Sponsors Link

9 Tujuan dan Fungsi Komunikasi Sosial Dalam Kehidupan

Sponsors Link

Komunikasi menjadi cara yang paling efektif untuk menjaga hubungan baik dengan semua orang disekitar kita. Berbagai ciri-ciri komunikasi bisa ditemukan dengan mudah. Dengan adanya komunikasi yang baik, semua informasi yang kita sampaikan bisa diterima dengan jelas. Begitu juga sebaliknya, kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang jelas dan sesuai dengan apa yang dikomunikasikan. Berbagai informasi bisa disampaikan dengan baik jika terdapat komunikasi yang baik. Namun, bisa saja pesan yang disampaikan tidak bisa diterima dengan jelas oleh penerima pesan karena komunikasi yang dilakukan kurang jelas.

ads

Banyak jenis alat komunikasi yang bisa digunakan oleh semua orang. Berbagai cara dan media komunikasi bisa digunakan secara bebas oleh siapa saja. kebebasan dalam melakukan komunikasi merupakan salah satu hak manusia. Komunikasi tidak ada yang dilarang, karena dengan melalui komunikasi, semua pesan dan perasaan yang kita simpan bisa disampaikan kepada orang yang kita tuju. Dengan adanya berbagai pesan dan berbagai macam perasaan yang disimpan bisa menyebabkan suatu emosi dan perasaan yang lainnya. Jika suatu pendapat tidak diutarakan melalui komunikasi, maka akan terasa janggal dan selalu resah dalam beraktifitas. Dengan tersampaikannya semua kegelisahan atau bahkan perasaan bahagia, akan membuat kita sedikit lega karena semua perasaan bisa tersampaikan dengan baik.

Komunikasi yang dilakukan setiap individu bisa berbeda-beda caranya. Banyak jenis alat komunikasi yang bisa digunakan. Penyampaian pesan akan tergantung pada setiap individu yang menyampaikan pesan tersebut. Komunikasi biasanya didukung oleh adanya ekspresi yang terkadang sesuai dengan perasaan seseorang. Dengan adanya kesamaan ekspresi dan isi hati setiap individu akan menggambarkan bagaimana perasaan orang tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap individu pasti memiliki rasa emosi tersendiri. Bahkan ketika tidak ada masalah yang menimpanya, seseorang pasti akan memiliki emosi, baik secara sadar atau bahkan tidak sadar.

Komunikasi yang dilakukan oleh semua orang memiliki tujuan dan fungsi masing-masing. tujuan dan fungsi komunikasi sosial bisa diketahui dan dipelajari dengan mudah. Tujuan dan fungsi komunikasi sosial bisa menandakan suatu pendapat individu terkait suatu topik tertentu. Dengan adanya tujuan dan fungsi komunikasi sosial, akan lebih mudah dipahami bagaimana sebenarnya komunikasi sosial tersebut. Berikut adalah tujuan dan fungsi komunikasi sosial:

Tujuan Komunikasi Sosial:

  • Memahami perasaan orang lain

Dengan melakukan komunikasi sosial, kita akan belajar bagaimana memahami perasaan orang lain. Secara langsung dengan melakukan komunikasi sosial, orang lain akan mengutarakan bagaimana perasaan dan pendapatnya mengenai suatu topik tertentu. Dari masalah tersebut, kita bisa memahami perasaan orang lain melalui apasaja yang dia ucapkan atau disampaikan. Dengan adanya suatu komunikasi sosial, kemungkinan besar pesan yang akan disampaikan orang lain bisa kita pahami dengan baik. Dengan catatan bahwa komunikasi sosial yang dilakukan adalah komunikasi yang jelas dan tidak berbelit-belit.

Orang lain bisa mengutarakan perasaan apapun ke kita sebagai pendengar. Sebagai seorang pendengar, kita tidak boleh acuh tak acuh terhadap apa yang disampaikan orang lain. Kita harus bisa mengimbangi bagaimana orang lain menyampaikan pendapat dan pesannya. Dengan begitu, kita akan belajar memahami dan bisa memberikan saran atau pendapat yang sesuai dengan apa yang disampaikan oleh orang lain. Komunikasi sosial bisa meningkatkan hubungan baik antar setiap manusia. Adanya komunikasi sosial bisa menjadikan tali persaudaraan menjadi semakin baik dan bisa saling menguntungkan.

  • Pesan yang disampaikan dapat dimengerti penerima pesan

Berbagai komunikasi sosial bertujuan untuk menyampaikan pesan dan pesan tersebut bisa diterima oleh sang penerima pesan atau lawan bicara kita. Dengan adanya komunikasi sosial, kehidupan bersosial masyarakat akan menjadi semakin meningkat persaudaraannya karena komunikasi yang dijalin semakin meningkat dengan baik. Hal ini bisa dilihat dengan cara bagaimana komunikasi yang dilakukan antar manusia dalam suatu lingkungan.

