Sponsors Link

7 Upaya Manusia Memenuhi Kebutuhan dengan Contoh Tindakannya

Sponsors Link

Manusia tidak hanya hidup sebagai mahluk sosial yang memiliki kecenderungan hidup berkumpul, tetapi juga hidup sebagai mahluk yang memiliki hasrat memenuhi kebutuhan hidup. Manusia mempunyai beragam kebutuhan mulai dari kebutuhan utama hingga kebutuhan pendukung yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidup. Macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya diklasifikasikan menjadi tiga kategori sebagai berikut :

ads
  • Kebutuhan primer (kebutuhan pokok) yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup. Contoh kebutuhan pokok di antaranya rumah, pakaian, dan makanan;
  • Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan tambahan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contohnya televisi, lemari, kendaraan, dan sebagainya;
  • Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang cenderung menimbulkan rasa senang ketika terpenuhi dan umumnya dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Contohnya liburan ke luar negeri, membeli mobil mewah, dan sebagainya.

Tiga kebutuhan manusia ini tidak selamanya dapat dipenuhi dengan mudah dan lengkap. Hal tersebut terjadi karena barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia terbatas jumlahnya. Realita ini juga semakin nyata adanya akibat perubahan gaya hidup sebagai bentuk-bentuk perubahan sosial. Ilmu ekonomi mengenal keadaan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan dengan sebutan kelangkaan (scarcity).

Tindakan Ekonomi sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Manusia

Manusia perlu menyikapi kelangkaan dengan optimal agar kebutuhan hidupnya tercukupi. Oleh karena itu, manusia perlu bertindak sebagai mahluk ekonomi rasional. Mahluk ekonomi rasional adalah mahluk yang berupaya memenuhi kebutuhan hidup secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya yang ada di balik kodrat manusia sebagai mahluk yang tidak memiliki rasa puas. Sumber daya yang dimaksud meliputi sumber daya alam dan sumber daya manusia sebagai faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Selain fungsi umum sebagai upaya manusia memenuhi kebutuhan, tindakan ekonomi memiliki beberapa fungsi khusus di antaranya :

  • Menjadi acuan dalam membedakan kualitas barang dan jasa;
  • Menjadi dasar pemilihan barang dan jasa yang akan dijadikan alat pemuas kebutuhan;
  • Menjadi acuan dalam menyusun dan memenuhi kebutuhan sesuai prioritasnya;
  • Bahan pertimbangan memprediksi untung dan rugi.

Tindakan Ekonomi Rasional, Motif Ekonomi, dan Prinsip Ekonomi

Mahluk ekonomi yang rasional akan melakukan tindakan ekonomi yang rasional pula. Tindakan ekonomi rasional merupakan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil, serta mampu menjatuhkan pilihan yang tepat sesuai prioritas kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki. Adapun dalam melakukan tindakan ekonomi, manusia akan dipengaruhi dua aspek utama yang meliputi motif ekonomi dan prinsip ekonomi.

Motif ekonomi adalah hal yang mendorong manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Motif ekonomi individu erat kaitannya dengan hal-hal sebagai berikut :

  1. Alasan individu memenuhi kebutuhan;
  2. Alasan individu memilih alat pemuas kebutuhan tertentu;
  3. Latar belakang bertambahnya kebutuhan setiap individu;

Ciri-ciri manusia sebagai mahluk ekonomi adalah menggunakan prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi merupakan pedoman manusia dalam melakukan tindakan ekonomi. Ilmu ekonomi memiliki sebuah prinsip yaitu “usaha dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya”. Hal ini membuat manusia akan mencari cara untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup secara lengkap dengan biaya pengeluaran yang seminim mungkin.

Bentuk Tindakan Ekonomi

Sponsors Link

Motif ekonomi dan prinsip ekonomi akan menghasilkan bentuk tindakan ekonomi dalam kegiatan ekonomi di Indonesia. Bentuk tindakan ekonomi dapat dicontohkan sebagai berikut :

  • Melakukan tawar menawar saat hendak membeli barang/jasa

Tindakan ekonomi ini dilakukan individu sebagai konsumen barang/jasa. Individu melakukan ini guna memperoleh barang dengan kualitas bagus dengan harga beli yang rendah. Individu dalam tindakan ini mempertimbangkan faktor penghasilan yang merupakan salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

  • Memilih lokasi produksi yang dekat dengan bahan baku

Tindakan ekonomi seperti ini dilakukan individu yang beperan sebagai produsen. Seorang produsen memilih lokasi produksi yang dekat dengan bahan baku guna menekan biaya transportasi.

  • Membeli barang secara langsung dari produsen

Tindakan ekonomi satu ini dilakukan seorang distributor. Ia membeli barang secara langsung dari produsen untuk memperoleh harga beli yang murah dan dapat menjual barang tersebut dengan harga yang mampu bersaing di pasar. Distributor yang melakukan tindakan ini akan memperoleh untung yang besar dari selisih harga jual yang tinggi dan harga beli yang murah.

Itulah penjelasan mengenai upaya manusia memenuhi kebutuhan dengan tindakan ekonomi dan anda bisa lebih mengenal pelajaran. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 31st, July 2018 / 04:11 Oleh :
Kategori : Ekonomi