Sponsors Link

4 Tokoh-Tokoh Pemimpin Fasisme Secara Lengkap dan Paling Jelas

Sponsors Link

Fasisme sebagai ideologi suatu bangsa lahir di Benua Eropa pada masa Perang Dunia ke 1 akibat kekalahan dan kerugian yang diderita selama perang berlangsung. Sebetulnya Fasisme adalah sebuah paham golongan nasionalis ekstrim yang menjalankan pemerintahan secara otoriter. Ada 4 ciri sifat negara yang menganut paham ini yaiut:

ads
  1. Mereka mempunyai sifat Rasisme, dimana mereka sangat menjujung tinggi rasnya dengan cara mengatasi konflik antar ras dan memandang rendah ras lain. Mereka membedakan manusia berdasarkan ciri fisik, seperti warna kulit.
  2. Sifat yang kedua adalah Militerisme, dimana semua kepentingan militer dianggap penting dibandingkan dengan kepentingan rakyat. Dan anggota militerpun mendapat perlakuan yang istimewa jika dibandingkan dengan anggota non militer.
  3. Sifat yang ketiga adalah Ultra Nasionalis, merupakan rasa bangga yang berlebihan pada negaranya sehingga memandang rendah bangsa atau negara lain. Hal ini tentu saja akan memicu peperangan seperti dari contoh disintegrasi bangsa.
  4. Sifat yang terakhir adalah Imperialisme, yaitu keinginan untuk menaklukan dunia dengan kekerasan dengan tujuan untuk menguntungkan bangsanya sendiri.

Tokoh-Tokoh Fasisme

Dari sifat-sifat tersebut, tercatat ada 4 tokoh penganut paham Fasisme, 3 diantaranya di Eropa dan 1 di Asia. Agar lebih jelas berikut tokoh Fasisme beserta nama negaranya:

1. Benito Amilcare Andrea Mussolini

Tokoh Fasisme di Itali ini bermaksud mengembalikan kejayaan kerajaan Romawi. Lahir pada tanggal 29 Juli 1883, Benito Mussolini berhasil memimpin Itali dengan kediktatorannya dari tahun 1922 sampai dengan 1943. Setelah serangkaian kekalahannya di Afrika, RajaViktor Immanuel III memaksanya turun dari jabatannya. Setelah diisolasi selama dua tahun, akhirnya Benito Mussolini di eksekusi di Como, Italia Utara.

2. Adolf Hitler

Lahir di Austria pada tanggal 20 April 1889 merupakan tokoh dari sarana sosialisasi politik di Jerman dan ketua dari Partai Nazi atau Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP). Hitler menjabat sebagai kanselir Jerman pada tahun 1933 sampai dengan 1945, dan merupakan tokoh utama Nazi Jerman. Tujuan dari Nazi ini adalah menguasai Eropa secara absolut. Selama berkuasa, Hitler telah membantai kurang lebih 50 juta orang dibawah perintahnya.

Masa kediktatoran Hitler berakhir pada tahun 1945. Soviet dibawah pimpinan Georgy Zhukov dan Ivan Konev menyerang Berlin dari arah timur. Pertempuran ini disebut Pertempuran Berlin. Sebelum pertempuran ini berakhir pada awal Mei 1945, Adolf Hitler telah dinyatakan bunuh diri. Setelah bertempur selama lima hari akhirya Jerman menyerah dan kota Berlin di bagi dua. Berlin Timur dikuasai oleh unsur-unsur budaya dari Soviet dan Berlin Barat dikuasai oleh Amerika, Inggris dan Perancis.

3. Kaisar Hirohito

Sejak kemenangannya melawan Rusia dan Restorasi Meiji, Jepang dibawah pemerintahan Kaisar Hirohito melakukan ekspansi besar-besaran di Asia. Dengan kekuatan militernya yang besar, Jepang berhasil menguasai Papua Nugini, Singapura, Inggris, Hindia Belanda dan negara-negara di Asia Tenggara dan Pasifik sampai dengan tahun 1942.

Puncaknya adalah ketika Jepang memborbardir Pearl Harbour, mengakibatkan 18 kapal hancur dan mengakibatkan 2.500 korban jiwa. Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, Amerika melakukan dampak kesenjangan sosial misalnya serangan balik dengan membom kota Nagasaki dan Hiroshima. Dan setelah itu pada tanggal 15 Agustus 1945 Kaisar Hirohito mengumumkan bahwa Jepang menyerah melalui siaran radio.

4. Francisco Franco

Adalah tokoh fasisme dari Spanyol. Sebagai anggota Partai Falange (partai fasis di Spanyol), Jendral Franco bercita-cita mendirikan negara fasis seperti Jerman dan Itali. Pada PD II, Spanyol mengirim pasukannya untuk membantu Jerman di Rusia namun tidak menyatakan perang secara resmi melawan sekutu. Oleh karena itu ketika rezim di Italia, Jerman dan Jepang hancur, Spanyol tidak terpengaruh karena tidak memihak mereka. Fasisme Spayol berakhir saat Franco meninggal dan digantikan oleh Raja Juan yang memerintah secara demokratis.

Itulah keempat tokoh Fasisme beserta negara yang dipimpinnya. Dengan ini kalian pasti bisa tau bagaimana beberapa tokoh fasisme. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Thursday 25th, October 2018 / 03:12 Oleh :
Kategori : Sejarah