Sponsors Link

Ini Dia Fungsi dan Tujuan Struktur Sosial

Sponsors Link

Struktur sosial adalah suatu susunan sosial yang membentuk berbagai kelompok sosial di lingkungan masyarakat dan hubungan antar masyarakat akan menimbulkan hubungan timbal balik. Tak hanya masyarakatnya saja yang berkumpul, tapi ada pula pola perilaku masyarakat yang bervariasi dan keragaman yang ditimbulkan akan menghasilkan struktur sosial yang sangat baik buat lingkungan. Struktur sosial memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial sehari-hari dan keberagaman yang timbul di masyarakat akan menghasilkan suatu struktur yang bervariasi.

ads

Fungsi Struktur Sosial

1. Cara Mencapai Tujuan Bersama

Ada berbagai macam unsur struktur sosial yang ada di lingkungan masyarakat dan struktur sosial menjadi salah satu instrumen penting dalam mencapai kepentingan bersama. Organisasi menjadi instrumen struktur sosial yang sengaja dibentuk untuk mencapai atau menghasilkan suatu tujuan bersama dan dalam organisasi individu memiliki peranan yang berbeda, sesuai dengan kemampuannya. Tujuan bersama akan menimbulkan suatu kerjasama yang menambah kekompakkan masyarakat dan menambah kerukunan masyarakat.

2. Penunjuk Identitas

Dengan adanya struktur sosial, suatu kelompok atau individu bisa menunjukkan identitasnya dan identitas ini menjadi ciri yang sangat melekat. Identitas menjadi salah satu contoh struktur sosial yang banyak digunakan masyarakat dalam melakukan interaksi dengan individu lain atau dengan kelompok lain. Identitas suatu kebudayaan menjadi suatu ciri khas yang tidak boleh dihilangkan dan dengan adanya struktur sosial menjadi salah satu cara untuk menunjukkan identitas.

3. Norma Sosial

Secara umum sifat-sifat struktur sosial sangatlah bervariasi dan struktur sosial juga menjadi suatu norma sosial yang bisa menertibkan kehidupan masyarakat. Norma sosial menjadi hal penting yang perlu diketahui atau dipahami masyarakat dan norma sosial bisa mencegah timbulnya berbagai macam konflik. Norma sosial yang ada di masyarakat, harus berjalan sesuai dengan konsep bangsa dan struktur sosial menjadi salah satu media penerapan norma sosial di masyarakat.

4. Pemersatu

Struktur sosial juga memiliki fungsi untuk mempersatukan semua elemen masyarakat yang ada dalam suatu lingkungan dan hal ini bisa menciptakan kekompakkan diantara masyarakat. Ada banyak jenis struktur sosial yang berkembang di Indonesia dan semua jenis struktur sosial memiliki keunikkannya masing-masing.

5. Penunjuk Tingkah Laku

Fungsi struktur sosial juga sebagai penunjuk tingkah laku di masyarakat dan tingkah laku masyarakat pasti sangat bervariasi. Ketika melakukan hubungan sosial, masyarakat akan mengetahui tingkah laku yang harus dilakukan dan dengan bertingkah laku yang baik, maka kondisi kehidupan masyarakat akan berjalan dengan damai.

Tujuan Struktur Sosial

Tujuan adanya struktur sosial adalah untuk menata berbagai pola kehidupan di lingkungan masyarakat dan struktur sosial mencakup berbagai aspek masyarakat. Masyarakat yang rukun dan jauh dari konflik sosial, menjadi tujuan yang ingin dicapai dengan adanya struktur sosial. Suatu negara yang memiliki struktur sosial adalah suatu kewajiban dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki struktur sosial. Berbagai bentuk-bentuk konflik sosial akan bisa diatasi dengan cepat dan semua permasalahan akan hilang dengan cepat. Masyarakat yang rukun, adil dan makmur menjadi tujuan struktur sosial di Indonesia. Demikian ulasan lengkap mengenai fungsi dan tujuan struktur sosial.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 01st, July 2019 / 09:36 Oleh :
Kategori : Sosiologi