Sponsors Link

10 Teori Sosiologi Modern Menurut Para Ahli yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia merupakan makhluk hidup yang membutuhkan keberadaan dan interaksi dengan orang lain. Aristoteles, seorang filsuf dari Yunani, bahkan mengenalkan istilah zoon politicon, yang secara tersirat menyatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Hal ini yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lain. Manusia secara alamiah memiliki akal sehat yang membuatnya mampu untuk berinteraksi dengan baik serta selalu berkembang menjadi lebih baik.

ads

Ada ilmu khusus yang mempelajari perilaku sosial dan interaksi sosial manusia, yaitu sosiologi. Ilmu sosiologi awalnya dicetuskan sebagai salah satu bagian dari ilmu sosial oleh August Comte, yang kini dikenal sebagai Bapak Sosiologi.

Ilmu sosiologi memiliki berbagai cabang ilmu. Cabang-cabang ilmu ini berkembang dan didasari oleh perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan peradaban manusia yang mempengaruhi perkembangan ilmu sosiologi. Salah satu cabang dari ilmu sosiologi yaitu sosiologi Modern.

Sosiologi Modern merupakan cabang ilmu sosiologi yang mempelajari perilaku sosial dan interaksi manusia terkait dengan adanya karya Modern oleh kritikus dan sejarawan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sosiologi Modern merupakan Modern karya para kritikus dan sejarawan yang terutama mengungkapkan pengarang yang dipengaruhi oleh status lapisan masyarakat tempat ia berasal, ideologi politik dan sosialnya, kondisi ekonomi serta khalayak yang ditujunya.

Para ahli mengenai sosiologi Modern memiliki penjelasan yang beraneka ragam mengenai teori sosiologi Modern ini. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai macam-macam teori sosiologi Modern menurut para ahli.

1. Wellek dan Warren

Wellek dan Warren melihat pengertian sosiologi Modern dengan menganggap Modern memiliki hubungan yang nyata dengan masyarakat. Segala hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat, lembaga sosial, dan perubahan yang terjadi dapat berpengaruh terhadap karya Modern. Hal ini karena pengarang karya Modern merupakan bagian dari masyarakat. Serta karya Modern akan dibaca oleh pembaca, yang juga merupakan bagian dari masyarakat dan merasakan dampak sosial dari karya Modern tersebut.

2. Eagleton

Sosiologi Modern merupakan refleksi dari kondisi masyarakat yang dipengaruhi oleh masa lalunya. Modern yang merupakan penjelasan akan situasi sosial ini mampu mempengaruhi kehidupan nyata masyarakat.

3. Wolff

Wolff mengungkapkan bahwa kesenian dan Modern merupakan cabang ilmu yang tidak dapat didefinisikan, hampir tanpa bentuk. Selain itu, seni dan Modern memiliki persamaan, yaitu keduanya memiliki hubungan dengan kehidupan masyarakat.

4. Endraswara

Endraswara, seorang Modern, dalam bukunya yang berjudul Metodologi Pengajaran Modern, menuliskan bahwa sosiologi Modern adalah penelitian yang terfokus pada masalah manusia karena Modern sering mengungkapkan perjuangan umat manusia dalam menentukan masa depannya, berdasarkan imajinasi, perasaan, dan intuisi (2003:79). Sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang manusia dan interaksi manusia. Disini interaksi manusia berfokus pada karya Modern karena karya Modern merupakan perwujudan perjuangan manusia demi masa depan berdaskarkan keinginan dan imajinasinya.

5. Faruk

Sponsors Link

Faruk, penulis buku Pengantar Sosiologi Modern, juga mengungkapkan bahwa sosiologi Modern merupakan cabang ilmu sosiologi yang mempelajari dan menerangkan bahwa kepentingan dan kebutuhan manusia dapat diraih melalui proses interaksi sosial. Studi ini mencakup studi ilmiah dan juga objektif. Sosiologi Modern merupakan penjabaran dari bagaimana manusia dapat bermasyarakat dan bertahan hidup dalam kesatuan masyarakat.

6. Ratna

Sosiologi Modern meneliti karya Modern serta struktur sosial di dalamnya. Karya Modern memang memiliki hubungan yang kuat dengan kehidupan masyarakat. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menemukan hubungan antara masyarakat dengan karya Modern, diantaranya memahami aspek kemasyarakatan dalam karya Modern, memahami totalitas karya dengan aspek kemasyarakatannya, memahami latar belakang yang mempengaruhi karya Modern, menganggap bahwa sosiologi Modern memiliki hubungan timbal balik antara Modern dengan masyarakat, serta mencara hubungan independen antara karya Modern dengan interaksi sosial masyarakat.

7. Atmazaki

Atmazaki mengungkapkan tiga unsur yang ada di dalam sosiologi Modern. Unsur yang pertama yaitu konteks sosial pengarang. Unsur ini meninjau latar belakang, kehidupan sosial, profesi, serta lingkungan pengarang akan mempengaruhi karya Modern yang dibuatnya. Unsur kedua yaitu karya Modern merupakan cerminan dari masyarakat yang melatarbelakanginya. Latar belakang ini dapat berupa lingkungan, nilai-nilai, kondisi politik, pendidikan, agama, serta keberagaman masyarakat. Unsur yang ketiga yaitu fungsi Modern. Karya Modern yang dihasilkan merupakan seni yang bermanfaat bagi masyarakat. Antara karya sasta dengan kehidupan masyarakat ada hubungan saling mempengaruhi.

Sponsors Link

8. Pradopo

Sosiologi Modern memperhatikan karya Modern sebagai cerminan dari realitas sosial masyarakat. Tujuan dari studi sosiologi Modern yaitu untuk mengetahui hubungan antara penulis karya Modern, masyarakat, serta dengan karya Modern itu sendiri.

9. Sarah M. Corse

Sosiologi Modern merupakan cabang ilmu yang terus berkembang. Sosiologi Modern memiliki lebih banyak peningkatan peminat dari waktu ke waktu. Hal ini karena peningkatan studi budaya serta metode sosiologi yang mempengaruhinya.

10. Abrams

Tulisan Modern yang ditulis dipengaruhi oleh status kelas, kondisi masyarakat, maupun kehidupan perekonomian di sekitar penulisnya. Aspek-aspek ini dapat terlihat pada keseluruhan cerita tentang karakter tokoh di dalamnya. Karakter-karakter yang digambarkan terkait dengan kondisi di sekitar penulis. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengetahuan penulis mengenai sosiologi sangat berpengaruh pada karya yang ditulisnya.

Demikian penjelasan mengenai macam-macam teori sosiologi Modern menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 24th, August 2018 / 04:33 Oleh :
Kategori : Sosiologi