Sponsors Link

Proses Terbentuknya Pelapisan Sosial di Masyarakat yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Pelapisan sosial adalah penggolongan yang terjadi di masyarakat dimana penggolongan ini merupakan pembeda tentang setiap lapisan masyarakat. Contohnya di dalam suatu kumpulan masyarakat terdapat orang dengan penghasilan yang lebih tinggi, beberapa orang berpenghasilan menengah, dan beberapa kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Maka tanpa sadar akan terjadi penggolongan tersendiri untuk setiap penghasilan masyarakat.

ads

Pengertian Pelapisan Sosial Menurut Beberapa Ahli

Karena pelapisan sosial pasti ada di dalam masyarakat maka beberapa ahli pun mengungkapkan pendapat mereka tentang pengertian pelapisan sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Adapun pendapat para ahli tentang pengertian pelapisan sosial adalah seperti berikut ini.

  • Pendapat Pitirim A Sorokin

Menurut Pitirim A Sorokin, pelapisan sosial adalah pembeda masyarakat yang di kelompokan menjadi kelas atau tingkat tertentu sehingga terciptalah sebuah hierarki atau tingkatan di dalam anggota masyarakat. Inilah perbedaan konsumerisme dan hedonisme yang harus Anda ketahui apalagi bagi Anda yang menempuh pendidikan di bidang ilmu ekoonomi.

  • Pendapat P.J Bouman

Sedangkan P.J Bouman berpendapat jika pelapisan sosial yaitu setiap kelompok masyarakat dengan tingkatan tertentu dan hal ini di tandai dengan bagaimana setiap kelompok masyarakat tersebut menjalani kehidupan beserta dengan hak-hak istimewa yang di dapat oleh suatu kelompok masyarakat tersebut. Ternyata pelaku konsumerisme memiliki faktor penyebab perilaku konsumerisme.

Contoh lain dari bentuk pelapisan sosial adalah jika di antara masyarakat ada orang yang lebih di hormati di bandingkan dengan masyarakat yang lain. Biasanya kelompok masyarakat yang lebih di hormati di dalam masyarakat adalah mereka yang merupakan seorang pemuka agama ataupun seseorang yang memiliki jabatan khusus di dalam masyarakat seperti ketua RT ataupun kepala desa. Beberapa penyebab hedonisme berdasarkan faktor internal dan juga eksternal.

Proses Terbentuknya Pelapisan Sosial

Setiap proses sosial selalu ada di masyarakat namun ternyata ada beberapa proses terbentuknya pelapisan sosial itu sendiri. Ada pelapisan sosial yang terbentuk secara alami lalu kemudian berbaur di masyarakat namun ada juga pelapisan sosial yang terbentuknya memang di sengaja. Adapun penjelasan tentang proses terbentuknya pelapisan sosial adalah:

  • Proses terbentuknya pelapisan sosial dengan di sengaja

Indonesia adalah negara demokrasi dimana masyarakat yang menentukan tentang hukum yang berlaku dan di setujui melalui proses permusyawarahan bersama. Meskipun sebagian besar peraturan di buat oleh masyarakat namun di dalam kelompok masyarakat haruslah terdapat seorang pemimpin. Inilah perbedaan kreatif dengan inovatif yang jarang orang ketahui. Keberadaan pemimpin di dalam suatu kelompok masyarakat berguna untuk menjaga keteraturan hidup bermasyarakat. Dan tentunya pemimpin ini selalu di hormati oleh warga serta mendapatkan hak istimewa tersendiri sebagai seorang pemimpin masyarakat.

Fungsi bahasa daerah yang harus Anda ketahui sebab banyak kaula muda yang mengabaikan hal ini. Karena beberapa orang yang menjadi penting di masyarakat dan mendapatkan beberapa hak istimewa yang tidak di dapatkan oleh masyarakat yang lain dan menimbulkan terjadinya pelapisan sosial. Ini termasuk ke dalam pelapisan sosial yang di sengaja sebab proses terbentuknya memang di inginkan oleh kelompok masyarakat tersebut. Karakteristik sosiologi pendidikan ini sangatlah penting. Pelapisan sosial yang terbentuk karena di sengaja memiliki dua sistem, yaitu:

1. Sistem scalar

Sistem scalar adalah pelapisan sosial di masyarakat yang terjadi akibat pembagian kekuasaan dari bawah menuju ke atas atau bisa di bilang vertikal. Sehingga ada masyarakat yang berada di bawah, di tengah, dan di tangga paling atas. Ini perbedaan resosialisasi dengan sosialisasi.

2. Sistem fungsional

Sedangkan sistem fungsional adalah pelapisan sosial yang terjadi karena di sengaja dan pembagian setiap lapisan memang di tentukan oleh kebijakan masyarakat tersebut.

  • Proses terbentuknya pelapisan sosial secara alami

Pelapisan sosial tidak hanya bisa terbuat dengan sengaja namun juga bisa terbentuk secara alami. Biasanya pelapisan ini terjadi begitu saja di dalam masyarakat tanpa di rencanakan terlebih dahulu. Sehingga tanpa di sadari oleh masyarakat lainnya bisa muncul sebuah penggolongan tersendiri antar sesama warga. Baik itu penggolongan berdasarkan peranannya di masyarakat ataupun berdasarkan tingkat materi yang ia miliki.

Biasanya pelapisan sosial yang terjadi secara alami ini terjadi bergantung pada waktu dan tempat. Sehingga setiap daerah memiliki pelapisan sosialnya sendiri-sendiri dan tentu saja berbeda dengan pelapisan sosial yang ada di daerah lainnya. Bisa saja di tempat Anda pelapisan sosial yang terjadi karena ada masyarakat yang lebih berilmu namun di tempat lain terjadi pelapisan sosial karena materi.

Tipe-Tipe Pelapisan Sosial

Selain ada proses terbentuknya pelapisan sosial yang berbeda, pelapisan sosial juga di bagi menjadi beberapa jenis. Adapun tipe-tipe dari pelapisan sosial adalah:

  • Pelapisan sosial tertutup, sistem pelapisan sosial tertutup adalah sebuah pelapisan sosial di masyarakat yang terjadi akibat adanya kelahiran. Contoh seorang raja yang memiliki putra nantinya putra tersebut yang menjadi raja selanjutnya bukan anggota masyarakat yang lain.
  • Pelapisan sosial terbuka, sedangkan pelapisan sosial terbuka memungkinkan setiap masyarakat menempati kedudukan yang lebih tinggi.
  • Pelapisan sosial campuran, dan pelapisan sosial campuran adalah pembeda di masyarakat yang bisa di pengaruhi karena kasta dan juga materi yang di miliki seseorang.

Nah itu tadi beberapa proses terbentuknya pelapisan sosial yang harus Anda ketahui.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 21st, December 2018 / 08:34 Oleh :
Kategori : Sosiologi