Sponsors Link

6 Tujuan dan Manfaat Antropologi Hukum Lengkap Disini!

Sponsors Link

Antropologi hukum adalah suatu ilmu yang mengkaji atau mempelajari tentang kebudayaan yang ada dalam suatu lingkungan masyarakat dan antropologi terlahir dari ciri fisik, adat istiadat dan perbedaan budaya. Antropologi tersusun dari 2 kata yaitu anthropos yang artinya manusia dan logos yang artinya ilmu. Antropologi sangat berkaitan dengan sosiologi, karena unsur bahasannya sama yaitu manusia dan antropologi hukum memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat di lingkungan dan antropologi ada dengan tujuan yang jelas.

ads

Tujuan Antropologi Hukum

1. Menjelaskan Tata Cara Kehidupan

Salah satu tujuan utama antropologi hukum adalah menjelaskan mengenai berbagai pola atau tata cara kehidupan manusia dan salah satu titik pembahasannya adalah karakter fisik yang dimiliki manusia. Berbagai bentuk hubungan sosial di masyarakat akan terjaga dengan baik dan terjauh dari berbagai konflik sosial.

2. Memahami Karakteristik Manusia

Dengan adanya antropologi hukum, dapat membantu masyarakat untuk memahami manusia dalam kelompok tertentu dan dengan adanya antropologi hukum semua permasalahan di lingkungan dapat dicegah secepat mungkin. Ada berbagai faktor perubahan sosial yang sering membentuk karakter manusia dan karakter manusia terbentuk dengan bervariasi.

3. Gaya Hidup Manusia

Pada dasarnya antropologi hukum menemukan berbagai prinsip mengenai prinsip umum gaya hidup manusia dan mengetahui bagaimana pola terbentuknya gaya hidup manusia. Gaya hidup terbentuk akibat adanya proses interaksi sosial yang terjadi di lingkungan dan gaya hidup manusia pasti bervariasi, karena tergantung dari cara interaksinya. Gaya hidup manusia pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan, karena pemilihan gaya hidup sangat tergantung pada lingkungan sekitar.

Manfaat Antropologi Hukum

1. Mengetahui Aspek Hukum

Dengan adanya antropologi hukum, masyarakat akan mengetahui berbagai hukum yang berlaku dalam masyarakat dan aspek hukum terbentuk dengan berbagai hal yang dianggap penting. Dengan mengetahui berbagai aspek hukum yang berlaku, masyarakat akan memiliki pedoman dalam menjalankan aktivitas sosial sehari-hari. Antropologi hukum juga menjadi langkah pencegahan bentuk-bentuk pengendalian konflik sosial dan kehidupan masyarakat akan terbangun dengan teratur.

2. Mengetahui Nilai Dasar

Dengan mempelajari tentang antropologi hukum, masyarakat dapat mengetahui tentang nilai dasar dalam kehidupan dan nilai dasar menjadi sebuah hal yang harus dipertahankan, karena memiliki peranan penting di lingkungan masyarakat. Berbagai ciri-ciri norma sosial harus dipelajari dengan baik, agar kehidupan bermasyarakat menjadi kondusif. Nilai dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam bermasyarakat dan nilai dasar menjadi landasan masyarakat dalam berperilaku di lingkungan sosial.

3. Mengetahui Perbedaan

Antropologi hukum juga dapat membantu masyarakat dalam mengetahui atau memahami berbagai hal tentang perbedaan dan ada banyak perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat. Perbedaan pandangan dan pendapat menjadi sebuah hal yang sering menimbulkan konflik sosial. Antropologi hukum yang mencegah berbagai konflik yang dihasilkan dari perbedaan dan sikap toleransi menjadi hal yang penting, untuk dimiliki oleh masyarakat. Keberagaman yang terjadi di lingkungan menjadi sebuah hal yang mudah ditemukan di Indonesia dan menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai tujuan dan manfaat antropologi hukum. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik dan bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Monday 17th, June 2019 / 01:52 Oleh :
Kategori : Antropologi