Sponsors Link

6 Syarat Modernisasi yang Harus Dipenuhi Suatu Negara

Sponsors Link

Modernisasi yang terjadi saat ini, merupakan suatu proses yang akan membuat suatu kelompok masyarakat berubah ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Dasarnya adalah setiap kelompok masyarakat tidak bisa hidup secara individual. Masyarakat harus melakukan interaksi dengan masyarakat lainya. Adanya interaksi yang berjalan secara terus menerus akan menyebabkan perubahan yang terjadi secara berangsur, saat itulah terjadi modernisasi.

ads

Masuknya arus modernisasi ini sangat erat kaitanya ciri ciri normal sosial dengan hal yang modern.  Modern berarti terjadi kemajuan secara rasional di berbagai bidang, diikuti dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat itu sendiri, secara merata. Tidak hanya itu, masyarakat yang mengalami modernisasi diharapkan juga memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi nilai peradaban dan pergaulanya di lingkungan masyarakat.

Gejala Modernisasi

Modernisasi yang merupakan suatu proses perubahan yang perlahan tapi pasti, rupanya sudah masuk ke Indonesia sejak lama. Hal ini terbukti dengan kemajuan beberapa bidang penting di tanah air kita ini. Kita seharusnya menyadari, bahwa modernisasi adalah salah satu keinginanan dari mayarakat kita sendiri, yang ingin berubah dari kehidupan yang tradisional menjadi kehidupan yang modern dan dapat mempermudah berjalanya kehidupan masyarakat.

Untuk mengenali modernisasi di Indonesia, kita bisa melihat gejalanya dalam berbagai bidang, seperti berikut:

  • Dalam Bidang IPTEK

Bidang IPTEK menjadi bidang utama yang mengalami modernisasi begitu cepat. Ilmu pengetahuan akan terus mengalami perkembangan, seiring dengan adanya penemuan-penemuan baru oleh para ahli. Begitu juga dengan teknologi, selalu mengalami perubahan menjadi lebih canggih dan bahkan dapat memudahkan aktifitas masyarakat dalam perbedaan tindakan sosial dan interaksi sosial suatu Negara.

Tidak hanya itu, perilaku masyarakat juga dapat berubah seiring adanya perkembangan IPTEK, contoh kecilnya seperti smartphone yang menjadi benda wajib yang harus dibawa kemana saja saat ini. Masyarakat merasa bahwa dengan adanya smartphone, pekerjaan mereka dapat lebih mudah untuk diselesaikan dimana saja. Ini merupakan gejala modernisasi yang paling mudah dikenali.

  • Dalam Bidang Ekonomi  

Mari kita melihat keadaan ekonomi yang telah dimasuki arus modernisasi, gejala yang muncul adalah tingginya permintaan suatu barang produksi di Negara kita, karena masyarakatnya yang menjadi konsumtif. Ada banyak produk yang dibuat dan dijual di Negara kita, tanpa khawatir akan sepi peminat. Hal tersebut tentunya memberikan dampak positif pada perekonomian Negara kita, walaupun memberikan dampak negatif juga.

  • Dalam Bidang Ideologi dan Politik

Gejala modernisasi yang dapat dikenali, jika dilihat dari bidang politik dan ideologi adalah keadaan masyarakat yang sudah semakin memperdalam pengetahuan tentang politik dan ideology, sehingga mereka dapat lebih dewasa dalam berpolitik. Masyarakat sekarang ini akan lebih berfikir objektif dalam memandang keadaan politik di tanah air. Sistem pemerintahan kita juga sudah menjadi demokratis, dimana berbagai hal terkait dengan kebijakan, hukum, serta hak-hak masyarakat, sudah ada lembaga khusus yang menanganinya.

  • Dalam Bidang Agama dan Kepercayaan

Zaman dulu, masyarakat kita sudah menganut kepercayaan yang disebut animisme dan dinamisme. Namun, seiring berjalanya waktu, sudah banyak masyarakat kita yang meninggalkan hal tersebut. Ini berarti, masyarakat sudah memiliki kemajuan dalam hal rasionalitas terhadap ajaran agama yang dianggapnya lebih layak untuk diyakini. Masyarakat yang sudah berpikiran maju, akan lebih tenang untuk memeluk suatu agama yang memiliki bukti nyata kerasionalitasanya, seperti adanya kitab suci atau buku pedoman dalam menjalankan agama tersebut.

Sponsors Link

Proses Modernisasi

Modernisasi memang terjadi melalui proses dalam jangka waktu yang panjang. Itulah sebabnya modernisasi dilakukan secara bertahap dan tidak bisa dilakukan sekaligus. Dalam prosesnya, modernisasi memiliki cakupan yang luas, sehingga jika ada batasan-batasan tertentu keuntungan dan kerugian dari MEA terkadang tidak bisa ditetapkan dengan mutlak.

Sebagai contoh prosesnya, Modernisasi bisa terjadi dalam suatu wilayah yang mencakup hal seperti dilakukanya pemberantasan masyarakat yang mengalami buta huruf. Kemudian, di wilayah lainya, modernisasi dilakukan dengan memulai usaha untuk mengurangi sumber penyakit yang sering mewabahi masyarakatnya, seperti penyakit malaria misalnya, usaha modernisasi yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan DDT pada area rawa-rawa. Hal ini juga terjadi di Indonesia, dimana modernisasi lebih ditekankan pada sektor pertanianya.

