Sponsors Link

Inilah 5 Tujuan Kriminologi Di Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Kriminologi adalah salah satu ilmu sosial yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan perkembangan terjadi, akibat adanya pola kehidupan masyarakat yang berubah. Pola perubahan terjadi dari satu tempat ke tempat lainnya dan pola perubahan dari satu waktu ke waktu lainnya. Kriminologi terbentuk dari 2 kata yaitu crime yang artinya kejahatan dan logos artinya ilmu pengetahuan. Hal ini dapat menyimpulkan garis besar kriminologi yang berkenaan dengan kajian ilmu pengetahuan mengenai kejahatan. kriminologi memiliki peranan yang penting di masyarakat dan memiliki andil besar dalam terciptanya kehidupan bermasyarakat. Berikut ini adalah tujuan kriminologi:

ads

1. Hukum Pidana

Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Dengan adanya kajian ilmu tentang kejahatan, pemerintah akan memiliki gambaran umum mengenai berbagai kejahatan yang terjadi di lingkungan dan menyusun langkah-langkah pencegahannya dengan membuat perundang-undangan atau hukum pidana. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan berbagai bentuk penyimpangan sosial yang seringkali terjadi di lingkungan masyarakat. Hukum pidana digunakan untuk memberikan efek jera para pelaku kejahatan dan hukum pidana dilakukan dengan sangat transparan.

2. Memberikan Gambaran Umum Kejahatan

Dengan adanya kriminologi, akan memberikan sebuah gambaran umum mengenai berbagai tindak kejahatan di masyarakat dan ada banyak dampak negatif penyimpangan sosial. Masyarakat yang mempelajari ilmu kriminologi, akan mengetahui berbagai batasan kejahatan yang tidak boleh dilakukan dan hal ini menjadi salah satu langkah pencegahan dengan cara yang halus. Dengan banyaknya tindak kejahatan di masyarakat, perlu ada suatu langkah pencegahan yang efektif. Kejahatan menjadi sebuah hal yang ditakutkan oleh semua orang dan kejahatan menjadi ancaman keamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

3. Mengetahui Penyebab

Kriminologi juga menjadi kajian ilmu kejahatan yang digunakan untuk mengetahui penyebab seseorang melakukan tindak kejahatan dan ada banyak penyebab perilaku penyimpangan yang dilakukan seperti faktor ekonomi, faktor sosial dan faktor hubungan asmara atau percintaan. Setiap kejahatan yang terjadi di masyarakat, pasti memiliki efek yang bervariasi dan selalu merugikan bagi lingkungan. Penyebab suatu tindak kejahatan menjadi sebuah hal yang sangat penting dan digunakan untuk langkah pencegahan kedepannya.

4. Mengetahui Dampak

Kajian ilmu kriminologi, bisa digunakan untuk mengetahui berbagai dampak yang bisa timbul akibat adanya suatu kejahatan dan dampak suatu kejahatan sangatlah bervariasi, tergantung tindak kejahatan yang dilakukan. Tindak kejahatan yang berbahaya adalah kejahatan yang berdampak luas bagi lingkungan dan hal ini akan menimbulkan efek negatif di lingkungan. Dengan kriminologi berbagai dampak masalah sosial dapat diketahui dengan sangat cepat dan akurat.

5. Pencegahan

Tujuan utama kriminologi adalah untuk melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap berbagai kejahatan dan ada banyak sekali contoh perilaku penyimpangan sosial yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Langkah pencegahan kejahatan bisa dilakukan dengan cara yang halus ataupun dengan cara yang kasar. Proses pencegahan kejahatan terus dilakukan pihak pemerintah demi terciptanya suatu kondisi yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Berbagai tindakan pencegahan keras pun dilakukan untuk memberikan efek jera para pelaku kejahatan.

Demikian ulasan lengkap mengenai tujuan kriminologi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 17th, June 2019 / 01:48 Oleh :
Kategori : Sosiologi