Sponsors Link

3 Unsur-Unsur Antropologi Hukum Dalam Masyarakat

Sponsors Link

Antropologi hukum adalah sebuah kajian yang mengedepankan norma dan nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. Antropologi memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat dan menjadi kajian yang tidak mengandalkan undang-undang atau non UU. Ilmu antropologi hukum menjadi sebuah ilmu yang sangat istimewa, karena tidak semua orang bisa menguasainya dan antropologi seringkali terlihat pada persidangan-persidangan di pengadilan. Antropologi hukum juga bisa mendasari pembentukan undang-undang dan antropologi memiliki efek positif untuk lingkungan masyarakat.

ads

Pada dasarnya antropologi hukum ditujukan pada beberapa titik fokus seperti mengenai perkembangan manusia dalam hal biologis, sejarah perkembangan manusia, perkembangan bahasa yang digunakan manusia, perkembangan kebudayaan dan perbedaan dalam hal kebudayaan. Ada banyak pendapat yang menerangkan mengenai antropologi hukum dan setiap pendapat memiliki perbedaan. Hukum menjadi hal yang sangat penting dalam suatu negara, karena dengan hukum pola perilaku masyarakat bisa lebih terorganisir dan terjauh dari berbagai permasalahan sosial. Dengan hukum bentuk hubungan sosial dapat terjadi dengan sangat baik dan berjalan sesuai dengan dasar hukum yang berlaku. Berikut ini adalah unsur-unsur antropologi hukum:

1. Manusia

Unsur utama dalam sebuah antropologi hukum adalah manusia, karena manusia berperan dalam berbagai bidang hukum dan antropologi hukum juga, pembahasannya sangat berfokus pada manusia. Manusia dan hukum memiliki kaitan yang erat, karena setiap tindak kejahatan serta penyimpangan sosial pasti akan berhadapan dengan antropologi hukum. Ada macam-macam kebutuhan manusia untuk hidup dan manusia menjadi unsur paling penting dalam antropologi hukum. Dalam antropologi hukum dijelaskan berbagai sejarah yang berkaitan dengan manusia dan perkembangannya.

2. Kebudayaan

Kebudayaan atau budaya menjadi sebuah hal yang sangat berkaitan dengan antropologi hukum dan kebudayaan menjadi hasil bentukan dari manusia itu sendiri. Setiap kebudayaan memiliki ciri khas tersendiri dan ada pola yang berbeda dalam setiap kebudayaan yang menambah keunikkan kebudayaan. Kebudayaan mengandung 3 unsur yaitu unsur karya, ras dan cipta. Pada dasarnya kondisi penduduk indonesia sangatlah beragam, karena terbentuk dari berbagai latar belakang kehidupan dan ada banyak sekali unsur kebudayaan yang berbeda. Saling menghargai antar sesama kebudayaan, menjadi suatu hal yang sangat penting.

3. Masyarakat

Masyarakat adalah salah satu unsur antropologi hukum yang penting dan hukum berlaku untuk semua masyarakat. Adanya hukum diberlakukan untuk mengatur semua pola kehidupan di masyarakat dan dengan hukum kehidupan masyarakat lebih teratur. Berbagai bentuk penyimpangan sosial dapat dicegah dan dapat ditindak dengan sangat baik, untuk menghasilkan suatu efek jera. Masyarakat terbentuk dengan berbagai kebudayaan dan terbentuk dari latar belakang yang beragam. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki masyarakat yang terbentuk dari banyak perbedaan dan toleransi menjadi suatu hal yang penting di Indonesia.

Dalam suatu lingkungan masyarakat, pasti akan ada proses interaksi sosial yang terjadi dan dengan adanya kajian antropologi hukum semua interaksi dapat terbangun dengan baik. Berbagai konflik sosial bisa dihindari dan tidak akan menjadi sebuah permasalahan di lingkungan masyarakat. Itulah ulasan lengkap mengenai unsur-unsur antropologi hukum dan semoga artikel ini dapat dijadikan referensi terbaik untuk para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Wednesday 12th, June 2019 / 04:10 Oleh :
Kategori : Antropologi