Sponsors Link

Pengertian, Tujuan dan Contoh Kolonialisme yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Sponsors Link

Menelisik kembali sejarah bangsa Indonesia dan Negara lain lalu simak juga dampak kolonialisme dan imperialisme terhadap Indonesia, tampaknya peristiwa kolonialisme sangat melekat erat bahkan hingga kini pun masih ada. Kolonialisme tidak hanya memiliki arti dan berkonotasi negatif saja tetapi adapun dampak positif dari adanya kolonialisme di masa lalu. Bagi setiap Negara memiliki cerita tersendiri mengenai zaman kolonialisme, setiap cerita merupakan sebuah sejarah besar.

ads

Dimana setiap Negara yang terlepas dari era kolonialisme bisa memperingati hari kemerdekaannya masing- masing. Selain itu dengan adanya kolonialisme berbeda dengan tujuan kolonialisme, ini merupakan sebuah latar belakang bagi sebuah Negara. Bahkan beberapa Negara seperti wilayah asia dengan masa kolonialisme sama dengan penjajah yang sama memiliki keterkaitan satu sama lain.

Pengertian Kolonialisme

Keterkaitan antar bangsa terjadi karena latar belakang kolonialisme yang sama ini membuat mereka membentuk banyak sekali organisasi tingkat internasional seperti PBB, ASEAN, dan masih banyak lagi. Sebelum anda mempelajari lebih lanjut mengenai kolonialisme terkait dengan tujuan dan contoh kolonialisme, anda perlu memahami dasar dari kolonialisme dilihat dari beberapa pengertian serta dasar teori kolonialisme menurut para ahli seperti berikut.

  • Loomba

Menurut seorang cendekiawan bernama Loomba berbeda dengan contoh kolonialisme di zaman sekarang, mengungkapkan bahwa kolonialisme merupakan sebuah implikasi berupa perjumpaan antar umat manusia dalam penaklukan dab dominasi. Dalam hal ini dapat diartikan bahwa sebuah Negara penjajah dapat mendatangkan pasukannya dari negaranya untuk mengatur tatanan Negara jajahannya.

  • Collins English Dictionary

Kolonialisme dilihat dari sisi English Dictionary oleh Collins, merupakan sebuah kebijakan serta sebuah praktek maupun tindakan dalam hal kekuatan untuk memperluas daerah kontrol pada sebuah masyarakat lebih lemah.

  • Rochmadi

Adapun pengertian kolonialisme oleh Rochmadi yaitu sebagai salah satu tindakan politik yang dijalankan oleh sebuah koloni di sebuah daerah jajahan sebagian dari imperium. Dalam hal ini dapat juga diartikan bahwa dalam sebuah Negara jajahan, Negara penjajah mempunyai seorang wakil khusus dengan tugas memimpin daerah jajahannya sesuai dengan ketentuan Negara penjajah yang berlaku.

Itulah dasar- dasar penting mengenai pengertian dari kolonialisme dan simak juga perbedaan kolonialisme dan imperialisme barat, adapun kesimpulan dari pengertian- pengertian kolonialisme di atas. Kolonialisme merupakan sebuah sistem dimana sebuah Negara dapat menguasai Negara lain. Tidak hanya menguasai wilayah saja, tetapi Negara tersebut juga menguasai rakyat beserta sumber daya alam yang ada di Negara tersebut.

Tujuan Kolonialisme

Dan kolonialisme atau bisa juga disebut dengan penjajahan juga merupakan sebuah perbuatan yang merujuk pada sebuah keyakinan suatu bangsa untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem penjajahan. Dalam hal ini adapun kepercayaan pada masa kolonial dimana moral dari pengkoloni atau penjajah lebih hebat daripada yang dikolonikan atau yang dijajah. Dan perlu anda ketahui pula bahwa ada beberapa tujuan mengapa kolonialisme ini ada pada zamannya, berikut ulasannya.

