Sponsors Link

9 Tujuan dan Fungsi Modernisasi Bagi Indonesia

Sponsors Link

Kita tentu sering mendengar orang berkata bahwa dunia sudah semakin modern. Banyak orang kemudian menggunakan istilah modernisasi untuk menunjukkan bahwa adanya sebuah perubahan. Tujuan dan fungsi modernisasi menunjukkan bahwa adanya perubahan dari kondisi yang tradisional menuju kondisi modern yang dianggap lebih maju sesuai perbedaan modernisasi dan tradisional. Pada proses modernisasi, perubahan yang paling sering terlihat adalah perubahan sosial, meskipun terdapat perbedaan modernisasi dan perubahan sosial. Selain perubahan sosial, perubahan yang paling terasa adalah penggunaan teknologi yang terus berkembang.

ads

Setidaknya terdapat dua ciri-ciri penyebab modernisasi terjadi. Ciri yang pertama terlihat pada aspek sosio-demografi. Pada aspek ini, terlihat adanya penggunaan teknologi yang terus diperbaharui. Selain itu, gaya hidup juga terus berubah dan berkembang. Ciri lainnya terlihat pada aspek struktur organisasi sosial. Pada aspek ini, terlihat adanya perubahan pola pikir tentang wewenang dan tanggung jawab dalam kehidupan sosial. Bagaimanapun perubahan yang dihasilkan seperti pada contoh modernisasi Indonesia, pasti ada tujuan dan fungsi modernisasi. Tujuan dan fungsi modernisasi ini tidak hanya berlaku untuk negara, tetapi juga akan terasa untuk kehidupan masyarakat. Berikut beberapa tujuan dan fungsi modernisasi.

  1. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  2. Membentuk sebuah pola pikir baru yang lebih baik di dalam berbagai aspek kehidupan.
  3. Membentuk karakter yang lebih mampu beradaptasi dengan kondisi kehidupan yang sering berubah.
  4. Memberikan karakter masyarakat yang lebih terbuka sehingga membentuk interaksi antar individu.
  5. Meningkatkan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang teknologi.
  6. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya hal politik dan demokrasi.
  7. Memberikan sebuah sistem yang lebih cepat dan mudah, memberikan dampak modernisasi di bidang ekonomi.
  8. Memberikan pola pikir ilmiah untuk menyelesaikan sebuah masalah.
  9. Meningkatkan interaksi sosial yang tidak terbatas pada jarak.

Itulah beberapa tujuan dan fungsi modernisasi yang perlu kita ketahui. Segala sesuatu memang pasti memiliki kebaikan, termasuk proses modernisasi ini. Tujuan dan fungsi modernisasi yang telah dijabarkan menunjukkan bahwa suatu negara, termasuk Indonesia, memerlukan proses modernisasi untuk menjadi lebih baik. Modernisasi tidak dilakukan untuk menghancurkan identitas asli sebuah negara. Modernisasi justru dilakukan untuk mempersiapkan sebuah negara menghadapi dunia global. Pada akhirnya, modernisasi memang tidak bisa dilepaskan dari perihal globalisasi, meskipun terdapat perbedaan modernisasi dan globalisasi.

Banyak unsur global yang kemudian membantu terjadinya modernisasi di Indonesia. Indonesia pun tidak akan pernah bisa melakukan modernisasi tanpa bantuan dan pembelajaran dari negara lain. Indonesia harus terus membangun kerja sama dengan negara lain untuk membangun kehidupan Indonesia yang lebih modern. Di sinilah kita belajar bahwa kita tidak bisa terus menolak masuknya unsur global ke dalam negara kita. Ingat bahwa modernisasi tidak sama dengan westernisasi, terdapat perbedaan modernisasi dan westernisasi.

Mari kita terus berusaha mempelajari dan menerapkan hal yang baik yang diberikan unsur global. Kita pakai hal buruk dari unsur global sebagai bentuk evaluasi sehingga Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi. Selain itu, kita juga tidak boleh terus terlena dengan unsur global yang masuk ke Indonesia, kemudian melupakan unsur nasional yang sudah ada. Tetap teguh melestarikan unsur nasional sebagai identitas negara Indonesia.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 20th, June 2019 / 04:29 Oleh :
Kategori : Sosiologi