Sponsors Link

8 Tujuan dan Fungsi Pranata Agama yang Wajib Dipelajari Dalam Kehidupan

Sponsors Link

Adanya berbagai agama di Indonesia menjadikan keberagaman agama semakin terlihat dan perbedaannya pun bisa ditoleransi. Dengan adanya perbedaan agama yang dianut, tidak akan menjadikan seseorang untuk menjauhi hubungan baik dengan antar umat beragama. Dengan adanya kelompok yang menganut agama yang berbeda akan merasa memiliki karena rasa toleransi yang dimiliki sangat tinggi antar umat beragama. Dengan adanya keberagaman agama yang tersebar diseluruh Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan keragaman budaya dan agamanya. Dengan adanya sikap tolerasi yang tinggi bisa meningkatkan hubungan baik antar sesama manusia. Dengan hal tersebut bisa mendatangkan manfaat keragaman budaya di negara Indonesia dan dampak negatif positif keragaman budaya bisa diketahui dengan jelas.

ads

Hubungan baik harus selalu dijaga antar umat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Setiap manusia akan menganut agama yang diyakini oleh dirinya sendiri. Dengan adanya hal tersebut menjadikan kehidupan masyarakat beragam akan semakin mempercayai agamanya sendiri. Hal tersebut bisa dikatakan hal yang baik karena kepercayaan seseorang tidak akan terganggu dengan kepercayaan orang lain. Pranata agama bisa dilihat dari unsur-unsur pranata agama yang terkandung dalam setiap agama. Dengan adanya pranata agama akan lebih mudah dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Pranata agama selalu memiliki unsur yang terkandung didalamnya, namun pranata agama juga memiliki berbagai contoh pranata agama dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya berbagai contoh yang bisa dipelajari dengan mudah akan menjadi sebuah pengetahuan yang baru dalam memahami pranata agama. Dalam pranata agama juga memiliki sebuah tujuan dan fungsi pranata agama. Tujuan dan fungsi pranata agama bisa digunakan untuk menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan beragama. Berikut adalah tujuan dan fungsi pranata agama yang wajib anda ketahui dalam kehidupan sehari-hari:

Tujuan Pranata Agama:

Tujuan pranata agama adalah sebagai berikut:

  • Bisa menjadikan sebuah pedoman yang bisa dianut oleh setiap umat beragama untuk menjalani kehidupan bermasyarakat dengan agama lainnya
  • Bisa menjadikan batin terasa sejuk dan tenang karena tujuan sudah jelas dimiliki
  • Bisa menjadikan sifat rohani menjadi damai dan sejuk karena tujuan sudah jelas dan dapat dipahami oleh masing-masing individu
  • Memecahkan permasalahan akan menjadi lebih mudah karena tujuan yang dimiliki sangat jelas dan bisa memberikan petunjuk

Fungsi Pranata Agama:

Fungsi pranata agama adalah sebagai berikut:

  • Identitas moral

Moral merupakan nilai atau cerminan dari kehidupan dan perilaku masing-masing individu. Dengan adanya moral, sikap dan sifat individu bisa diketahui dengan mudah. Moral menjadikan sebuah nilai atau sifat yang tertanam dalam masing-masing individu. Dengan adanya pranata agama, identitas moral masing-masing individu akan lebih mudah untuk diketahui. Moral merupakan nilai yang sangat penting untuk dijaga karena moral merupakan cerminan sikap dan sifat yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Dengan adanya identitas moral, masing-masing individu bisa dinilai oleh orang lain dan dirinya sendiri. Menjadi salah satu fungsi pranata agama adalah identitas moral. Dengan adanya pranata agama, indentitas sosial akan lebih mudah dicari karena scope pencariannya lebih dipersempit untuk mendapatkan jawaban yang paling maksimal. Dengan adanya pencarian identitas moral akan membantu masing-masing individu dalam menemukan identitas moral masing-masing.

  • Kualitas kehidupan meningkat

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya pranata sosial bisa meningkatkan kualitas kehidupan masing-masing individu. Kualitas kehidupan masing-masing individu bisa ditingkatkan dengan melakukan berbagai cara positif. Untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial dalam bermasyarakat perlu adanya agama yang dianut atau diyakini. Dengan demikian, masing-masing individu bisa menilai bagaimana kualitas kehidupan sosial yang mereka jalani.

Sponsors Link

Dengan adanya pranata agama, kualitas kehidupan sosial menjadi lebih mudah untuk dilakukan penilaian karena kualitas kehidupan sosial masing-masing individu bisa dilihat oleh orang lain. Selain itu juga, sebagai diri sendiri, kita juga bisa melakukan penilaian terhadap keualitas kehidupan sosial yang sedang kita jalani.

  • Kohesi dalam dunia sosial menjadi erat

Kohesi dalam dunia sosial akan menjadi lebih erat dengan adanya pranata agama. Pranata agama memungkinkan setiap individu untuk mengenal satu sama lain. Dengan keterkaitan masing-masing individu akan memudahkan setiap orang untuk menjalin hubungan baik dengan sesamanya. Hubungan baik antar manusia bisa dilakukan penilaian lebih karena bisa dilihat dengan seksama. Dalam kehidupan bersosial, kohesi antar manusia bisa ditingkatkan dengan adanya rasa saling menolong dan toleransi yang tinggi.

Dengan adanya pranata agama menyebabkan kohesi dalam dunia sosial menjadi lebih erat dan rasa toleransi antar umat beragama menjadi lebih meningkat. Hal ini bisa terjadi karena dalam kehidupan sehari-harinya bisa dilakukan penilaian bagaimana rasa saling tolong menolong antar umat beragama dan bagaimana sikap yanng diberikan antar umat manusia.

Sponsors Link

  • Tujuan hidup manusia lebih terarah

Pranata agama menjadikan tujuan hidup manusia menjadi lebih terarah. Dari yang sebelumnya, kemungkinan masing-masing individu mengalami kesusahan dalam mencari tujuan hidup masing-masing. dengan adanya bantuan dari pranata agama, akan menjadikan setiap manusia akan lebih mudah dalam menentukan tujuan hidup masing-masing. dengan adanya pranata agama, tujuan hidup masing-masing individu akan semakin terarah dan sesuai dengan ajaran agama masing-masing individu.

Tujuan hidup masing-masing orang bisa saja berbeda karena keyakinan yang dianut adalah keyakinan yang berbeda. Namun, hal tersebut merupakan hak dari masing-masing individu untuk menentukan bagimana keyakinan yang diyakininya.

Tujuan dan fungsi pranata agama akann menjadi hal yang penting dalam kehidupan. Dengan adanya tujuan dan fungsi pranata agama, kehidupan manusia akan lebih terarah menjadi lebih baik. Selain pranata agama, pranata sosial juga memiliki fungsi dan tujuan pranata sosial. Contoh pranata sosial akan lebih mudah dipahami dengan bahasa yang jelas dan dijelaskan denga ciri-ciri pranata sosial dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya tujuan dan fungsi pranata sosial, kehidupan bermasyarakat akan menjadi lebih terstruktur sesuai dengan aturan yang ada.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Sunday 27th, May 2018 / 02:59 Oleh :
Kategori : Sosiologi