Sponsors Link

6 Tujuan Organisasi Sosial Bagi Masyarakat di Indonesia

Sponsors Link

Terbentuk nya suatu organisasi sosial tidak lepas dari adanya suatu nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat. Yang mana nilai dan norma merupakan suatu yang dianggap penting dan di cita-citakan oleh masyarakat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat nya. Nilai dan norma ini lah yang juga mengatur atau membatasi perilaku masyarakatnya, melalui terbentuknya aturan-aturan yang tegas yang berbentuk suatu norma sosial. Sekumpulan norma tersebutlah yang kemudian membentuk sistem norma dan berperan sebagai landasan terbentuknya suatu organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang baik bagi masyarakatnya. Sebelum membahas mengenai tujuan organisasi sosial, terlebih dahulu perlu diketahui apa yang disebut sebagai organisasi sosial.

ads

Organisasi sendiri merupakan suatu kesatuan orang yang terstruktur dalam satu aturan dan terdapat pembagian tugas-tugas tertentu terhadap anggotanya sesuai peran masing-masing. Sedangkan istilah sosial memiliki kaitan erat dengan kehidupan masyarakat dan pergaulan manusia didalamnya. Dari kedua pengertian tersebut kemudian dapat disimpulkan bahwa, organisasi merupakan suatu susunan atau struktur dari perkumpulan manusia beserta berbagai hubungan sosial didalam masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat, baik berbadan hukum maupun tidak, namun hubungan-hubungan tersebut merupakan satu kesatuan yang teratur.

Organisasi sosial sebagai suatu perkumpulan sosial memiliki fungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam upaya membangun bangsa serta negara. Yang mana manusia sebagai makhluk sosial yang selalu hidup bersama-sama membentuk organisasi sosial demi mencapai berbagai macam tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri, sehingga diperlukan kerjasama serta hubungan sosial yang kuat untuk mencapai nya. Lalu apa saja tujuan organisasi sosial tersebut, berikut penjelasannya.

Tujuan Organisasi Sosial

Dilihat dari istilah nya saja sudah bisa dikatakan bahwa organisasi sosial merupakan suatu organisasi baik formal maupun informal yang memiliki tujuan sosial. Yang mana biasanya suatu organisasi seperti organisasi sosial tidak mementingkan adanya keuntungan dalam bentuk materi, dan banyak hadir di tengah-tengah masyarakat.

Para anggota organisasi sosial sebagai pendiri biasanya memiliki jiwa sosial dan kepedulian terhadap kondisi masyarakat yang tinggi. Organisasi sosial di masyarakat biasanya lebih di kenal sebagai suatu lembaga sosial, karena ciri-ciri lembaga sosial yang sama, sebagai contoh seperti LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat, lembaga panti asuhan, dan banyak yayasan-yayasan atau lembaga sosial lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa terbentuknya suatu organisasi sosial bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan tertentu bagi kebaikan masyarakat dan membantu pembangunan bangsa dan negara. Berikut ini beberapa tujuan organisasi sosial di masyarakat:

  1. Melayani Masyarakat

Tujuan utama dari organisasi sosial adalah untuk melayani masyarakat tanpa menghitung adanya keuntungan atau pun kerugian. Kondisi ini didukung dengan para anggota yang memiliki jiwa sosial dan berkeinginan untuk membangun masyarakat bersama, adanya sistem keanggotaan ini juga merupakan salah satu ciri-ciri struktur sosial. Oleh sebab itu, organisasi sosial dibentuk dengan harapan dapat membantu serta memberi pelayanan terhadap masyarakat, termasuk membantu dalam mengatasi berbagai macam contoh masalah sosial dalam masyarakat atau bentuk-bentuk konflik sosial yang rentang hadir dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga kebutuhan masyarakat juga dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Menjadi Pedoman Masyarakat

Terbentuknya organisasi sosial didasarkan dari persatuan nilai dan norma sosial serta hubungan sosial dalam masyarakat, maka tujuan dari organisasi sosial juga untuk menjadi suatu pedoman dalam masyarakat. Pedoman tersebut dapat berupa aturan atau contoh dalam bersikap atau bertingkah laku di dalam lingkungan masyarakat, termasuk dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan.

Yang mana salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial adalah tidak dapat hidup sendiri dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga hubungan sosial di dalam masyarakat penting adanya. Oleh sebab itu diperlukannya suatu organisasi sosial untuk menjadi pedoman bagi masyarakat.

Sponsors Link

  1. Mengawasi Masyarakat

Sehubungan dengan tujuan untuk menjadi pedoman masyarakat, organisasi sosial juga bertujuan untuk mengawasi masyarakat. Yang mana bertujuan juga untuk mencegah munculnya konflik atau masalah didalam lingkungan masyarakat melalui pemberian pengarahan, sosialisasi sosial, dan lain sebagainya. Sehingga keuntugan masyarakat dapat dijaga bersama.

  1. Membangun Masyarakat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pendiri dari organisasi sosial biasanya memiliki keinginan untuk membangun masyarakat, oleh sebab itu tujuan dari organisasi sosial itu sendiri adalah untuk membangun masyarakat bersama. Sebagai contoh seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam dengan baik, pembentukan program-program sosial yang dapat juga membantu meningkatkan keakraban masyarakat, dan lain sebagainya.

  1. Mempertahankan Keutuhan Masyarakat
Sponsors Link

Tujuan organisasi sosial yang terakhir  bagi masyarakat adalah untuk mempertahankan keutuhan masyarakat serta memperbesar output. Yang mana dapat dicapai melalui penyelesaian segala perkara dan memecahkan masalah dalam masyarakat secara kekeluargaan atau mufakat, berusaha bersama untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat, memperbaiki sarana dan prasarana bersama, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk memperbesar output dapat dilakukan dengan peningkatan cara kerja yang se-efisien mungkin, pembentukan program-program kemasyarakatan, dan lain sebagainya.

  1. Mempertahankan serta Mengembangkan Organisasi Sosial

Selain bertujuan demi kebaikan masyarakat, organisasi sosial juga bertujuan untuk terus mempertahankan dan mengembangkan kehadiran serta peran organisasi sosial itu sendiri dalam lingkungan masyarakat. Sehingga segala bentuk tujuan yang ingin di capai dapat tercapai atau terlaksana dengan sebagai mana mestinya. Yang mana kehadiran organisasi sosial di dalam masyarakat juga sangatlah penting, oleh sebab itu tujuan mempertahankan serta mengembangkan organisasi sosial juga penting adanya bagi suatu organisasi sosial.

Itulah beberapa tujuan organisasi sosial, dimana dapat disimpulkan bahwa organisasi sosial dibentuk bertujuan untuk membangun serta memenuhi kebutuhan masyarakat bersama. Dimana segala tujuan organisasi sosial pasti demi kebaikan dan kemajuan masyarakatnya. Selain itu, organisasi sosial juga biasanya memberikan kepuasan moral sebagai suatu pedoman yang berdasar pada nilai dan norma dalam masyarakat, serta kepuasan berperan serta bagi para anggotanya. Demikian penjelasan mengenai tujuan organisasi sosial, semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 06:50 Oleh :
Kategori : Sosiologi