Sponsors Link

Adanya suatu komunikasi bisa membuat pesan yang disampaikan bisa dimengerti oleh penerima pesan dengan mudah dipahami. Sehingga penerima pesan tidak bingung atau menimbulkan keambiguan terhadap pesan yang disampaikan. Adanya komunikasi sosial merupakan salah satu jaringan yang bisa meningkatkan rasa persaudaraan antar setiap umat manusia. Meskipun terdapat banyak perbedaan, namun rasa saling menghormati akan tercipta dan meningkatkan rasa solidaritas yang tinggi antar umat manusia. Banyak syarat agar interaksi bisa terjadi dan bisa ditemukan dengan mudah.

  • Pendapat bisa diterima orang yang lain

Komunikasi sosial merupakan suatu media untuk menyampaikan berbagai pendapat. Dengan adanya komunikasi sosial, pendapat yang kita ajukan bisa diterima oleh orang lain ketika kita menjelaskan pendapat kita dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Pendapat yang kita sampaikan harus bersifat general atau umum, sehingga tidak akan ada pihak yang tersinggung mengenai pendapat yang akan kita sampaikan.

ads

Menjaga perasaan orang lain adalah hal yang harus kita terapkan dalam mengutarakan pendapat dalam forum atau mengutarakan pendapat ke orang lain. Adanya perbedaan pendapat yang signifikan akan membuat banyak perselisihan. Namun, jika pendapat disampaikan dengan baik-baik dan tidak melukai perasaan orang lain, pendapat yang kita sampaikan akan lebih mudah untuk diterima oleh orang lain.

  • Membangun persepsi yang sama

Adanya suatu komunikasi sosial memiliki tujuan untuk membangun persepsi yang sama. Terkadang tidak jarang terdapat perbedaan pendapat dan perbedaan visi antar individu dalam suatu forum atau organisasi. Dengan adanya perbedaan pendapat tersebut, sebagai makhluk sosial kita harus memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Adanya sikap toleransi dan saling menghormati bisa menjadikan seseorang lebih memahami dan mencari tahu bagaimana alasan dari pendapat yang disampaikan oleh orang lain. Dengan memahami apa yang menjadi tujuan orang lain tersebut, kita bisa membangun persepsi yang sama untuk suatu topik yang sedang didiskusikan.

  • Mengajak seseorang (bersifat persuasif)

Komunikasi sosial bisa bertujuan untuk mengajak seseorang. Mengajak seseorang yang bersifat persuasif akan menghasilkan berbagai manfaat. Dengan adanya semangat positif dalam menyebarkan ajakan, orang lain akan lebih tertarik dan ingin mengetahui apa yang akan kita sampaikan.

Dengan adanya suatu ajakan yang bersifat sopan dan menarik, seseorang akan lebih mudah tertarik dan bisa terpengaruh. Ajakan yang dimaksudkan adalah ajakan yang bersifat positif. Dengan adanya berbagai ajakan positif, seseorang akan menjadi tertarik dengan berbagai hal yang positif pula.

Fungsi Komunikasi Sosial:

  • Pengungkapan emosi dan perasaan

Komunikasi sosial juga berfungsi sebagai media untuk mengungkapkan emosi dan perasaan. Dengan adanya suatu kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain, kita akan memiliki kesempatan untuk menyampaikan atau mengungkapkan emosi dan perasaan kita terhadap orang tersebut. Sehingga dengan begitu, kita bisa mengerti apa yang salah dari diri kita dan bisa berintrospeksi diri untuk menjadi lebih baik.

  • Memotivasi diri sendiri dan orang lain

Adanya kesempatan untuk melakukan komunikasi sosial memiliki fungsi untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain. Dengan adanya kesempatan untuk melakukan komunikasi sosial, kita bisa membagikan pengalaman bagaimana hidup kita untuk bisa memberikan motivasi kepada orang lain. Tidak hanya itu saja, dengan adanya komunikasi sosial dengan orang lain, bisa saja orang lain yang memotivasi diri kita sehingga kita menjadi punya impian dan target yang besar dan berusaha untuk mewujudkannya.

Sponsors Link

  • Mengendalikan emosi dan pikiran

Adanya komunikasi sosial bisa menjadikan sarana untuk mengendalikan emosi dan pikiran. Perbedaan pendapat akan mudah terjadi dan dalam tahap seperti itu, kita harus berusaha untuk mneghormati satu sama lain. Emosi harus selalu terkontrol dengan baik agar tidak menimbulkan perpecahan dan perselisihan.

  • Menyampaikan informasi

Komunikasi sosial bisa menjadi sarana untuk menyampaikan segala informasi dan berbagi informasi dan pengalaman denga orang lain. Dengan melakukan hal tersebut, kita akan menjadi lebih tahu banyak hal dari pengalaman dan informasi yang disampaikan orang lain.

Dengan adanya komunikasi sosial yang baik bisa mewujudkan lingkungan masyarakat yang positif dan terkontrol dengan baik. Komunikasi sosial yang baik akan memiliki berbagai manfaat positif untuk seluruh masyarakat. Oleh karena itu dalam suatu wilayah, dibutuhkan adanya komunikasi sosial yang lebih baik dan kondusif. Berbagai contoh perubahan sosial bisa dilihat dengan cara bagaimana seseorang melakukan komunikasi dengan orang yang lainnya.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 19th, June 2018 / 08:03 Oleh :
Kategori : Sosiologi