Sponsors Link

4 Tujuan dan Fungsi Tindakan Sosial yang Mudah Untuk Anda Pelajari

Sponsors Link

Tindakan sosial adalah perilaku manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Max Weber, tindakan sosial merupakan tindakan seseorang yang memiliki makna bagi dirinya sendiri dan bertujuan untuk mendapatkan tanggapan dari orang lain. Atau dalam arti lain, tindakan sosial atau social action adalah perilaku oleh individu dengan memperhatikan situasi, unsur struktur sosial, interaksi dan hubungan sosial yang berkaitan dengan nilai, kepercayaan, minat, emosi, kekuasaan sesuai dengan proses terjadinya interaksi sosial  otoriter, kultur, kesepakatan, ide, kebiasaan atau faktor lain yang dimiliki oleh individu. Lalu apa saja tujuan dan fungsi tindakan sosial tersebut? Berikut ulasannya!

ads

Tujuan dan Fungsi Tindakan Sosial

Berbeda dengan perbedaan tindakan sosial dan interaksi sosial  pada hakikatnya, tujuan dan fungsi tindakan sosial bagi setiap individu adalah berbeda-beda. Karena banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya tindakan sosial tersebut baik tujuan dan fungsinya muncul atau tidak. Contoh tindakan sebagai makhluk sosial adalah ketika ada seorang pengusaha muda yang memberikan materi berupa trik-trik dan motivasi bagi para peserta tentang bagaimana membangun usaha yang sukses walaupun dalam usia muda.

Dari contoh tersebut, pengusaha muda ini telah melakukan tindakan-tindakan sosial yakni melakukan apa yang ia yakini untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda. Tindakan sosial pada hakekatnya adalah tergantung dari inidividu itu sendiri sesuai dengan  syarat terjadinya interaksi sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang berlaku. Ada yang melakukan tindakan sosial untuk kesejahteraan keluarganya, memberikan ketenangan pada dirinya sendiri, menyenangkan orang lain ataupun ungkapan kekecewaan yang meluap-luap. Jadi, tujuan dan fungsi dari tindakan sosial itu sendiri adalah untuk memberikan manfaat bagi dirinya sendiri ataupun orang lain. Menurut Max Weber, terdapat empat jenis tindakan sosial, diantaranya adalah :

  • Tindakan rasional

Kata “rasional” sendiri mengandung implisit logis terhadap sesuatu. Artinya tujuan tindakan rasional ini adalah tindakan untuk mencapai apa yang telah direncanakan sebelumnya. Contohnya, saat kita memilih untuk pergi ke kantor dengan naik ojek daripada angkutan umum lainnya. Alasan memilih ojek itu sendiri agar kita lebih cepat sampai dan terhindar dai macet daripada harus naik taksi tetapi malah terjebak kemacetan. Pilihan untuk lebih cepat sampai dan terhindar dari kemacetan inilah yang dimaksud dengan tujuan tindakan rasional.

  • Tindakan berorientasi nilai

Tindakan berorientasi nilai adalah tindakan yang mengutamakan apa yang kita anggap baik, wajar dan benar dimana bisa bersumber dari etika, agama atau sumber nilai lain.Ttujuan dari tindakan ini adalah untuk bersikap wajar, tidak dianggap aneh, jauh dari persepsi negatif dan pengaruh dinamika sosial  serta diterima oleh seluruh masyarakat. Contohnya adalah saat kita memilih makan dan minum menggunakan tangan kanan daripada tangan kiri.

  • Tindakan afektif

Tindakan afektif adalah tindakan yang didasasrkan atas pertimbangan emosional baik perasaan marah, sedih, cinta, empati, simpati, kasihan, bahagia bdan sebagainya. Aspek emosional ini muncul secara spontan sebagai respon atas apa yang terjadi pada dirinya. Tujuan dari tindakan afektif adalah sebagai bentuk ungkapan atas kejadian yang menimpanya. Contoh interaksi sosial individu dengan individu sesuai dengan adalah seorang ibu yang bahagia melihat kelahiran anaknya meskipun masih merasa sakit setelah melahirkan.

  • Tindakan tradisional

Tindakan tradisional adalah tindakan yang menggunakan tradisi, custom, adat dan kebiasaan masyarakat sebagai pertimbangan. Tindakan tradisional ini terjadi tanpa perencanaan dan berbentuk repetitif atau mengulang perilaku yang biasa dilakukan, Tujuannya adalah untuk melestarikan adat istiadat atau kebiasaan tradisional yang biasa dilakukan masyarakat di daeah tersebut.

Demikian tujuan dan fungsi tindakan sosial, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 25th, December 2018 / 08:15 Oleh :
Kategori : Sosiologi