Sponsors Link

8 Syarat-syarat Modernisasi yang Perlu Dimiliki Oleh Negara

Sponsors Link

Setiap harinya selalu ada perubahan yang terjadi di dalam kehidupan dunia ini. Perubahan ini mendorong negara untuk bergerak terus semakin maju. Apalagi saat ini, fenomena globalisasi semakin marak terjadi. Dampak globalisasi menyebabkan batas antara kepentingan nasional dengan kepentingan global semakin pudar. Negara perlu untuk mengikuti standar global yang dimiliki untuk dapat terus bertahan dan tidak kalah dari negara lainnya.

ads

Mengikuti proses globalisasi sebagai penyebab modernisasi yang terjadi, negara perlu mengalami sebuah proses yang bernama modernisasi. Perbedaan globalisasi dan modernisasi menunjukkan bahwa modernisasi tidaklah sama dengan globalisasi. Proses modernisasi merupakan sebuah proses perubahan suatu negara dari unsur tradisional menjadi unsur modern yang dianggap lebih maju. Proses ini memberikan perbedaan modernisasi dan tradisional yang semakin jelas. Unsur modern biasanya dilihat dari adanya perkembangan teknologi pada sebuah negara.

Namun, seperti banyak hal lainnya, proses modernisasi dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif. Bagi negara yang memang belum siap untuk mengalami proses modernisasi, proses ini akan terasa terus memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan sebuah negara untuk menghadapi proses ini. Berikut beberapa syarat-syarat modernisasi untuk memastikan kesiapan negara mengalami proses modernisasi.

  1. Masyarakat memiliki cara berpikir yang ilmiah. Cara berpikir yang ilmiah pastilah mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi tindakan yang akan diambil. Oleh karena itu, negara akan membentuk suatu sistem pendidikan yang terencana.
  2. Negara memiliki sistem birokrasi yang baik dan teratur. Setiap orang yang terlibat di dalam sistem birokrasi memiliki semangat kerja yang tinggi. Hal ini akan memberikan dampak modernisasi di bidang ekonomi.
  3. Negara memiliki sistem pengumpulan data yang baik dan resmi, serta terpusat. Pada Indonesia, syarat-syarat modernisasi ini sudah terpenuhi dengan adanya BPS (Badan Pusat Statistik).
  4. Bentuk organisasi yang dimiliki negara memiliki tingkat organisasi yang tinggi dan disiplin, tanpa melanggar Hak Asasi Manusia bagi masyarakat.
  5. Negara memiliki sentralisasi wewenang, terutama dalam melaksanakan perencanaan sosial.  Hal ini diperlukan agar perencanaan benar terlaksana dan memiliki hasil yang diperlukan.
  6. Iklim sosialisasi yang terbentuk menyenangkan bagi masyarakat dengan menggunakan alat komunikasi massa, contohnya media massa atau yang lainnya. Kehendak dan kesenangan masyarakat menjadi prioritas utama. Hal ini tidak terjadi adanya perubahan sosial, seperti perbedaan modernisasi dan perubahan sosial.
  7. Modernisasi tidak mengesampingkan nilai-nilai agama yang dianut pada negara tersebut.
  8. Bersifat lebih umum dan tidak sama dengan westernisasi. Kita tidak boleh lupa bahwa terdapat perbedaan modernisasi dan westernisasi.

Itulah beberapa syarat-syarat modernisasi. Proses modernisasi tidak bisa dijalankan dengan sembarangan tanpa memperhatikan kesiapan negara dan masyarakat. Jika syarat-syarat modernisasi ini tidak terpenuhi, proses modernisasi hanya akan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Proses modernisasi akan digunakan untuk keuntungan sekelompok pihak melalui pemerasan pada masyarakat.

Modernisasi memiliki dampak positif bagi keberlangsungan suatu negara. Negara haruslah dapat bertahan di tengah pergerakan dinamis kehidupan yang terjadi. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat perlu memastikan bahwa negara ini memang siap untuk menjalankan syarat-syarat modernisasi. Mari kita terus mendukung negara kita, Indonesia, untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Dengan begitu, proses modernisasi akan berjalan dengan baik dan dampak positif modernisasi dapat lebih dirasakan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 19th, June 2019 / 06:14 Oleh :
Kategori : Sosiologi