Sponsors Link

4 Prinsip-Prinsip PBB yang Penting untuk Dipahami

Sponsors Link

Perserikan bangsa-bangsa atau lebih dikenal dengan nama PBB. Merupakan sebuah organisasi dunia yang bergerak bertujuan untuk menjaga perdamaian dunia. Perdamaian merupakan sesuatu yang penting untuk diperjuangkan. Sebab dengan perdamainan inilah yang akan menjadikan kehidupan warga bangsa menjadi tentram dan damai. Melalui perdamamainan juga akan membantu bangsa untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada. perdamaian pulalah yang akan mewujudkan bentuk-bentuk kerjasama internasional.

ads

Dapat dibayangkan ketika suatu bangsa tanpa adanya perdamaian. Misalnya bermusuhan dengan bangsa serumpun. Hidup masyarakat akan terusik karena bisa jadi akan terjadi perang. Perang pada akhirnya tidak menguntungkan justru akan merugikan kedua belah pihak dan perubahan sosial cepat di masyarakat. Tenggok saja beberapa negara di timur tengah yang minim perdamaiaan banyak korban tidak saja manusia tetapi juga harta benda. Di sinilah kehadiran PBB (perserikatan bangsa-bangsa) begitu diperlukan. Karena akan menjadi semacam pihak ketika yang bisa menyatuhkan untuk kembali berdamai. Tidak saja itu, PBB juga berperan untuk menjaga perdamaian bangsa-bangsa yang ada di dunia ini.

Piagam pertama yang menjadi dasar tersebut adalah piagam Atlantik. Adapun isi dari piagam tersebut sebagai betikut;

  1. Negara suatu bangsa tidak diperkenankan untuk melakukan perluasan wilayah. Sebab dengan perluasan inilah yang akan menimbulkan konflik dan dampak masalah sosial antar bangsa lain. Jelas tujuannya adalah untuk menjaga perdamaian antar bangsa.
  2. Perdangangan Internasional bebas diikuti oleh suatu bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa PBB ingin memberikan kesempatan yang luas kepada suatu bangsa tidak saja ikut serta dalam perdangan. Melainkan mengembangkan perekomomian, karena dengan ekonomi yang baik akan mampu membangun bangsa yang kokoh da mampu mengatasi hambatan perdagangan internasional.
  3. Mengusahakan perdamaian setiap bangsa. PBB dalam tugasnya selalu bersiap untuk memberikan jalan untuk damai kepada bangsa manapun. Terlebih bangsa itu sedang dirundung masalah konflik yang berkepanjangan.
  4. Tidak ada jalan kekerasan dalam penyelesaian. PBB sebagai organisai induk perdamaian dunia selalu menolak untuk melakukan perdamaian dengan jalan kekerasa, memaksa bangsa yang berselisih, atau memberikan tekanan lain. Dengan jalan perdamaian inilah yang nantinya mampu mengerakkan Manfaat Perdagangan Internasional, sebab akan terjalin kerja sama yang baik.

Tujuan Pembentukan PBB selain untuk perdamaian dunia

  1. Mengembangkan hubungan persabatan antar bangsa. Karena persahabatan ini memiliki keuntungan lebih dan sebagai ciri-ciri negara maju. PBB memhami bahwa dengan menjalin hubungan persabatan inilah yang banyak mendatangkan keuntungan.
  2. Kerja sama secara internasional. Kerja sama ini bertujuan untuk menyelesaian masalah sosial, ekonomi, dan kemanusiaan. Dengan adanya organiasai PBB mampu diselesaikan permasalah tersebut secara bersama-sama. Seperti contoh hidup rukungotong-royong dalam masyarakat Indonesia.
  3. Mendukung kebebasan atau hak asasi manusia. Setiap manusia dalam sebuah bangsa memiliki hak-hak asasinya. Hal ini akan dapat terpenuhi jika terjalinnya kerja sama dan hubungan perdamian antar bangsa. Inilah yang disadari oleh PBB sehingga terbentuknya organisasi perdamian bangsa-bangsa.

Prinsip PBB

Setelah memahami akan sekilas tentang organisasai perserikan bangsa-bangsa (PBB), tugas, dan tujuan dibentuknya. Selanjutnya mengetahui akan prinsip-prinsipnya, terlebih kita sebagai anggota organisasi perdamian dunia ini.

1. Prinsip-prinsip PBB pertama adalah menyelesaikan perselisihan secara damai

Sponsors Link

PBB sebagai salah satu organisasi induk perdamaian dunia menekankan prinsip damai untuk menyelesaikan permasalah. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa takut dan cemas kepada warga suatu bangsa yang berselisih. Sebab perselisihan yang dihadapi sudah menimbulka rasa takut dan cemas, terlebih untuk mendapatkan perdamaian harus dengan jalan kekerasan. Pertimbangan sisi kemanusiaan dalam hal ini sangat ditekankan.

2. Prinsip kedua berupa negara dalam anggota tidak boleh ikut campu dalam perdamian, harus melalu PBB

Tujuan dari prinsip ini jelas untuk memberikan rasa aman kepada bangsa yang berselisih. Sebab ketika bangsa tertentu melalukan ikut campur dalam perdamaian, yang ditakutkan memiliki tujuan lain. Mungkin tujuan ini dapat berupa ingin mengambil alih bangsa itu sendiri, ingin mengeruk kekayaan, dan adanya politik balas budi. Sebab jalan ini mungkin dapat menyelesaikan permasalah, tetapi pada akhinya dapat menimbulkan permasalahan.

3. Prinsip PBB selanjutnya adalah setiap anggota bangsa harus memiliki kedualatan yang sederajat

Sponsors Link

Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi suatu bangsa. Melalui kedaulatan inilah yang akan menentukan keberhasilan bangsa untuk membangun bangsa. Dalam kaitan ini rakyat yang menjadi faktor utamanya. PBB mengusahakan adanya sederajat untuk menghilangkan kesejangan. Kita ketahui kesenjangan inilah yang dapat menimbulkan konflik atau perselisih. Jelas dalam kaitan ini PBB ingin mengupayakan perdamaian dalam tubuh anggotanya itu sendiri.

4. Mematuhi Piagam PBB

Piagam PBB inilah yang menjadi dasar untuk mengatur setiap anggoranya. Ibarat sebuah sekolah paigam merupakan tata terbitnya. Dengan mematuhi diharapkan mampu memberikan bersingergi dan bisa bersatu. Bayangkan sebagai organisasi untuk perdamaian dunia kalau tidak patuh aturan di dalamnya.

Sebenarnya Perserikatan bangsa-bangsa yang memiliki tujuan mulia ini didirikan 24 Oktober 1945 di San Fransisco Amerika Serikat, yang melalu proses panjang untuk membentuknya. Konfresi pertama yang dilakukan di Washinten Dc diikuti kurang lebih sebanyak 50 peserta anggota PBB. Kemudian terceruslah piagam pertama yang menjadi dasar dari PBB itu sendiri. Dasar inilah yang sampai saat ini dijadikan patokan dan pedoman untuk menjaga, mengawal dan mengatur bangsa-bangsa yang ada di dunia. Dasar yang tentu mengikat seluruh anggota dari perserikatan bangsa-bangsa itu sendiri. Melalui dasar inilah yang mampu menjadikan dunia lebih damai dan tentram saling hidup berdampingan.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 27th, June 2018 / 08:18 Oleh :
Kategori : Sejarah