Sponsors Link

Inilah 4 Tujuan Diplomasi Indonesia Terlengkap

Sponsors Link

Diplomasi adalah salah satu cara melakukan negosiasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan diplomasi akan dilakukan oleh seorang diplomat untuk menyampaikan suatu pesan dalam suatu perundingan. Diplomasi memang sangat berkaitan dengan cara sebuah negara untuk melakukan kerjasama politik dengan luar negeri dan menjalankan sebuah hubungan internasional dengan baik. Kegiatan diplomasi bisa dijalankan dengan satu negara saja atau dengan banyak negara dan kegiatan diplomasi suatu negara sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga eksistensi negara tersebut di kancah dunia internasional. Ada beberapa bentuk-bentuk kerjasama internasional yang bisa dijalankan sebuah negara dan diplomasi menjadi salah satu hal yang sering dilakukan Indonesia dengan maksud serta tujuan tertentu. Berikut ini adalah tujuan diplomasi Indonesia:

ads

1. Politik

Diplomasi memang sangat erat kaitannya dengan politik yang dijalankan oleh suatu negara untuk mencapai suatu tujuan dan politik juga menjadi salah satu upaya mengatasi masalah sosial yang sering terjadi antar sesama negara. Indonesia melakukan hubungan diplomasi dengan negara luar adalah untuk memperoleh sebuah kesepakatan, misalnya Indonesia melakukan hubungan diplomasi dengan Malaysia dan Singapura untuk mengatur batas wilayah, karena posisi geografis Indonesia sangat dekat dengan kedua negara tersebut.

2. Ekonomi

Diplomasi Indonesia dilakukan dengan tujuan ekonomi, hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan salah satu masalah negara berkembang adalah selalu dimanfaatkan oleh negara yang lebih maju untuk melakukan kerjasama di bidang ekonomi. Ada banyak contoh masalah sosial budaya yang terjadi akibat adanya hubungan diplomasi Indonesia dengan negara lain dan upaya untuk meningkatkan perekonomian menjadi dasar dilakukannya diplomasi di bidang ekonomi. Diplomasi sangat berpeluang untuk menghasilkan kerjasama ekonomi antara Indonesia dengan negara lain dan kerja sama bisa dijalankan dengan saling menguntungkan.

3. Budaya

Dengan dilakukannya diplomasi Indonesia sangat membuka peluang Indonesia untuk memperkenalkan kebudayaan nasional ke kancah internasional dan hal ini juga bisa menjadi cara untuk melestarikan budaya yang dimiliki Indonesia. Dengan budaya perubahan sosial bisa saja terjadi dan ada berbagai aspek-aspek perubahan sosial yang bisa saja terjadi di Indonesia, namun dengan adanya pelestarian budaya yang konsisten maka budaya akan tetap lestari dengan baik di Indonesia.

4. Ideologi

Diplomasi juga menjadi salah satu cara untuk mempertahankan ideologi sebuah negara dan ideologi ini terus digaungkan Indonesia untuk mempertahankan negaranya. Banyak masalah sosial yang akan terjadi di Indonesia, jika hal ini tidak terus dilakukan dan salah satu faktor penyebab terjadinya masalah sosial adalah berkurangnya kepercayaan mengenai ideologi bangsa. Dengan ideologi macam-macam nilai sosial akan dapat terjaga dengan baik dan kedaulatan negara Indonesia akan terus diakui oleh seluruh dunia.

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah diplomasi yang dilakukan oleh Indonesia memiliki 4 tujuan utama yaitu tujuan untuk kepentingan politik, untuk kepentingan ekonomi, untuk kepentingan pelestarian budaya dan untuk kepentingan mempertahankan ideologi bangsa. Kaum muda diharapkan mampu menjalankan sistem diplomasi yang sudah ada, bahkan mampu menjalankan hal lain yang tentunya memiliki manfaat bagi Indonesia dan jagalah Indonesia dengan cara melakukan hal-hal baik demi Indonesia. Demikian ulasan artikel tentang tujuan diplomasi Indonesia dan semoga artikelnya bisa menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Thursday 21st, March 2019 / 03:45 Oleh :
Kategori : Pendidikan