Sponsors Link

Unsur-Unsur Lapisan Masyarakat yang Penting Dalam Kehidupan

Sponsors Link

Hidup berdampingan merupakan salah satu ciri khas dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya hidup saling berdampingan, sesama manusia akan menjadi saling akrab, mengenal satu sama lain serta akan saling menghormati dan tolong menolong. Dengan terjaganya hubungan baik antar sesama manusia, hal tersebut bisa meminimalisir penyebab terjadinya konflik. Hidup tentram dan damai akan menjadi sebuah impian yang menjadi nyata bagi setiap orang. Dengan adanya hal tersebut, sebagai umat manusia harusnya selalu menanamkan rasa saling menghargai dan tolong menolong dengan sesama manusia. Sehingga tidak akan terjadi contoh masalah sosial dalam masyarakat antar sesama umat manusia.

ads

Hidup berdampingan merupakan salah satu bukti nyata menanamkan rasa persaudaraan. Dalam hidup bermasyarakat sangat memungkinkan adanya keberagaman suku bangsa dan budaya. Meskipun, dengan keberagaman tersebut, kita sebagai makhluk sosial harus memiliki rasa toleransi yang tinggi untuk bisa saling menerima dan menghargai antar sesama manusia. Dengan demikian, akan tercipta suatu hubungan baik dan damai antar sesama manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itupun menjadi suatu contoh tindakan sebagai makhluk sosial.

Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat tidak akan terlepas dari unsur-unsur lapisan masyarakat. Dimana dalam kehidupan bermasyarakat pasti akan ada unsur yang menjadikan seseorang menjadi orang yang disegani atau dihormati oleh orang lain. Tidak hanya itu saja, dengan adanya unsur-unsur lapisan masyarakat, kehidupan manusia dalam bermasyarakat akan menjadi lebih teratur karena sudah ada tatanan atau strukturnya.

Berikut adalah unsur-unsur lapisan masyarakat yang wajib anda ketahui:

Unsur Utama:

  1. Peran atau role

Dalam sebuah kehidupan bermasyarakat tidak akan terlepas dari hak dan kewajiban. Sama halnya dengan seseorang yang memiliki peran khusus dalam kehidupan. Suatu peran bisa didapatkan oleh seseorang dengan berbagai cara. Peran dalam masyarakat adalah suatu tanggung jawab atau beban moral yang harus diemban oleh seseorang yang terpilih. Seseorang yang memiliki peran dalam kehidupan beramsyarakat harus menjalankan segala tugas dan tanggung jawab sesuai dengan apa yang didapatkan.

Peran atau role yang akan didapatkan seseorang bisa menjadi berbeda-beda karena akan banyak peran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Peran harus ada bersama adanya status atau kedudukan. Peran merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Mengapa? Karena dengan adanya peran tertentu, seseorang akan memiliki suatu tanggung jawab yang harus dilaksanakan untuk menjadikan kehidupan bermasyarakat menjadi lebih baik. Dengan adanya peran yang tepat akan meningkatkan kinerja dan performa masyarakat dalam hidup bersosial.

  1. Status atau Kedudukan

Status atau kedudukan merupakan suatu kehormatan untuk seseorang yang dipilih menjadi seseorang yang dipercaya oleh masyarakat. Namun tidak hanya itu saja, kedudukan merupakan suatu jabatan yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat. Dengan adanya suatu kedudukan, seseorang yang mendapatkan amanah dari masyarakat akan menjalankan segala tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya untuk masyarakat.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kedudukan atau status dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut:

  • Ascribed Status

Ascribed status merupakan kedudukan atau status yang diperoleh seseorang dengan alami atau turun menurun. Ascribed status menjadikan seseorang memiliki suatu kedudukan bahkan dia lahir. Salah satu contoh seseorang yang memiliki ascribed status dalam kehidupan bermasyarakat adalah: anak seorang presiden.

Sponsors Link

Anak seorang presiden akan mendapatkan status sebagai anak presiden (bapak nomor satu di negaranya). Dengan adanya hal tersebut, seorang anak itu telah memiliki ascribed status tanpa memperhatikan keterampilan atau sisi lain yang dia miliki.

  • Achieved Status

Achieved Status merupakan suatu kedudukan atau status yang dicapai dengan usaha tertentu yang dilakukan oleh seseorang. Dengan adanya achieved status bisa dikatakan sebagai hadiah bagi seseorang yang telah mengupayakan hal tersebut. Achieved status adalah kedudukan atau status yang sangat mungkin untuk dicapai semua orang.

Dengan memperolah achieved status, seseorang akan menjadi bangga dan bisa berbahagia atas apa yang mereka capai. Salah satu contoh achieved status adalah gelar sarjana. Kedudukan atau status sarjana akan diperoleh mahasiswa yang mengupayakan kelulusannya. Mereka berupaya dan berusaha untuk menyelesaikan masa studinya dengan tepat waktu sesuai yang direncanakan, dan akhirnya mereka akan mendapatkan gelar sarjana dan wisuda.

Sponsors Link

  • Assigned Status

Assigned status merupakan suatu kedudukan atau status yang diperoleh oleh seseorang yang telah berjasa dalam menjalankan tugasnya atau berjasa dalam suatu kegiatan. Seseorang yang memperoleh assigned status adalah seseorang yang pantas untuk dihormati atas kerja karas dan jerih payah atas usaha yang dilakukannya.

Dengan adanya suatu usaha yang besar dan dapat menghasilkan banyak manfaat untuk orang sekitar, seseorang tersebut bisa mendapatkan assigned status. Salah satu contoh assigned status adalah pahlawan. Pahlawan merupakan salah satu orang yang sangat berjasa untuk negara. Dengan adanya seseorang yang menjadi pahlawan, usaha dan kerja kerasnya patut untuk dihargai dan dihormati.

Unsur-unsur lapisan masyarakat sangat diperlukan untuk menentukan apakah seseorang pantas untuk memimpin atau tidak. Namun, untuk menghormati satu sama lain tidak boleh hanya ditujukan kepada orang-orang yang memiliki kedudukan tinggi. Sebagai makhluk sosial, harus bisa hidup rukun dalam bermasyarakat, bahkan pada saat di sekolah. Contoh hidup rukun sangat diperlukan untuk menjaga hubungan baik dengan teman-teman dan para civitas akademika di sekolah.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 04:27 Oleh :
Kategori : Pendidikan