  • Memperbanyak SDA

Tujuan utama dari adanya kolonialisme pada eranya yaitu untuk memperbanyak SDA Negara penjajah. Dalam hal ini, seperti yang bisa kita lihat pada sejarah Indonesia sebelum merdeka kita tahu bahwa tujuan awal dari bangsa luar menjajah Indonesia karena Indonesia merupakan Negara kaya akan SDA. Banyak Negara menjajah bangsa Indonesia dan memperebutkan Indonesia sebagai Negara jajahan untuk mengambil dan menguras habis sumber daya alamnya seperti mulai dari rempah- rempah hingga batuan logam seperti alumunium hingga emas untuk dibawa ke Negara penjajahan. Mereka membawa SDA dari Indonesia untuk memenuhi SDA di Negara penjajah karena pada dasarnya Negara- Negara yang menjajah tidak memiliki cukup SDA bahkan kekurangan SDA pada masanya.

Sponsors Link

  • Memperbanyak SDM

Selain memperbanyak SDA berbeda dengan pengertian historiografi serta ciri-ciri dan fungsinya, selama melakukan masa penjajahan para kolonialisme juga membutuhkan banyak sekali bantuan dalam hal pembangunan serta untuk mengurusi banyak pekerjaan lain. Oleh karena itu tak jarang para kolonial ini merekrut SDM sebanyak- banyaknya namun dengan catatan secara paksa untuk memperkecil pengeluaran. Dalam hal ini seperti yang kita lihat pada masa penjajahan Belanda maupun Jepang dalam hal ini mereka memiliki sebuah sistem tersendiri untuk memberdayakan SDM demi keberhasilan pada masa penjajahan seperti menerapkan sistem rodi dan romusha. Selain itu juga adapun sistem tanam paksa dimana mereka harus mengerjakan sawah maupun ladangnya sendiri dengan susah payah namun tidak mendapat imbalan pantas.

  • Expansi Budaya

Expansi budaya merupakan salah satu tujuan dari kolonialisme berikutnya, ketika suatu bangsa menjajah bangsa lain secara otomatis bangsa tersebut akan menetap selama beberapa waktu hingga masa penjajahan berakhir. Dalam hal ini pun bangsa penjajah dengan sistem kolonialisme mereka dapat menekan budaya bangsa yang terjajah dan menyebarkan budaya baru sebagai salah satu upaya untuk memperluas wilayah. Tidak hanya itu pula, bahkan kebudayaan mereka pun seiring waktu dapat berkembang dengan sendirinya di wilayah yang mereka jajah sebagai bukti dan sejarah bahwa dulu bangsa tersebut pernah menjajah suatu Negara.

  • Martabat Sebuah Negara

Negara- Negara dengan masyarakat berkulit putih cenderung memiliki rasa harga diri yang tinggi, dalam hal ini pun mereka rela melakukan apapun demi martabat Negara sendiri. Untuk meningkatkan pandangan Negara lain serta martabat, tak jarang banyak sekali Negara berbangsa kulit putih melakukan tindak kolonialisme. Semakin banyak suatu Negara dapat menjajah suatu Negara terutama ketika mereka menjadikan Negara jajahan sebagai bagian dari Negara mereka, maka semakin tinggi pula martabat Negara mereka.

ads
  • Memperluas Kekuasaan

Dalam melakukan tindak kolonialisme pastilah Negara tersebut harus memiliki sebuah kekuasaan lebih terlebih dahulu. Ketika sebuah Negara mendapatkan kekuasaan lebih terhadap suatu Negara lain, tidak hanya membuat Negara tersebut semakin kuat. Negara- Negara penjajah akan terus menjajah untuk mendapatkan kekuasaan lebih luas lagi. Dengan luasnya daerah kekuasaan, kekuatan sebuah Negara pun semakin besar sehingga memiliki kemungkinan cukup besar untuk menguasai dunia.

  • Memperluas Wilayah Perdagangan

Adapun tujuan dari kolonialisme yang terakhir yaitu memperluas wilayah perdagangan dan simak juga pengaruh interaksi antarruang di Indonesia dan Asean lainnya, seperti yang kita ketahui bahwa sebuah benda impor harganya lebih mahal jika dibanding dengan barang lokal. Ini sudah terjadi sejak zaman kolonialisme, dengan wilayah perdagangan semakin luas maka sebuah Negara akan semakin untung karena devisa perdagangan. Dalam hal ini ketika masa penjajahan dimana perluasan kekuasaan sudah dilakukan maka secara otomatis wilayah perdagangan Negara penjajah pun semakin luas sehingga mereka dapat menaikkan kekayaan negaranya.

