Sponsors Link

Sifat Sifat Pelapisan Sosial Dalam Sudut Pandangan Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Kehidupan sosial tidak akan terlepas dari suasana bermasyarakat dan bertegur sapa dengan orang lain. Dalam kehidupan selalu ada saja penyebab suatu konflik dalam lingkungan masyarakat. Tidak hanya itu, bahkan suatu konflik bisa terjadi dalam diri sendiri. Konflik juga bisa terjadi dengan sesama manusia. Bahkan jika hal tersebut adalah masalah sepele, bisa menjadi sebuah pemicu konflik. Kehidupan sosial tidak akan terlepas dari keragaman budaya dan adat yang berbeda-beda namun tetap bersahabat. Dengan adanya rasa toleransi yang tinggi antar sesama manusia, menjadikan kehidupan bermasyarakat akan menjadi suatu yang lebih indah.

ads

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu pasti ada sifat-sifat sosial setiap manusia. Sifat hubungan sosial dalam masyarakat akan selalu tercipta setiap saat. Dengan adanya hubungan sosial yang baik, kehidupan bermasyarakat akan damai dan tenang ketika tidak ada yang memicu suatu pertikaian. Masyarakat sosial harus mengetahui gejala sosial yang bisa terjadi di masyarakat untuk menghindari dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada kenyataannya, kehidupan bermasyarakat memiliki beberapa sifat sifat pelapisan sosial. Pelapisan sosial bisa dikatakan sebagai stratifikasi sosial. Dimana, pelapisan sosial atau stratifikasi sosial adalah pengelompokan individu-individu tertentu sesuai dengan kelas-kelas sosial mereka. Sehingga dengan adanya pengelompokan tersebut, masing-masing individu bisa saja mendapatkan hak dan kewajiban yang berbeda dengan kelompok sosial lainnya. Pelapisan sosial bisa dikatakan sebagai hal yang positif dan negatif.

Pelapisan Sosial Sudut Pandang Positif:

Pelapisan sosial yang dilihat dari sudut pandang positif memiliki makna atau tujuan tersendiri. Dengan adanya pelapisan sosial, maka akan lebih mudah dalam menentukan tujuan bersama. Hal ini didasarkan pada suatu tujuan yang dibentuk untuk dipenuhi atau dicapai yang membutuhkan kerjasama dari berbagai kelompok sosial. Hal ini akan lebih mudah untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati bersama tersebut.

Pelapisan Sosial Sudut Pandang Negatif:

Pelapisan sosial sangat bisa menimbulkan berbagai perbedaan pendapat dan bisa berakhir menjadi suatu konflik dalam suatu organisasi atau kelompok masyarakat. Jika tidak adanya penanganan  masalah atau kasus degan tanggap, konflik akan terus berlanjut dan dapat memperburuk hubungan sosial dalam masyarakat.

Perbedaan yang diklasifikasikan kedalam masing-masing kelompok sosial akan menimbulkan sikap iri hati dengan kelompok lainnya. Hal tersebut bisa menjadikan salah satu penyebab adanya konflik dalam masyarakat atau bahkan organisasi.

Terlepas dari pemikiran dari berbagai sudut pandang tersebut, sifat-sifat pelapisan sosial bisa dikategorikan atau dibagi menjadi beberapa hal yaitu:

  1. Pelapisan Sosial Terbuka atau Stratifikasi Sosial Terbuka

Pelapisan sosial terbuka adalah pengelompokan sistem kelas sosial yang bisa berubah kapan saja. perubahan yang terjadi dikarenakan masing-masing individu akan bersaing untuk mendapatkan kelompok kelas sosial yang merekka inginkan. Perubahan yang terjadi karena adanya usaha dari masing-masing individu untuk mengubah pengelompokan status mereka.

Dengan adanya perubahan tersebut, masing-masing individu berkesempatan untuk menjadi kelompok-kelompok sosial yang mereka inginkan. Dengan adanya hal tersebut, persaingan yang akan terjadi akan semakin bertambah. Pelapisan sosial terbuka tidak didasarkan pada keturunan, karena setiap individu pasti akan memiliki tujuan dan cita-cita yang berbeda dengan individu lainnya.

Sponsors Link

Oleh karena itu, pelapisan sosial terbuka ada dalam masyarakat untuk mengatasi permasalahan dalam masyarakat. Dimana, tidak selalu seseorang yang lahir dari orang yang memiliki jabatan tertentu, seseorang tersebut akan mengikuti jejak orang tuanya. Hal tersebut tidak bisa dipaksakan karena merupakan kehendak atau cita-cita masing-masing individu akan berbeda dan tidak selalu sama dengan profesi orang tuanya.

  1. Pelapisan Sosial Tertutup atau Stratifikasi Sosial Tertutup

Pelapisan sosial tertutup adalah pengelompokan sistem kelas sosial tidak bisa diubah dalam kondisi apapun. Pelapisan sosial tertutup merupakan pengelompokan yang unik dan tidak bisa diubah-ubah jenisnya. Seseorang tidak akan bisa merubah kelas sosialnya jika mereka berada pada jenis pelapisan sosial yang tertutup. Dengan adanya pelapisan sosial tertutup, kesempatan masyarakat tidak akan ada lagi dikarenakan status sosial dalam masing-masing kelas sudah ditentukan dan tidak bisa diubah sesuai dengan kemampuan dan usaha.

Sponsors Link

Meskipun pada dasarnya seseorang yang ingin mengubah pelapisan sosial tertutup telah memiliki usaha yang cukup besar. Pelapisan sosial tertutup biasanya terjadi pada kaum barat. Misalnya, kehidupan kerajaan akan berbeda dengan kehidupan masyarakat biasa di negara yang lain. Dengan adanya kehidupan kerajaan, maka status sosial sangat berpengaruh dan termasuk dalam salah satu sifat-sifat pelapisan sosial yaitu pelapisan sosial tertutup.

Dengan adanya status kerajaan, seseorang tidak bisa dengan mudah untuk mengubah status sosial mereka. Dengan adanya hal tersebut, biasanya seseorang yang telah lahir dari kalangan bangsawan atau keluarga kerajaan akan memiliki status sosial sebagai pangeran atau keluarga kerajaan, sehingga rakyat biasa tidak bisa serta merta dalam mengganti status sosial yang ada.

Dengan adanya status sosial, kehidupan masyarakat akan mengikuti kebijakan atau aturan yang berlaku dalam suatu wilayah. Perbedaan aturan bisa saja menyebabkan perbedaan tingkah laku dan status sosial yang berlaku dalam lingkungan tersebut. Dengan adanya pelapisan sosial, kehidupan masyarakat akan lebih teratur jika semua orang menjalankan tugas dan kewajibannya dengan cara yang benar dan tidak menyalahi aturan yang berlaku. Oleh karena itu, sifat-sifat pelapisan sosial dalam kehidupan bermasyarakat sangat penting untuk ada dikarenakan bisa digunakan untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati bersama.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 04:47 Oleh :
Kategori : Sosiologi