Sponsors Link

Tujuan Dan Fungsi Kolonialisme Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kolonialisme adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh suatu negara untuk memperluas daerahnya dan menguasai suatu wilayah yang berada di negara lain. Kolonialisme biasanya dijalankan dengan cara paksa dan tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar, tanpa memikirkan nasib dari negara jajahannya.

ads
  • Tujuan Kolonialisme

Tujuan utama dari kolonialisme adalah untuk mendapatkan keuntungan besar dengan mendominasi berbagai sektor di negara koloni dan sektor yang biasanya dikuasai adalah sektor ekonomi, sektor sumber daya alam, sektor tenaga kerja serta sektor perdagangan. Kegiatan kolonialisme memang membuat perubahan sosial yang terjadi dan salah satu faktor perubahan sosial adalah adanya ancaman yang dilakukan membuat masyarakat jadi patuh, karena merasa takut bila membantah.

Tujuan untuk menguras habis semua potensi yang ada di negara koloni dan membawa hasilnya ke negara asal menjadi kolonialisme dianggap kejam. Negara yang melakukan kolonialisme tidak memiliki kepedulian terhadap negara koloni dan tak pernah memikirkan dampak yang akan diperoleh oleh negara yang habis sumber dayanya. Kolonialisme tak mengindahkan sebuah kerukunan yang terjadi di masyarakat dan banyak contoh hidup rukun yang sengaja dihancurkan dengan maksud kejinya. Kerukunan masyarakat sangat terganggu dengan adanya aksi kolonialisme yang terjadi.

  • Fungsi Kolonialisme Untuk Indonesia

1. Fungsi Peninggalan Sejarah

Fungsi kolonialisme Belanda bagi Indonesia memang ada dan mulai terasa pada jaman sekarang efeknya. Dengan adanya kolonialisme pada jaman dulu, kini Indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah dan bangunan peninggalan sejarah menjadi lokasi yang dijadikan sarana edukasi. Berbagai bentuk penyimpangan sosial yang dilakukan Belanda membuat adanya berbagai hal-hal baru seperti adanya kata serapan baru yang diperoleh dari orang-orang belanda yang melakukan penjajahan.

2. Fungsi Reformasi Pendidikan

Dengan adanya orang Belanda yang datang ke Indonesia tentu menjadikan banyaknya ilmu baru yang di bawa, karena yang datang tak hanya ingin melakukan penjajahan saja. Banyak warga belanda yang sengaja datang untuk melakukan kepentingan diluar penjajahan dan hal ini menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju, karena da ilmu-ilmu baru yang diterapkan oleh para sarjana yang berasal dari Belanda. Namun tetap saja dengan adanya orang Belanda yang datang ke Indonesia memunculkan masalah sosial dan salah satu contoh masalah sosial yang terjadi adalah adanya sebagian penguasaan pendidikan oleh orang Belanda.

3. Fungsi Keberagaman

Dengan adanya orang Belanda yang menetap di Indonesia, tentu banyak juga yang menikah dengan orang Indonesia dan hal ini membuat keberagaman manusia yang ada, banyak manfaat keberagaman budaya yang dihasilkan dengan adanya penjajah jaman dulu. Keberagaman yang dihasilkan menjadikan Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan ras. hal ini menjadi dampak positif keberagaman budaya yang terjadi antara Indonesia dengan Belanda.

4. Fungsi Aturan

Dengan adanya penjajahan yang dilakukan belanda pada jaman dulu, menjadikan adanya adanya ilmu baru yang berkaitan dengan aturan perundang-undangan. Awalnya semua aturan itu menjadi sebuah masalah sosial yang terjadi dan salah satu faktor penyebab masalah sosial yang terjadi adalah adanya tabrakan aturan. Semua aturan perundang-undangan Indonesia kini sangat terinspirasi dengan aturan yang dulu di bawa Belanda.

Sekian ulasan lengkap mengenai Tujuan dan Fungsi Kolonialisme. Semoga artikelnya dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 09:16 Oleh :
Kategori : Pendidikan