Sponsors Link

Inilah 7 Tujuan dan Fungsi Pemberdayaan Masyarakat

Sponsors Link

Pemberdayaan masyarakat adalah salah satu cara untuk memberikan sebuah peran terhadap masyarakat dan pemberdayaan masyarakat sangat penting dilakukan untuk menjalin berbagai kegiatan sosial di lingkungan. Pemberdayaan masyarakat juga disebutkan sebagai sebuah bentuk hubungan sosial yang dilakukan untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik dan peran seorang individu dalam membangun sebuah kehidupan masyarakat sangatlah penting serta signifikan.

ads

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

1. Memperbaiki Kelembagaan

Lembaga masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dan dengan kelembagaan yang baik dapat terbangun sebuah mitra usaha yang kuat. Dengan memperbaiki berbagai perilaku masyarakat, diharapkan dapat membuat sistem kelembagaan menjadi lebih baik dan setiap proses interaksi sosial akan terjalin dengan rapi. Kelembagaan terbentuk dari masyarakat itu sendiri, jadi dengan masyarakat yang baik lembaga juga akan terbentuk dengan maksimal dan peran kelembagaan di masyarakat berpotensi membantu kehidupan masyarakat di lingkungan.

2. Memperbaiki Usaha

Dengan melakukan sistem pemberdayaan masyarakat yang baik, diharapkan akan terbentuknya sebuah sistem usaha yang baik dan sistem perekonomian masyarakat akan terbantu dengan baik. Perekonomian masyarakat yang maju menjadi tujuan pembangunan sosial budaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah. Usaha yang dijalankan oleh masyarakat akan lebih berpotensi mengalami kemajuan dengan adanya pemberdayaan masyarakat dan peran masyarakat dalam dunia usaha akan semakin besar.

3. Memperbaiki Pendidikan

Sistem pendidikan yang dijalankan Indonesia memang sudah benar dan pemberdayaan masyarakat menjadi tujuan perbaikan sistem pendidikan yang sudah berjalan. Dengan memacu semangat belajar masyarakat, maka akan lahir anak-anak bangsa yang berkualitas dan memberikan dampak pembangunan terhadap lingkungan sosial. Dengan melakukan pemberdayaan masyarakat yang baik, maka sistem pendidikan pun akan berjalan dengan baik dan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih giat lagi dalam belajar.

4. Memperbaiki Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan di masyarakat pada sebuah wilayah memang berbeda-beda dan dengan kondisi lingkungan yang aman, akan terbentuk sebuah kehidupan sosial yang baik. Dengan pemberdayaan masyarakat yang baik, maka berbagai bentuk penyimpangan sosial dapat dihindarkan dan dijauhkan dari lingkungan.

5. Perbaikan Pendapatan

Dengan memberdayakan masyarakat dalam berbagai hal, akan membuat pendapatan masyarakat menjadi terbantu dan tingkat perekonomian akan semakin meningkat. Masyarakat yang ekonominya maju menjadi salah satu contoh pembangunan sosial budaya yang terjadi di sebuah lingkungan masyarakat.

Fungsi Pemberdayaan Masyarakat

1. Penguatan

Salah satu fungsi dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk memberikan penguatan terhadap masyarakat,agar bisa berperan lebih baik terhadap lingkungan dan dapat meningkatkan aspek perekonomiannya. Dengan memberikan penguatan kepada masyarakat, akan membuat kehidupan sosial menjadi berjalan dengan baik dan perilaku masyarakat akan lebih terkontrol dengan baik.

2. Dorongan

Fungsi pemberdayaan masyarakat juga sebagai dorongan moral, agar masyarakat lebih giat lagi dalam melakukan sebuah pekerjaan dan lebih bisa memanfaatkan berbagai peluang untuk meningkatkan perekonomian. Tak hanya itu kehidupan sosial yang baik juga akan terbentuk, dengan pola perilaku masyarakat yang teratur. Dorongan kepada masyarakat bisa menjadikan sebuah motivasi lebih bagi masyarakat untuk mengerjakan berbagai hal yang akan berdampak baik bagi kehidupan sosial.

Demikian ulasan mengenai tujuan dan fungsi pemberdayaan masyarakat dan semoga artikelnya memberikan banyak manfaat yang baik.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Friday 03rd, May 2019 / 03:03 Oleh :
Kategori : Sosiologi