Menurut W.W Rostow, modernisasi memiliki beberapa tahapan dalam perkembanganya terhadap masyarakat, tahapan tersebut sebagai berikut :

  • Dimulai dari masyarakat yang masih tradisional, memiliki pemahaman teknologi yang masih sederhana dan dikatakan masih rendah
  • Pro kondisi tinggal landas, dimana masyarakat mulai memasuki dunia pendidikan dan mulai memahami pendidikan sekuler dan faham konsep mobilitas capital
  • Tinggal landas, masyarakat sudah memiliki perkembangan sektor-sektor yang dibutuhkan dengan stabil
  • Memiliki dorongan untuk lebih mapan dalam kehidupan, dengan menstabilkan keadaan ekonomi
  • Memasuki era dimana konsumsi menjadi meningkat dan lebih modern, masyarakat mulai memikirkan hal penting lainya, seperti keamanan, kesejahteraan dan lainya

Ciri-Ciri Modernisasi

ads

Agar lebih mudah dipahami, modernisasi memiliki ciri-ciri yang peran pemerintah daerah dalam mengelola keragaman sosial budaya mudah dikenali oleh masyarakatnya. Ciri-ciri ini dikenali dari 2 aspek, yaitu aspek struktur organisasi sosial dan aspek sosio demografis. Kedua aspek ini menyangkut kehidupan masyarakat di suatu Negara, yang seiring berjalanya waktu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan lebih modern tentunya. Beberapa aspek tersebut adalah :

  • Adanya urbanisasi, perpindahan masyarakat dari desa ke kota untuk mencari penghidupan lebih baik
  • Pendapatan perkapita yang meningkat, karena produksi dan konsumsi meningkat
  • Adanya lembaga kemasyarakatan untuk peradilan masyarakat
  • Terjadinya interaksi sosial antar masyarakat
  • Penjelasan tentang kekuasaan dan wewenang
  • Perubahan norma sosial

Syarat-Syarat Modernisasi

Adanya modernisasi ini merupakan sebuah proses sosial yang sifatnya mencegah agar proses perubahan yang terjadi, tidak mengusik nilai dan norma yang terdapat dalam masyarakat dalam suatu Negara, serta mampu memproyeksikan apa saja yang ada dan cenderung terjadi dalam suatu masyrakat tertentu.

Syarat modernisasi merupakan perencanaan yang dipersiapkan oleh semua lapisan masyarakat di dalam sebuah Negara, untuk memenuhi modernisasi. Tanpa syarat-syarat tersebut, modernisasi akan cukup sulit diterima dan masuk ke suatu Negara. Apa saja syarat-syarat modernisasi itu, berikut selengkapnya:

  • Sistem Administrasi Negara yang Sudah Baik

Sebuah Negara yang modern itu adalah yang memiliki sistem administrasi terbaik. Maksudnya, Negara tersebut harus mewujudkan adanya pelaksanaan birokrasi yang lebih teratur, tertib dan tidak berbelit. Dari mulai melakukan pencatatan even-even penting, hingga merekam semua transaksi yang ada, memerlukan sistem administrasi yang baik dan lengkap terlebih dulu.

  • Cara Berpikir Masyarakat yang Ilmiah (berdasarkan bukti)

Masyrakat yang perlu berfikir ilmiah adalah berfikir berdasarkan pada akal sehat manusia dan nalarnya, juga selalu mempertimbangkanya terlebih dulu dengan beberapa aspek penting, sebelum diwujudkan dalam suatu tindakan. Untuk menjadikan masyarakat yang berfikir secara ilmiah, tentunya sistem pendidikan juga pengajaran harus dibenahi. Masyarakat kita terkadang masih percaya dengan hal-hal yang berbau mistis dan magis, jika bisa dibuktikan secara ilmiah, mungkin itu akan membuat mereka berfikir dengan ilmiah dan modern.

  • Adanya Sistem Pengumpulan Data Terpusat

Setiap hal yang dilakukan dalam suatu Negara, harus berdasarkan data penting yang dipegang oleh lembaga atau badan tertentu di Negara tersebut. Itu berarti, data tersebut harus terkumpul secara terpusat. Data yang seperti itu, merupakan data yang jauh lebih terpercaya dan akurat, yang bersumber dari penelitian yang pernah terjadi.

  • Terciptanya Iklim yang Sesuai

Iklim yang dimaksud dalam hal ini adalah hal yang dibuat sesuai dengan kehendak dari masyarakat di suatu Negara tertentu. Modernisasi yang masuk ke dalam suatu Negara, juga merupakan iklim yang sesuai dengan keinginan masyarakat dan diwujudkan dalam bentuk komunikasi dalam media, pers dan media massa.

Sponsors Link

  • Adanya Tingkat Organisasi yang Tinggi

Sebuah organisasi akan terus berkembang dan menjadi lebih kompleks. Untuk itu, diperlukan anggota-anggota yang lebih maju dalam berbagai hal. Tidak sembarang anggota dapat bergabung untuk bisa merasakan modernisasi dalam organisasi, melainkan dibutuhkan anggota –anggota contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan yang memiliki kedisiplinan tinggi dan juga dedikasi yang tinggi.

  • Terjadinya Sentralisasi  Wewenang dalam Perencanaan Sosial

Perencanaan sosial ini dibutuhkan, agar dapat mewujudkan suatu program yang tepat sasaran dan hasilnya sesuai keinginan masyarakat. Berbagai program tersebut dijalankan untuk menjadikan masyarakat lebih modern, seperti dalam bidang media massa, pengembangan teknologi, regulasi masyarakat dan lain sebagainya.

Syarat-syarat modernisasi di atas, sebaiknya dapat diwujudkan untuk dapat menerima modernisasi secara tepat dan benar. Jika tidak, maka proses modernisasi ini akan dipengaruhi oleh kekuatan dan kepentingan golongan tertentu, yang tidak mendukung untuk kesejahteraan rakyat di suatu Negara.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 01st, May 2018 / 06:19 Oleh :
Kategori : Sosiologi