Sponsors Link

Inilah 7 Unsur-unsur Kearifan Lokal Masyarakat Yang Harus Tetap Lestari

Sponsors Link

Kearifan lokal yaitu sebuah budaya positif yang dimiliki oleh masyarakat dan kearifan lokal sangat berkaitan dengan bahasa yang digunakan masyarakat. Kearifan suatu masyarakat biasanya berlangsung dengan turun menurun dan biasanya budaya ini tersampaikan secara lisan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kearifan lokal tak terlepas dari unsur-unsur budaya yang menyusunnya dan budaya seperti ini harus tetap lestari, karena sangat positif bagi kehidupan masyarakat. Berikut ini adalah unsur-unsur kearifan lokal masyarakat:

ads

1. Kesenian

Kesenian menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk dilestarikan, karena kesenian menjadi kearifan lokal yang membuah ciri khas suatu wilayah dan proses interaksi sosial antar masyarakat akan terbentuk dengan adanya kesenian. Banyak sekali kesenian tradisional yang ada di Indonesia, namun permasalan utama adalah kesenian lokal yang mulai banyak ditinggalkan anak zaman sekarang.

2. Unsur Religi

Salah satu unsur kearifan lokal yang sangat penting adalah unsur religi dan unsur religi sangat perlu dimiliki oleh masyarakat, karena dengan unsur religi kehidupan masyarakat menjadi lebih tertata rapi. Dengan adanya unsur-unsur budaya yang dimiliki masyarakat menjadikan adanya aturan tertulis dan tak tertulis ada untuk menjaga kearifan lokal masyarakat tetap terjaga dengan baik.

3. Pengetahuan

Salah satu unsur kearifan lokal yang memiliki peran penting adalah sistem pengetahuan, karena dengan sistem pengetahuan lingkungan akan terbentuk dengan sangat baik dan hal ini menjadi tujuan pembangunan sosial budaya yang seharusnya terjadi. Sistem pengetahuan masyarakat memang berbeda-beda, namun dengan adanya kearifan lokal yang terjadi membuat adanya persamaan pemikiran yang membuat sebuah kedamaian di tengah masyarakat.

4. Bahasa

Bahasa suatu daerah menjadi ciri khas yang membuat Indonesia sangat beragam bahasa dan salah satu bahasa yang masuk dalam kearifan lokal adalah bahasa sunda dengan berbagai ciri khas bahasanya. Dengan adanya bahasa bentuk hubungan sosial masyarakat terjalin dengan baik dan bahasa juga mempersatukan masyarakat dengan tujuan yang jelas. Bahasa menjadi suatu unsur lokal yang tidak boleh hilang dan harus tetap lestari sampai kapanpun.

5. Masyarakat

Banyak sekali contoh pembangunan sosial budaya yang terjadi di masyarakat dan hal ini menjadi salah satu unsur kearifan lokal yang memiliki peranan sangat penting. Masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah seringkali memiliki ciri khasnya tersendiri dan dominasi suatu wilayah cenderung akan menghilang dengan adanya arus urbanisasi yang sangat tinggi, sebaiknya harus ada upaya serius untuk mencegah adanya arus urbanisasi yang dilakukan masyarakat daerah.

6. Pencaharian

Unsur pencaharian menjadi hal penting yang harus dijaga oleh semua masyarakat dan pencaharian masyarakat lokal memiliki dampak pembangunan terhadap lingkungan. Mata pencarian masyarakat lokal menjadi sebuah kearifan lokal yang harus tetap terjaga dan hal ini akan membuat stabilitas ekonomi kerakyatan akan stabil serta arus urbanisasi akan bisa dihindari.

7. Peralatan

Dalam sebuah lingkungan masyarakat seringkali terdiri dari macam-macam kelompok sosial dan hal ini menimbulkan keanekaragaman yang sangat positif, namun bila tak ada aturan jelas akan banyak konflik yang terjadi. peralatan hidup masyarakat menjadi salah satu unsur kearifan lokal yang harus dijaga dan jangan sampai unsur-unsur kearifan lokal hilang dimakan jaman.

Demikian ulasan lengkap mengenai unsur-unsur kearifan lokal masyarakat dan semoga artikelnya dapat memiliki manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 03:26 Oleh :
Kategori : Pendidikan