Sponsors Link

6 Sikap Kritis Dalam Menghadapi Ketimpangan Sosial Di Masyarakat

Sponsors Link

Ketimpangan sosial adalah suatu kondisi yang terjadi di Indonesia dan penyebab utama adanya ketimpangan sosial adalah banyaknya masyarakat yang menjadi pengangguran. Ketimpangan sosial seringkali terjadi antara masyarakat daerah dengan masyarakat kota dan dampak kesenjangan sosial seringkali membuat tingginya urbanisasi. Dengan tingkat urbanisasi yang besar akan membuat penumpukan penduduk di daerah perkotaan dan hal ini akan membuat kondisi penyebaran penduduk menjadi tidak merata. Berikut ini adalah sikap kritis dalam menghadapi ketimpangan sosial:

ads

1. Mengetahui Sebab Timbulnya Ketimpangan Sosial

Salah satu sikap kritis yang dilakukan masyarakat untuk menghadapi ketimpangan sosial adalah dengan mencari tau apa saja faktor ketimpangan sosial dan mengetahui berbagai penyebab terjadinya ketimpangan sosial di masyarakat. Ketimpangan sosial menjadi sebuah permasalahan yang harus dipecahkan di Indonesia, karena dapat berakibat pada permasalahan yang semakin membesar dan akan berdampak pada timbulnya kejahatan sosial di lingkungan masyarakat.

2. Mengetahui Siapa Penyebab Ketimpangan Sosial

Sikap kritis terhadap ketimpangan sosial dapat terlihat dari upaya mencari tau siapa aktor penyebab ketimpangan sosial dan cari tau bentuk-bentuk ketimpangan sosial yang seringkali terjadi. Dengan mengetahui siapa penyebabnya akan mempermudah untuk mengatasi masalah ini dan ketimpangan sosial menjadi permasalahan yang harus dipecahkan sama-sama dengan sikap masyarakat yang kritis.

3. Mengetahui Efek Ketimpangan Sosial

Sebagai warga negara yang baik dan memiliki kepedulian tinggi terhadap kehidupan sosial bisa dimulai dengan mencari tau berbagai efek yang bisa saja ditimbulkan dari ketimpangan sosial yang terjadi. Salah satu contoh ketimpangan sosial yang memiliki efek besar bagi hilangnya budaya masyarakat lokal dan budaya asing akan cenderung lebih mendominasi. Sikap kritis masyarakat yang mencari tau efek ketimpangan sosial akan membuat adanya keseimbangan sosial yang terjadi di lingkungan.

4. Mengetahui Kerugian Yang Dihasilkan Dari Ketimpangan Sosial

Sikap kritis memang diperlukan masyarakat untuk mengetahui kerugian yang ditimbulkan dari adanya ketimpangan sosial dan semakin kritis masyarakat akan semakin baik pula stabilitas lingkungan. Salah satu upaya mengatasi ketimpangan sosial bisa dilakukan dengan bersikap kritis dan ketimpangan sosial harus secepatnya dihilangkan agar kondisi masyarakat tetap terjaga. Dengan ketimpangan sosial seringkali ada konflik yang terjadi dan skala konflik yang terjadi tak dapat diprediksi.

5. Cara Menyelesaikan Permasalahan

Salah satu ciri masyarakat yang kritis adalah mencari tau bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ketimpangan sosial dan kondisi ini akan berdampak baik bagi stabilitas sosial di lingkungan. Banyak contoh ketimpangan sosial yang sering terjadi di masyarakat dan hal ini seringkali menimbulkan berbagai macam konflik. Banyak penyebab terjadinya konflik yang sering terjadi dan hal ini harus segera diatasi agar tak berdampak pada konflik yang lebih meluas.

6. Mengetahui Upaya Pencegahan

Dengan mengetahui upaya pencegahan dalam menghadapi ketimpangan sosial menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan dan berbagai dampak yang bisa terjadi, dapat dicegah secepat mungkin sebelum memberikan sebuah dampak. Hal ini menjadi sikap kritis yang sangat bermanfaat dan dapat menjaga terjadinya ketimpangan sosial di masyarakat.

Demikian ulasan lengkap mengenai sikap kritis dalam menghadapi ketimpangan sosial dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, April 2019 / 00:03 Oleh :
Kategori : Sosiologi