Sponsors Link

9 Tujuan dan Fungsi Mempelajari Sosiologi Pedesaan Dalam Ruang Lingkupnya

Sponsors Link

Pada bahasan sebelumnya di materiipas.com membahas terkait dengan bentuk-bentuk Disintegrasi sosial. Pembelajaran yang menyedarakan akan bentuk dari perilaku yang menyebabkan terbelahnya keutuhan dan keharmonisan di masyarakat. Dengan memperlajarinya akan mengetahui bentuk perilaku tersebut dan menghindarinya.

ads

Untuk kali ini materiips.com mengupas bahasan yang tidak kalah menarik dan tentu semakin membuat Anda banyak tahu. Membuka wawasan dan keilmuan Anda. Materi kali ini akan membahas terkait sosiologi pedesaan. Bagaimana pengertian, tujuan, dan fungsi dalam mempelajarinya akan dibahasa dalam tulisan berikut. Itu semua akan memiliki peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi

Pengertian Sosiologi Pedesaan

Sebenarnya sosiologi pedesaan merupakan gabungan dari dua istilah, yaitu sosilogi dan desa. Sosiologi dipahami sebagai ilmu pengetahuan yang memperlajari tentang masyarakat. Sedangkan, desa merupakan kesatuan masyarakat yang secara hukum berdiri sendiri dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, ada beberapa pendapat tokoh sosiologi: tentang pengertian sosilogi pedesaan;

  • Priyotamtomo (2001)

Sosiologi pedesaan merupakan studi ilmiah yang memberikan gambaran terhadap hubungan manusia dengan kelompok serta dinamika yang dialami oleh masyarakat.

  • Smit dan PE zopt

Sosiologi pedesaan merupakan wawasan yang disusun secara sitematis dengan menerapkan metode penelitian sosial, penelitian yang mengupas terkat dengan kehidupan masyarakat secara umum.

  • Rogers

Sosilogi pedesaan merupakan cabang ilmu yang memberikan bahasan dan pengetahuan mengenai segala bentuk fenomena kehidupan yang ada di masyarakat, fenomena yang khusus berada di desa.

Sosiologi pedesaan yang menurut beberapa ahli di atas merupakan studi tentang ilmu kemasyarakatan atau segala sesuatu yang berada di masyarakat. Pada dasarnya memberikan pengaruh positif bagi kita. Mengapa demikian, dengan memperlajari sosilogi pedesaan akan mengetahu tentang masyarakat pedesaan di lihat dari segala seluk beluknya. Selain itu juga, mampu memahami bentuk-bentuk konflik sosial. Untuk lebih mempertajam akan pengetahuan tentang apa fungsi dan tujuan dari mempelajari sosilogi pedesaan berikut penjelasannya.

Ruang Lingkup Sosiologi Pedesaan

Adapun ruang lingkup dari sosiologi pedesaan sebagai berikut:

  1. Sistem dasar masyarakat

Sistem dasar ini berkaitan dengan sejarah pembentukan desa, kebiasaan, dan adat istiadat yang dianut oleh masyarakat. Sebab melalui sistem dasar ini akan menjadikan fondasi awal dalam membahas kajian sosiologi pedesaan.

  1. Struktur dan organisasi sosial
Sponsors Link

Struktur dalam bangun masyarakat pedesan meliputi aparatur kampung, organisasi pertanian, kepemudaan dan organisasi lainnya. Dengan struktru tersebut akan berdampak pada kajian tentang sosiologi pedesaan.

  1. Pola pemukiman desa

Pola pemungkiman menjadikan indikator dari dalam penelitian sosiologi pedesaan. Sebab pola pemungkinan baik secara langsung atau tidak berpengaruh pada hasil yang ditemukan. Pemukiman memberikan gambaran dari inteksi, struktur, dan juga pola komunikasi dalam masyarakat itu sendiri.

Fungsi memperlajari sosiologi pedesaan

Untuk memahami lebih dalam tentu sosilogi pedesaan berikut dijelaskan akan contohnya. Terdapat salah satu warga yang terkena musibah, misalnya rumahnya tertimbun tanah longsor. Masyarakat sekitar masih memiliki sosial yang tinggi. Hal ini ditujukan ketika mereka saling gotong-goyong untuk membersihkan lumpur atau tanah. Selain itu, juga warga memberikan fasilitas tempat tinggal gratis untuk sementara. Bentuk tindakan tersebut memberikan gambaran bahwa sosial masyarakat pedesaan masih begitu tinggi. Adanya sikap demikian menghindarkan dari bentuk konflik sosial.

Sponsors Link

  1. Dengan memperlajari sosilogi pedesaan akan memberikan pengaruh kepada diri kita, dapat melihat diri kita secara lebih jelas. Sebagai pribadi atau sebagai kelompo sosial dalam masyarakat.
  2. Dapat melihat masyarakat pedesaan serta budaya yang dianutnya dan jenis-jenis norma sosial yang dianut.
  3. Memahami norma-norma dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat, serta memahami kesenjangan atau perbedaan yang ada di masyarakat pedesaan.
  4. Mempelajari sosilogi pedesaan kita akan lebih tanggap akan berbagai gejala-gejala sosial dan gejolak yang ada di masyarakat. Sehingga, dapat mengetahui akan solusi yang mungkin dapat diterapkan untuk menanggulangi akan gejolak tersebut.

Tujuan Memperlajari sosiologi pedesaan

  1. Memberikan gambaran tentang fungsi desa sebagai strategi dalam melakukan pembangunan dan perbaiki desa kedepannya.
  2. Mempelajari sosiologi pedesaan akan dapat memberikan pemahaman akan kemajuan dan kemunduran suatu desa tertentu. Hal ini dapat dilihat dari masyarakatnya.
  3. Mempelajari sosiologi pedesaan akan semakin memperkaya khasanak kelimuan kita. Utamanya ilmu yang berkaitan dengan masyarakat atau sosial.
  4. Menumbukan sikap, sadar, dan pedulis terhadap apapun yang terjadi di masyarakat pedesan.
  5. Mampu memahami peran sosial dalam kehidupan, utamanya masyarakat pedesaan dan memahmi contoh tindakan sebagai makhluk sosial.

Demikian beberapa tujuan dalam mempelajari sosiologi perdesaan dan juga beberapa fungsinya yang bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 08th, June 2018 / 08:16 Oleh :
Kategori : Sosiologi