Sponsors Link

5 Syarat Utama Terjadinya Aktivitas Sosial di Lingkungan Masyarakat Sekitar

Sponsors Link

Manusia merupakan mahkluk individu. Sebagai mahkluk individu manusia memiliki karakteristik sosialisasi dalam masyarakat, dimana sosialisasi tersebut menghasilkan interaksi-interaksi dengan individu lain. Setiap manusia memiliki tujuan dan kepentingan dalam kehidupannya, sehingga dari interaksi-interaksi sosial yang dilakukan terbentuk suatu aktivitas sosial. Aktivitas sosial merupakan suatu kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam bentuk kelompok, organisasi, atau individu untuk melakukan contoh perubahan sosial cepat. Akan tetapi, tidak semua interaksi antar individu dapat disebut dengan aktivitas sosial.

ads

Syarat Terjadinya Aktivitas Sosial

  1. Adanya Interaksi Sosial

Proses terjadinya interaksi sosial adalah hubungan antar dua individu atau lebih yang akan mengubah, mempengaruhi, serta memperbaiki sikap individu yang lain. Bentuk interaksi sosial antara lain perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disasosiatif.

  • Interaksi Sosial Asosiatif

Interaksi sosial asosiatif merupakan hubungan antar individu, kelompok, atau organisasi yang bersifat positif serta memiliki tujuan bisa menghasilkan persatuan. Contoh interaksi sosial asosiatif yaitu:

  • Pemilihan perangkat desa oleh masyarakat setempat.
  • Ketua organisasi menjadi penengah atau perselisihan antar anggotanya.
  • Lembaga pendidikan mengadakan suatu acara untuk mengumpulkan pelajar dari berbagai suku dan budaya yang berbeda. Dengan tujuan saling mengenal suku dan budaya satu sama lain.
  • Interaksi Sosial Disasosiatif

Interaksi sosial disasosiatif merupakan hubungan antar individu, kelompok, atau organisasi yang bersifat negatif dan cenderung menimbulkan adanya perpecahan. Contoh interaksi sosial disasosiatif:

  • Kelompok supporter sepak bola yang tawuran demi membela tim dukungannya atas dasar supporter yang tidak bisa menerima kekalahan.
  • Mengikuti lomba-lomba yang diadakan untuk menyambut HUT RI.
  • Alasan suatu perusahaan menolak ramalan calon pekerja adalah karena perbedaan ras, suku, dan budaya.
  1. Adanya Komunikasi Sosial

Tujuan komunikasi sosial merupakan proses interaksi antar individu, kelompok, atau organisasi dengan upaya untuk menyampaikan maksud atau tujuan tertentu. Contoh komunikasi sosial:

  • Salah satu anggota kelompok mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dan mengutarakannya pada anggota yang lain. Setelah berbicara mengenai kesulitan, anggota yang lain dapat membantu kesulitan anggota tersebut.
  • Ketua organisasi menjelaskan misi dan visi dalam organisasi dengan jelas agar dipahami oleh semua anggota.
  • Musyawarah pembangunan desa, setiap warga memiliki hak mengemukakan pendapat dan ide. Setiap warga mengutarakan pendapat dan ide yang berbeda-beda. Dalam hal ini. Perangkat desa dan warga harus bisa menerima pendapat dan mempetimbangkan kebijakan tanpa terjadi perselisihan.
  1. Adanya Kesamaan Anstar Individu

Aktivitas sosial terjadi karena suatu kelompok atau organisasi memiliki faktor kesamaan khusus didalamnya. Misalnya kesamaan kebutuhan, kepentingan, dan tujuan. Contohnya:

  • Memiliki kesamaan dukungan terhadap tim sepak bola, terbentuklah kelompok supporter sepak bola.
  • Memiliki visi dan misi yang sama dalam dunia politik, sehingga terbentuklah partai politik.
  • Organisasi Asia Tenggara atau ASEAN terbentuk karena tiap negara memiliki kesamaan nasib.
Sponsors Link

  1. Adanya Struktur Kepemimpinan

Aktivitas sosial akan berjalan jika kelompok atau organisasi memiliki struktur kepemimpinan, dimana setiap anggita memegang peran, fungsi, dan kedudukan masing-masing. Contohnya struktur dalam organisasi kepemimpinan OSIS, ketua OSIS, wakil ketua, bendahara, sekretaris memimiliki peran, fungsi, dan kedudukannya masing-masing.

  1. Adanya Kegiatan yang Dilakukan

Dalam aktivitas sosial terdapat pola perilaku aktif dari individu. Pola perilaku aktif ini disebut dengan kegiatan bersama dalam suatu kelompok. Contohnya:

  • Suatu organisasi yang menggalang dana untuk korban bencana.
  • Masyarakat bergotong royong membangun tempat ibadah di suatu desa.
  • Kelompok masyarakat mengadakan makan bersama anak yatim.

Demikian beberapa syarat untuk aktivitas sosial yang biasa terjadi dimasyarakat yang bisa anda pelajari.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 05th, March 2019 / 03:27 Oleh :
Kategori : Sosiologi