Sponsors Link

Berikut 9 Syarat Mendirikan Organisasi Sosial yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Organisasi sosial adalah suatu perkumpulan yang sengaja di bangun oleh masyarakat dan organisasi memiliki fungsi untuk wadah aspirasi masyarakat. Organisasi ada yang memiliki badan hukum ataupun yang tidak berbadan hukum dan organisasi sosial dibentuk dengan tujuan-tujuan tertentu. Indonesia memang memiliki banyak sekali organisasi sosial dan organisasi sosial di masyarakat terbentuk dengan berbagai unsur yang ada di lingkungan. Salah satu organisasi sosial yang banyak berkembang dilingkungan masyarakat adalah organisasi pemuda dan tujuan pembentukkannya untuk menyaring aspirasi para pemuda. Untuk mendirikan sebuah organisasi yang memiliki badan hukum yang jelas, dasar hukum yang menjadi acuan yaitu Staatsblad 1870 No. 64 dan undang-undang No.16 Tahun 2001. Berikut ini adalah syarat mendirikan organisasi sosial yang berbadan hukum:

ads

1. Kartu Tanda Penduduk Pendiri

Pada saat ingin memiliki sebuah organisasi yang memiliki badan hukum jelas, langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan kartu tanda penduduk atau KTP pendiri organisasi dan sebagai pendiri, wajib mengetahui tujuan organisasi sosial dibentuk. KTP yang disertakan adalah KTP asli dan masih berlaku. seorang pendiri organisasi harus memiliki pengetahuan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan organisasi dan harus mempelajari detail-detail mengenai sebuah organisasi.

2. Anggaran Dasar

Anggaran dasar harus dimiliki suatu organisasi dan hal ini akan memperjelas berbagai hal yang berkaitan dengan tujuan organisasi. Dalam anggaran dasar ada berbagai hal yang harus dijelaskan seperti maksud dari pembuatan organisasi, tujuan dari organisasi, jangka waktu organisasi dan ada organ organisasi yang jelas. Organ yang baik terdiri dari pendiri organisasi, pembina organisasi, pengurus organisasi dan pihak pengawas dari organisasi. Ada banyak tipe-tipe organisasi sosial yang bisa dijalankan di Indonesia dan berbagai tipe pasti memiliki keunikannya tersendiri.

3. Pendiri

Pendiri dari organisasi juga harus jelas dan jumlahnya tidak ditentukan, karena biasanya pendiri suatu organisasi terdiri dari beberapa pendiri. pendiri harus memiliki tujuan yang sama dan harus memiliki pemikiran yang sama dalam berorganisasi. Salah satu ciri-ciri organisasi sosial yang maju adalah memiliki pendiri yang kuat dan memiliki tujuan yang jelas. Pendiri suatu organisasi harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan harus memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalankan berbagai tugasnya.

4. Surat Keterangan Terdaftar

Surat keterangan terdaftar atau SKT harus diperoleh dari kabupaten atau kota madya dan surat ini sangatlah penting untuk membuat sebuah organisasi berbadan hukum. komunitas atau organisasi memiliki banyak sekali kegunaan dan salah satu manfaat pemberdayaan komunitas adalah untuk mengungkapkan berbagai aspirasi. Surat keterangan ini harus dilampirkan sebagai bukti bahwa organisasi yang didaftarkan sudah mendapat persetujuan dari pihak pemerintahan tingkat kabupaten atau kota madya.

5. Foto Kantor

Siapkanlah beberapa foto kantor organisasi dari berbagai sudut dan semua fotonya di cetak dalam ukuran yang besar minimal A4. Pada bagian depan kantor dilengkapi dengan papan nama dan alamat lengkapnya. Dalam suatu organisasi akan banyak sekali contoh hubungan sosial yang terjalin dan berbagai hubungan sosial anggota organisasi akan berjalan dengan banyak variasi. Foto menjadi bukti bahwa organisasi yang didaftarkan sudah memiliki kantor dan memiliki tingkat kelayakan sebagai sebuah organisasi.

6. Surat Ijin Domisili Kantor

Kantor organisasi yang didaftarkan harus memiliki surat ijin dan dari kelurahan atau kecamatan dan surat ini memiliki peranan yang sangat penting, agar tak ada sengketa lahan kedepannya. Banyak sekali penyebab terjadinya konflik yang diakibatkan oleh lahan yang bermasalah dan dengan adanya surat ijin resmi akan menghindarkan berbagai permasalahan. Sebuah kantor harus memiliki domisili yang jelas dan sebaiknya berada pada wilayah yang strategis, agar berbagai kegiatan keorganisasian akan berjalan dengan baik.

7. Surat Keterangan Aman

Surat keterangan bertujuan untuk memberikan keterangan bahwa di internal organisasi tak ada permasalahan seperti multi kepengurusan dan surat keterangan ini harus ditanda tangani diatas materai 6.000. Ada banyak sekali perbedaan organisasi dan lembaga sosial yang ada di masyarakat. Surat keterangan organisasi menjadi bukti bahwa organisasi yang didaftarkan memiliki kepengurusan yang baik. Keamanan dalam suatu organisasi sangatlah penting, karena organisasi yang sedang konflik tidak layak untuk didaftarkan dalam sebuah badan hukum.

Sponsors Link

8. Surat Keterangan Tidak Berhubungan

Surat keterangan ini dibuat untuk membuktikan bahwa organisasi tidak memiliki hubungan dengan partai politik dan tidak menggunakan lambang garuda sebagai lambang organisasi. Logo menjadi sebuah hal penting dalam organisasi, karena menjadi pertanda atau pembeda dengan organisasi lainnya dan dengan logo yang baik, sebuah organisasi akan mudah terkenal di masyarakat. Organisasi harus berdiri sendiri, tanpa adanya campur tangan dari kepentingan partai politik.

9. Data Keuangan

Sebuah organisasi harus memiliki data keuangan yang jelas dan harus memiliki perincian keuangan yang matang. Hal ini perlu dilakukan, agar organisasi tidak diselewengkan dan dipergunakan untuk hal-hal yang sifatnya pribadi. Pengurus organisasi harus memiliki tingkat kejujuran yang tinggi dan harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar, dalam menjalankan organisasi.

Demikian ulasan lengkap mengenai syarat mendirikan organisasi sosial dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Monday 17th, June 2019 / 01:44 Oleh :
Kategori : Pendidikan