersebut. Tanda ikatan hukum bisa berupa akte kelahiran, surat pernyataan, bukti kewarganegaraan dan lain sebagainya.
  • Kewarganegaraan dalam arti sosiologis: Tidak ditandai dengan ikatan hukum namun dengan adanya ikatan emosional seperti ikatan keturunan, ikatan perasaan, ikatan nasib, ikatan sejarah dan ikatan tanah air yang semuanya bersumber dari penghayatan warga negara yang bersangkutan yang termasuk contoh objek formal dan material sosiologi.

3. Pewarganegaraan

Pewarganegaraan adalah tata cara untuk orang asing dalam mendapatkan kewarganegaraan Republik Indonesia lewat permohonan. Dalam undang undang disebutkan jika Kewarganegaraan Republik Indonesia bisa diperoleh lewat pewarganegaraan. Permohonan pewarganegaraan bisa diajukan pemohon jika sudah memenuhi beberapa syarat,seperti:

  • Sudah berusia 18 tahun atau sudah menikah.
  • Ketika mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia setidaknya 5 tahun berturut turut atau setidaknya 10 tahun tidak berturut turut.
  • Sehat secara jasmani dan rohani.
  • Bisa berbahasa Indonesia dan mengakui dasar negara Pancasila dan Undang Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 tahun atau lebih.
  • Jika dengan mendapatkan Kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda.
  • Memiliki pekerjaan dan atau penghasilan yang tetap.
  • Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara.

Permohonan pewarganegaraan diajukan di Indonesia oleh pemohon secara tertulis memakai Bahasa Indonesia di atas kertas bermaterai cukup kepada Presiden lewat Menteri Hukum dan HAM. Menteri lalu akan melanjutkan permohonan bersama dengan pertimbangan pada Presiden dalam waktu paling lambat 3 bulan terhitung sejak permohonan diterima.

Sesudahnya, presiden memiliki wewenang untuk mengabulkan atau menolak permohonan perwarganegaraan.Pengabulan permohonan kewarganegaraan tersebut akan ditetapkan dengan Keputusan Presiden atau Keppres.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan kali ini tentang pengertian warga negara, kewarganegaraan dan juga pewarganegaraan negara Republik Indonesia yang sangat penting untuk diketahui. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 11:33 Oleh :
Kategori : Pendidikan