Sponsors Link

Subordinasi Dalam Hukum: Pengertian, Contoh dan Jenisnya

Sponsors Link

Selamat datang kembali di materiips.com. Tempat dimana Anda bisa menemukan banyak sekali materi dan submateri yang berkaitan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga Anda bisa lebih mudah memahami. Di artikel-artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang perbedaan mendasar imitasi dan identifikasi.

ads

Kemudian kita sudah pernah mengulas tentang contoh hubungan sosial dalam berlangsungnya kehidupan masyarakat. Untuk itu kita perlu mengetahui syarat terbentuknya hubungan sosial. Dalam proses interaksi sosial, kita mengenal adanya subordinasi dalam hukum. Beberapa orang mengaitkan kedua hal tersebut sebagai hal yang sama; subordinasi dalam hukum. Apakah dua hal tersebut benar-benar hal yang sama? Untuk itu, kita perlu mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut.

1. Pengertian

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, subordinasi dalam hukum memiliki makna-makna di bawah berikut :

  • Kedudukan bawahan (terutama dalam kemiliteran)
  • Penggabungan dua unsur gramatikal dengan cara sedemikian rupa sehingga yang satu terikat kepada yang lain; hubungan antara klausa terikaCot dan klausa bebas dalam sebuah kalimat;

Sedangkan dalam sosiologi, subordinasi dalam hukum berarti suatu penilaian atau anggapan bahwa suatu peran yang dilakukan oleh satu jenis kelamin lebih rendah dari yang lain.

Sedangkan kompromi, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki makna sebagai berikut :

“persetujuan dengan jalan damai atau saling mengurangi tuntutan (tentang persengketaan dan sebagainya)”

Dalam sosiologi, kompromi berarti upaya untuk memperoleh kesepakatan di antara dua pihak yang saling berbeda pendapat atau pihak yang berselisih paham.

2. Contoh

Subordinasi dalam hukum dapat dilihat dengan adanya nilai-nilai yang berlaku di contoh pola sosial dalam kehidupan masyarakat. Dimana nilai-nilai tersebut  telah memisahkan dan memilah-milah peran-peran gender, yaitu laki-laki dan perempuan. Biasanya perempuan mempunyai peran dalam beberapa urusan dalam domestik/reproduksi ini menjadi perempuan sering menjadi tanggungjawab. Contohnya seperti sedikitnya jumlah wakil rakyat perempuan di lembaga pemerintahan, baik itu legislatif, eksekutif atau yudikatif. Dan upah yang diterima perempuan lebih sedikit dibandingkan laki-laki.

Sedangkan kompromi merupakan cara penyelesaian perbedaan diantara individu atau kelompok (bisa juga antara individu dengan kelompok). Tujuan kompromi adalah untuk mencapai kesepakatan diantara kedua belah pihak yang berseberangan. Contohnya seperti ini : Dalam sebuah rumah, sang Ayah mau menonton pertandingan sepakbola yang disiarkan di salah satu saluran televisi. Sedangkan sang Ibu ingin menonton sinetron yang bertepatan dengan jam pertandingan sepakbola. Untuk menghindari terjadinya bentuk-bentuk konflik sosial, maka mereka sepakat untuk menonton bergantian; ketika iklan disiarkan, maka dapat diganti dengan saluran televisi yang diinginkan.

3. Jenis

Menurut Simmel, ada beberapa macam subordinasi dalam hukum:

  • Subordinasi dalam hukum melalui penyamarataan. Dalam hal ini, pihak yang melakukan subordinasi menghilangkan kesenjangan antar subordinat sehingga kedudukan mereka sama.
  • Subordinasi dalam hukum melalui gradasi. Artinya, pelaku subordinasi dalam hukum melakukan pemantapan atau pembiaran atas adanya jenjang dan kekuasaan tersebut. Misalnya diantara banyak subordinat ada yang diperlakukan istimewa dibandingkan dengan yang lain.

Itulah beberapa adanya dari perbedaan yang sudah dijelaskan dalam subordinasi dalam hukum dan kompromi yang bisa mudah anda bedakan dengan mudah.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 02nd, July 2018 / 07:44 Oleh :
Kategori : Hukum