Sponsors Link

3 Syarat-Syarat Pranata Sosial yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya setiap manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan dari manusia yang lain. Selain itu jika manusia hanya hidup sendiri maka mereka akan merasakan rasa kesepian yang sangat menyiksa. Hal ini lah yang mendasari mengapa seseorang lebih suka hidup bermasyarakat daripada memilih untuk hidup sendiri tanpa teman.

ads

Pengertian Pranata Sosial

Karena manusia hidup menjadi satu dan berkumpul dengan manusia lainnya maka munculah sebuah pranata sosial. Pranata sosial adalah sebuah aturan atau sistem norma yang di gunakan untuk mengatur manusia yang hidup di dalam masyarakat. Inilah jenis inovasi yang berdasar dari metode dan proses yang harus Anda ketahui.

Sehingga dengan adanya pranata sosial ini setiap orang tahu bagaimana cara hidup bermasyarakat dan bagaimana cara menghormati orang lain. Coba Anda bayangkan jika di dalam hidup tidak ada norma yang berlaku maka bisa saja setiap orang hidup dengan semaunya sendiri tanpa perlu menghormati orang lain. Beberapa ciri-ciri lembaga keluarga yang harus Anda pelajari.

Biasanya pranata sosial ini di buat dengan persetujuan antar masyarakat agar setiap insan bisa berjalan beriringan dalam kehidupan. Ini juga agar setiap manusia lebih mudah dalam mencari kebutuhan pokok mereka. Seperti contohnya Anda tidak mungkin bisa bercocok tanam sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Ini contoh fasisme yang ada di seluruh negara di dunia.

Syarat-Syarat Pranata Sosial

Tidak semua peraturan yang ada di masyarakat di sebut sebagai pranata sosial. Sebab untuk mewujudkan sebuah pranata sosial harus ada syarat-syarat dari pranata itu sendiri yang di penuhi. Hal ini lah yang kemudian membedakan peraturan biasa dengan pranata sosial yang ada di dalam masyarakat. Adapun syarat-syarat aktifitas di masyarakat bisa di katakan sebagai pranata sosial adalah:

1. Ada tata kelakuan atau aktifitas yang terwujud nari norma-norma yang ada di masyarakat dan tetap adanya adat istiadat di dalam masyarakat yang terjaga.

Arti dari syarat pranata sosial yang pertama ini adalah sebuah kegiatan di dalam masyarakat bisa di katakan sebagai pranata sosial jika kegiatan tersebut berdasar dari norma-norma yang ada. Namun perilaku ini terjadi secara baku ataupun seimbang dan tidak berubah-ubah. Beberapa gejala sosial kenakalan remaja ini harus Anda ketahui agar bisa menanganinya dengan tepat.

Selain tata kelakuan yang baku, di dalam masyarakat juga harus tetap ada adat istiadat masa dahulu yang masih di jalankan hingga saat ini. Adat istiadat di masyarakat ini bisa berupa aturan tertulis maupun tidak tertulis. Beberapa prinsip-prinsip inovasi pendidikan berikut ini haruslah Anda pelajari agar pendidikan bisa lebih maju.

2. Ada kegiatan dari sekelompok manusia yang tetap saling berhubungan menurut dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Norma adalah sistem peraturan yang di buat oleh antar sesama masyarakat dimana norma ini lah yang mengatur tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh di lakukan oleh setiap orang yang hidup bersama di dalam lingkungan masyarakat tersebut. Inilah penyebab kenakalan remaja di masyarakat yang jarang sekali di ketahui oleh orang tua remaja.

Sebuah norma di buat untuk di patuhi bukan untuk di langgar. Sedangkan suatu masyarakat bisa di katakan sudah memiliki pranata sosial jika di dalam masyarakat tersebut terdapat beberapa kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan dan tetap saling berhubungan dengan berdasar norma yang berlaku. Pelajari contoh kelas borjouis dan proletar yang wajib di ketahui ini.

Sponsors Link

3. Terdapat suatu pusat kegiatan yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terntentu namun keberadaannya bisa di maklumi oleh kelompok lain.

Sudah seharusnya di dalam kehidupan bermasyarakat ada pengertian dari setiap individu yang hidup di dalam masyarakat. Karena dari adanya pengertian ini tentu tidak akan ada konflik di dalam masyarakat apalagi konflik yang di sebabkan hanya karena kesalah pahaman biasa saja. Ini perbedaan globalisasi dan werternisasi yang berdasarkan dari contoh di dalam kehidupan.

Jika sudah ada rasa toleransi dan pengertian tentu tidak akan ada lagi konflik yang akan terjadi. Begitupun dengan syarat pranata sosial selanjutnya dimana sebuah kehidupan masyarakat di sebut sebagai pranata sosial jika terdapat sebuah lembaga yang menjadi pusat kegiatan untuk menyediakan berbagai macam barang yang di gunakan oleh masyarakat. Dan kegiatan dari lembaga ini bisa di maklumi oleh kelompok masyarakat yang lainnya.

Sponsors Link

Jenis-Jenis Pranata Sosial

Pranata sosial sendiri terdiri dari berbagai macam bagian pranata, seperti berikut ini.

  1. Pranata agama, pranata agama adalah sebuah pranata yang berperan sebagai pengatur hubungan antar manusia dengan Tuhannya dan antar sesama manusia dalam hal keagamaan.
  2. Pranata politik, pranata politik adalah kegiatan baik yang di lakukan oleh individu maupun kelompok yang berhubungan dengan kekuasaan di masyarakat.
  3. Pranata ekonomi, tipe pranata sosial selanjutnya adalah pranata ekonomi yaitu pranata yang mengatur tentang proses jual beli antar pembeli dan penjual.
  4. Pranata pendidikan
  5. Pranata keluarga

Dari penjelasan di atas bisa di simpulkan jika sebuah pranata tetap mengacu pada norma di dalam masyarakat sehingga syarat-syarat pranata sosial tidak melanggar norma yang berlaku.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 10th, December 2018 / 09:35 Oleh :
Kategori : Sosiologi