Sponsors Link

4 Tahap Pembentukan Kepribadian Yang Terjadi Pada Setiap Individu

Sponsors Link

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Dengan kepribadian, seseorang akan dikenal dimasyarakat dan kepribadian juga menentukan jiwa sosial seseorang. Kepribadian akan terbentuk melalui tahapan yang disebut dengan tahap pembentukan kepribadian. Jadi kepribadian tidak langsung ada begitu saja melainkan melalui proses. Dibawah ini adalah pengertian kepribadian menurut para ahli.

ads
  • Cuber – Kepribadian merupakan seluruh sifat yang terlihat dan dapat dilihat oleh seseorang.
  • Gordon W. Allport – Kepribadian merupakan sistem jiwa raga yang bersifat dinamis atau tidak tetap yang dimiliki setiap individu dan akan menentukan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar.
  • Koentjaraningrat – Kepribadian merupakan ciri watak seseorang yang terlihat secara lahir, konsisten dan konsekuen.
  • A.W Bouwer – Kepribadian adalah tingkah laku sosial seseorang yang meliputi kekuatan, dorongan, keinginan, opini maupun sikap.
  • Robert Sutherland – Kepribadian adalah individu dan perilakunya kepada lingkungan masyarakat dan kebudayaan.
  • Theodore R Newcombe – Kepribadian merupakan sikap sikap seseorang yang melatarbelakangi perilakunya.
  • Yinger – Kepribadian adalah seluruh sikap dan perilaku yang dimiliki individu atas kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan instruksi.

Dari paparan para ahli dapat disimpulkan bahwa kepribadian merupakan seluruh sifat atau perilaku seseorang yang terlihat dan digunakan dalam interaksi sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Faktor pembentukan kepribadian individu terdiri atas lima dan setiap individu memiliki hal tersebut. Lima faktor tersebut adalah warisan biologis, lingkungan alam, lingkungan sosial, pengalaman kelompok dan pengalaman unik.

  • Warisan biologis. Warisan biologis adalah apa yang kita dapatkan sejak lahir dan datang dari faktor keturunan. Terlahirnya individu di dunia ini karena adanya orangtua yaitu dua individu yang menyatu. Sehingga apa yang ada pada orangtua akan bercampur dan turun pada sang anak.
  • Warisan lingkungan alam. Alam juga membentuk kepribadian seseorang hal ini karena setiap lingkungan yang berbeda akan menghasilkan respon individu yang juga berbeda beda. Misalnya perbedaan ciri ciri masyarakat pedesaan dan perkotaan. Orang yang tinggal didesa cenderung lebih sederhana dibandingan orang yang tinggal dikota karena disebabkan oleh gaya hidup dan pergaulan.
  • Warisan sosial. Salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial, setiap manusia membutuhkan satu sama lain. Sehingga manusia akan memiliki hubungan dengan manusia, alam, lingkungan sosial maupun kebudayaan setempat. Dengan kebudayaan ini, kepribadian seseorang bisa terpengaruh.
  • Pengalaman kelompok. Ciri-ciri hubungan sosial yaitu individu yang akan tergabung dalam kelompok masyarakat. Dengan membentuk suatu kelompok, kepribadian seseorang bisa berubah karena menyesuaikan dengan kepribadian anggota kelompok lainnya.
  • Pengalaman unik. Setiap orang pasti memiliki pengalaman pribadi yang didapatkan dalam situasi tertentu. Dengan pengalaman pribadi, kepribadian seseorang dapat terbentuk misalnya kebiasaan buruk yang berubah menjadi baik setelah adanya kejadian. Contoh perubahan perilaku manusia yang terjadi biasanya berdasarkan pengalaman yang dihadapi.

Tahap yang Membentuk Kepribadian

Kata kepribadian berasal dari kata pribadi yang berarti diri sendiri. Dalam kamus besar bahasa Indonesia,  kepribadian merupakan sifat seseorang atau menggambarkan sifat dari seorang individu yang tercermin dan membedakannya dengan orang lain. Kepribadian adalah segala sikap, perilaku, cirikhas, emosional, ekspresi yang digambarkan dalam bentuk tindakan sebagi respon terhadap situasi.

Sponsors Link

Kepribadian meliputi tiga unsur yaitu pengetahuan, perasaan dan dorongan naluri. Pengetahuan sebagai unsur kepribadian merupakan proses infividu melakukan penggambaran atas apa yang ditemukan atau yang biasa disebut dengan konsep. Dengan cara ini seorang individu bisa mengetahui apa yang sebelumnya belum pernah diketahui sebelumnya. Perasaan sebagai unsur kepribadian merupakan respon atas apa yang tidak bisa digambarkan secara logis atau melalui pengetahuan yang dimiliki. Dorongan naluri merupakan kesadaran manusia yang dipengaruhi pengerahuan sehingga menimbulkan dorongan dalam jiwa.

Dalam proses pembentukan kepribadian yang bisa terjadi melalui diri sendiri atau melalui lingkungan sosial yaitu proses interaksi sosial, terdapat tahap pembentukan kepribadian mulai dari tahap persiapan hingga penerimaan norma kolektif.

  • Preparatory stage

Preparatory stage merupakan tahap persipan yang terjadi pada individu. Biasanya tahap ini dimulai sejak bayi ketika terjadinya interaksi sosial antara bayi dan keluarganya. Syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya komunikasi. Jadi ketika sedang melakukan komunikasi dengan bayi, disitu letak dimana bayi mempelajari cara berbicara dan lalu berlanjut hingga pada tahap menirukan perilaku.

  • Play stage
Sponsors Link

Play stage merupakan tahap pembentukan kepribadian yang mana anak sudah berada diumur lebih dari 3 tahun. Pada tahap ini anak sudah sangat aktif mengekspresikan diri sesuai dengan apa yang ada pada preparatory stage. Biasanya anak mulai responsive, mulai mengenal dirinya, mengetahui keluarganya dan mempelajari bagaimana bersikap yang semestinya.

  • Game stage

Game stage merupakan tahap pembentukan kepribadian yang mana anak sudah semakin yakin untuk dapat berekspresi. Pada tahap ini, anak mulai berani untuk mencoba hal baru dan mulai mencari siapa dirinya sebenarnya lalu apa yang akan ia lakukan nantinya. Proses interaksi sosial akan sangat membantu pada tahap ini.

  • Generalized other

Tahap pembentukan kepribadian ini adalah tahap penerimaan norma kolektif. Pada tahap ini biasanya individu sudah semakin berani untuk bertindak. Selain itu juga individu mulai memahami betul kondisi lingkungannya sehingga mengetahui bagaimana harus bertindak dalam lingkungan tersebut. Sikap sikap dasar dalam masyarakat sudah ada pada tahap ini.

Demikian beberapa adanya tahapan dari kepribadian bagaimana bisa terbentuk pada setiap individu yang sudah bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Monday 18th, June 2018 / 08:08 Oleh :
Kategori : Sosiologi