Itulah tujuan- tujuan dari adanya kolonialisme, dan perlu anda ketahui pula terjadinya kolonialisme ini juga memicu berbagai macam peristiwa penting seperti perang dunia 1 dan 2 yang telah terjadi.

Contoh Kolonialisme

Selain mempelajari pengertian yang menjadi dasar dari kolonialisme juga tujuan yang merupakan asal dari adanya kolonialisme lalu simak juga macam-macam imperialisme, anda juga perlu mempelajari contoh- contoh dari kolonialisme beserta ulasannya seperti berikut ini.

  1. Kolonialisme Belanda di Indonesia

Belanda menjajah Indonesia selama 350, Belanda awalnya tertarik dengan Indonesia karena Indonesia merupakan Negara penghasil rempah- rempah terbaik dan terbesar di Dunia. Dalam hal ini pula tidak hanya memperluas kekuasaan, Belanda juga melakukan tindakan eksploitasi selama masa kolonialisme. Mereka menguras habis mulai dari rempah- rempah, hasil bumi, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti logam hingga melakukan pembantaian di berbagai daerah.

  1. Kolonialisme Inggris di Australia

Contoh berikutnya dari tindak kolonialisme yang terjadi yaitu ketika inggris menguasai Australia, Inggris menguasai tidak hanya sekedar menjajah saja. Bangsa asli Australia yaitu suku Aborigin saat itu disingkirkan dan ditindas sehingga Negara Australia dapat dikuasai penuh oleh inggris.

  1. Kolonialisme Italia di Jepang

Saat itu melihat penduduk Jepang yang sangat sedikit membuat Italia semakin tertarik untuk melakukan tindak kolonialisme. Italia mampu menguasai Jepang pada abad ke- 20 dimana tujuan dari Italia yaitu mampu menguasai Jepang dan menampung kepadatan penduduk Italia.

  1. Kolonialisme Inggris di India

Selain menjajah Australia, tampaknya banyak sekali Negara jajahan inggris dan salah satunya yaitu India. Selain Indonesia tampaknya India merupakan Negara penghasil rempah terbaik dan terbesar dan inilah yang membuat inggris sangat tertarik dengan India. Dan India pula yang menjadikan Inggris sangat beruntung tidak hanya karena berhasil memperluas kekuasaan tetapi juga mendapatkan keuntungan sangat besar mulai dari hasil alam seperti rempah- rempah, berkembangnya perekonomian Inggris dengan pesat, dan berkembangnya infrastruktur Inggris dengan sangat baik.

  1. Kolonialisme Jepang di Indonesia

Tampaknya tidak hanya Belanda yang menjajah Indonesia, Jepang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun dimana ini merupakan waktu yang cukup singkat dibanding dengan Belanda. Dalam hal ini, Jepang menjajah Indonesia tidak hanya tertarik dengan rempah- rempah saja juga tertarik dengan kekuasaan dan perluasan wilayah perdagangan. Namun sebelum berhasil memperluas wilayah perdagangan dengan baik, Jepang kalah dan Indonesia berhasil merdeka.

  1. Kolonialisme Amerika terhadap Suku Indian

Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa suku Indian merupakan orang asli di tanah Amerika sebelum benua Amerika ditemukan. Namun penduduk asli Amerika ini harus tergusur oleh Amerika karena kekuasaan. Pada akhirnya suku Indian pun semakin punah karena tergusur oleh masyarakat Amerika dan solusi dari pemerintah Amerika mereka diasingkan di daerah reservat. Daerah ini merupakan daerah khusus bagi suku Indian.

Itulah berbagai informasi mengenai pengertian, tujuan, hingga contoh- contoh dari kolonialisme yang dapat kami sampaikan. Selamat membaca.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 30th, July 2019 / 03:51 Oleh :
Kategori : Sejarah