Sponsors Link

3 Unsur-Unsur Pranata Sosial yang Paling Terpenting

Sponsors Link

Kehidupan sosial tidak akan pernah bisa dilepaskan dari berbagai bidang kehidupan setiap manusia. Sejatinya manusia adalah makhluk yang diciptakan sebagai makhluk sosial. Tanpa bantuan orang lain, manusia tidak bisa melaksanakan segala tugas, keinginan, dan masalah kehidupannya sendiri. Butuh bantuan orang lain untuk menyelesaikan segala permasalahan kehidupan. Penyebab terjadinya konflik harus diketahui supaya bisa mengantisipasi terjadinya suatu konflik.

ads

Segala permasalahan dalam kehidupan ada banyak macam dan jenisnya. Begitu juga dengan penyebab terjadinya konflik yang sangat sering dialami oleh manusia. Pengantisipasian atau pencegahan konflik sangat perlu dilakukan agar tidak menambah buruk permasalahan pada konflik yang terjadi. Berbagai bentuk-bentuk pengendalian konflik sosial bisa dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan konflik yang terjadi untuk mengatasi konflik tersebut.

Berbagai bentuk-bentuk konflik sosial merupakan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan bersosial masyarakat. Kehidupan sosial tidak akan lepas dari masalah, namun harus bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Kehidupan sosial tidak akan bisa dipisahkan dengan pranata sosial. Pranata sosial adalah sistem yang memiliki norma, aturan atau prosedur untuk mengatur hubungan baik antar manusia dalam suatu masyarakat. Sehingga dengan adanya pranata sosial, segala aktifitas kehidupan bermasyarakat bisa dijalankan dengan mudah dan sesuai dengan prosedur yang telah ada.

Dalam pranata sosial memiliki unsur-unsur yang menjadi komponen penting dalam pranata sosial. Unsur-unsur pranata sosial ada 3 yaitu:

  1. Norma atau kaidah

Norma adalah suatu kaidah yang dijadikan sebuah  pedoman untuk melakukan sesuatu. Norma dalam suatu tempat bisa berbeda dengan tempat yang lainnya. Norma merupakan nilai sosial dalam masyarakat yang harus dijaga dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Norma atau kaidah menjadi salah satu unsur-unsur pranata sosial yang sagat penting. Norma atau kaidah dalam kehidupan sehari-hari bisa didapatkan secara lisan atau tulisan. Umumnya, norma dalam kehidupan bermasyarakat sangat banyak macamnya. Ada beberapa jenis norma yang wajib anda ketahui untuk dapat menyeimbangkan kehidupan sehari-hari. Beberapa diantara norma-norma tersebut adalah sebagai berikut:

  • Norma hukum

Norma hukum merupakan segala bentuk pedoman atau nilai-nilai mengenai segala hal yang terkait dengan hukum dan ada pihak-pihak yang berwajib untuk melaksanakan tugasnya dalam masalah hukum. Contoh norma hukum dimasyarakat: melapor pada RT/RW ketika ada tamu yang berkunjung lebih dari 1×24 jam.

  • Norma kesopanan

Norma kesopanan menunjukkan perilaku anda sehari-hari. Kesopanan harus selalu dijaga dan tidak boleh melanggar kesopanan tersebut. Contoh norma kesopanan dalam kehidupan bermasyarakat adalah menghormati orang yang lebih tua, menyapa orang disekitar, berpakaian dengan sopan, dan lain-lain.

  • Norma agama

Norma agama adalah suatu pedoman yang digunakan dan dilaksanakan untuk ibadah. Segala hal mengenai aturan keagamaan akan dituangkan dalam norma agama yang dijadikan pedoman bagi kehidupan manusia. Contoh norma agama adalah beribadah sesuai dengan kepercayaannya dan saling menghormati umat beragama lainnya, karena semua agama adalah saudara dan patut untuk dijaga silaturahminya.

  • Norma kebiasaan dan adat istiadat
Sponsors Link

Norma kebiasaan biasanya dilakukan secara berulang-ulang baik secara sadar atau tidak sadar. Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang akan menjadi suatu hal yang mudah dan refleks untuk dilakukan. Norma adat istiadat dilakukan sesuai dengan adat istiadat suatu wilayah atau daerah. Karena setiap daerah atau wilayah bisa memiliki beragam adat istiadat. Contohnya adalah melakukan kerja bakti membersihkan jalan (kegiatan gotong royong), dan lain-lain.

  1. Lembaga sosial

Lembaga sosial menjadi salah satu unsur penting dalam unsur-unsur pranata sosial karena lembaga sosial merupakan salah satu wadah yang dekat dengan kehidupan bermasyarakat untuk mengakomodasi atau menjembatani adanya segala kegiatan yang dilakukan masyarakat. Segala kegiatan bisa bersifat umum, dan dalam bidang apapun.

Dengan adanya lembaga sosial, kehidupan bermassyarakat akan dapat dikontrol dengan baik. Sehingga ketika ada permasalahan tertentu bisa dilakukan penangganan dengan sigap dan tepat. Beberapa contoh lembaga sosial dalam kehidupan bermasyarakat adalah puskesmas, Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia), PKK, dan lain-lain

  1. Aparat ketertiban
Sponsors Link

Aparat ketertiban memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Aparat ketertiban menjadi salah satu unsur yang dibutuhkan dalam unsur-unsur pranata sosial karena setiap adanya kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan banyak pihak dan bersifat umum, para aparat ketertiban sangat bertanggungjawab untuk menjalankan tugas dan peran masing-masing untuk menghindari adanya sesuatu yang tidak diinginkan.

Dalam kehidupan bermasyarakat, macam-macam aparat ketertiban ada banyak. Beberapa contoh aparat ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat adalah:

  • Tokoh Masyarakat
  • Lembaga pendidikan (mulai SD hingga perguruan tinggi)
  • Polisi
  • Pengadilan
  • Dan lain-lain

Ketiga unsur tersebut merupakan unsur terpenting atau komponen yang paling penting dalam pranata sosial. Banyak ciri-ciri pranata sosial yang bisa diketahui dengan mudah. Dengan mengetahui ciri-ciri pranata sosial akan lebih mudah dalam proses pembelajaran mengenai pranata sosial. Dengan memahami berbagai ciri-ciri pranata sosial akan lebih mudah untuk mengidentifikasi suatu pranata sosial dalam kehidupan sehari-hari. Pranata sosial juga memiliki banyak macam-macam pranata sosial. Pranata sosial ternyata memiliki banyak macamnya dan bisa digolongkan berdasarkan fungsi dan perannya. Macam-macam pranata sosial tersebut dilengkapi dengan fungsi dan peran dari masing-masing jenis pranata sehingga lebih mudah dilakukan identifikasinya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 25th, May 2018 / 07:05 Oleh :
Kategori : Sosiologi