Sponsors Link

11 Prinsip-Prinsip Inovasi Pendidikan di Indonesia yang Harus Dipahami

Sponsors Link

Inovasi adalah suatu pengembangan yang bersifat baru dan memberikan dampak atau nilai tambah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak serta-merta dapat terbentuk dengan sendirinya. Kita haru memahami ciri-ciri inovasi terlebih dahulu. Seseorang harus memiliki kemampuan dan kepercayaan diri yang tinggi. Oleh karena itu, penting juga jika lingkungan dapat mendukungnya.

ads

Dukungan dari lingkungan dapat berupa respon positif dari orang-orang sekitar yang berniat untuk membuat inovasi. Karena jika usahanya diremehkan, beberapa orang bisa jadi kehilangan kepercayaan diri. Kemudian berhenti mengembangkan kemampuannya dalam membuat inovasi. Padahal inovasi adalah usaha negara berkembang untuk menjadi negara maju. Maka dari itu, ada beberapa hal lain yang penting untuk diperhatikan, yaitu  prinsip-prinsip inovasi.

Prinsip-Prinsip Inovasi

Prinsip-prinsip inovasi harus dipahami oleh inovator agar inovasinya memiliki kerangka yang kokoh. Jika sudah begitu, manfaat yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari juga akan semakin baik. Karena inovasi merupakan salah satu contoh gerakan sosial. Simak dan pahami prinsip-prinsip inovasi pendidikan berikut ya:

  1. Melakukan analisis

Seperti ciri penelitian sosial, analisis juga menjadi dasar dari suatu pengembangan. Tujuannya agar inovasi yang kita bentuk nantinya akan terarah dengan baik, sesuai dengan yang diharapkan. Jangan malas ya, dalam membuat suatu inovasi, kamu memang harus memilki kemampuan analisis. Kuat atau tidaknya hasil analisismu, itu juga perlu dikembangkan. Jadi berlatihlah untuk melakukan analisis.

  1. Konseptual dan perseptual

Pada dasarnya inovasi dapat terbentuk karena adanya keinginan untuk mengembangkan sesuatu. Selain mampu melakukan analisis, inovator juga harus membuat konsep dan persepsi agar output atau inovasinya nanti semakin terarah. Oleh karena itu, diperlukan sifat konseptual dan perseptual yang dimiliki oleh inovator. Konseptual dan perseptual di sini menjadi dasar dari setiap hal berinovasi yang dilahirkan nantinya.

  1. Tujuan yang pasti

Jika konsep dan persepsi sudah terbentuk, kamu perlu menentukan tujuan yang pasti. Tujuan ini juga dibutuhkan untuk melakukan analisis pengembangan inovasi. Adanya tujuan akan mempersingkat waktu agar inovasi dapat segera tercipta. Kalau sulit, cobalah melakukan diskusi dengan orang-orang yang memiliki persepsi yang luas.

  1. Metode untuk memuaskan peluang

Jika sudah menjalankan memiliki sifat konseptual dan perseptual dalam berpikir. Sudah pula menentukan tujuan dan melakukan analisis, kamu harus mulai menentukan metode yang akan digunakan. Metode tersebut diambil dengan tujuan untuk memuaskan peluang yang ditemukan dalam proses-proses sebelumnya. Jika sudah ditentukan, pergerakan kita dalam mengembangkan inovasi akan berjalan dengan baik.

  1. Terfokus dan sederhana

Masih berhubungan dengan prinsip sebelumnya, prinsip yang satu ini juga harus dipegang teguh oleh pembuat inovasi. Agar lebih efektif dan waktu tidak terbuang sia-sia dan inovasinya memberikan dampak yang diharapkan, cobalah untuk terfokus dalam proses pengembangan hal tersebut.  Usahakan juga menghasilkan inovasi yang sederhana atau simple karena tujuannya untuk dapat digunakan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Dimulai dari yang kecil
Sponsors Link

Yang terpenting dalam pembuatan inovasi adalah proses. Secara proses, harus kita pahami kalau sesuatu itu dapat dikatakan berkembang saat ada perubahan yang terjadi dari hal yang kecil untuk menjadi lebih besar. Maka dari itu, prinsip-prinsip inovasi selanjutnya adalah pemahaman bahwa pengembangan itu dimulai dari yang kecil. Jadi jika kita ingin mulai membuat inovasi, cobalah dari yang kecil, tidak perlu memaksakan untuk membuat perubahan dari hal besar.

  1. Pemimpin dan pelopor

Inovasi nantinya akan menghasilkan sesuatu hal yang baru dan memberikan dampak di kehidupan sehari-hari. Artinya, ada prinsip kepemimpinan dan kepeloporan di situ. Yang mana inovasi akan menjadi pelopor agar perubahan dan pengembangan lainnya dapat terjadi. Atau sebagai pemimpin yang mendorong pengembangan lain.

  1. Kebutuhan masa kini

Untuk mempermudah arah, perhatikan lah sekitar dan pahami seperti apa kebutuhan yang diperlukan saat ini. Mengapa begitu? Karena terkadang, masa depan terlalu mengawang. Prinsip ini serupa dengan prinsip-prinsip inovasi sebelumnya terutama dimulai dari yang kecil. Untuk membuat inovasi, mulailah dengan kebutuhan masa kini sebagai bentuk-bentuk perubahan sosial. Jika kemampuanmu sudah terasah, kebutuhan untuk masa depan pun mudah dikembangkan.

  1. Tidak memaksakan kepandaian
Sponsors Link

Kepandaian bukan kunci dari terciptanya inovasi. Inovasi berbicara soal kemampuan. Yang artinya kamu perlu mengasahnya dengan berlatih. Bukan memaksakan kehendak karena merasa pandai. Percayalah, ide dan gagasan yang inovatif itu muncul dari usaha keras. Semua orang yang berusaha bisa melakukannya.

  1. Memperluas wawasan

Dibandingkan dengan berlagak pintar, lebih baik memperluas wawasan. Wawasan inilah yang akan mengembangkan inovasi. Dengan wawasan yang luas, kamu akan lebih mudah memahami situasi, mendengarkan sekitar untuk melihat kebutuhan, dan merasakan hal apa yang harus segara dikembangkan. Justru kurang luasnya wawasan seringkali menjadi faktor penghambat perubahan sosial budaya.

  1. Tidak berlebihan dalam menentukan target

Prinsip yang satu ini berkaitan dengan prinsip-prinsip inovasi yang lain, terutama ketika memahami kebutuhan masa kini. Bukan apa-apa, tidak berlebihan atau berpikir muluk dalam menentukan target, akan mempercepat proses pengembangan inovasi. Memiliki impian yang besar memang baik, tapi dengan memegang prinsip ini kita akan lebih terfokus untuk menciptakan terobosan. Justru jika nantinya inovasi kita melebihi target, hasilnya akan lebih baik bukan.

Sebelas prinsip-prinsip inovasi di atas seharusnya sudah cukup mendukung kamu menciptakan inovasi. Inovasi bukan hal yang mudah terbentuk, jadi mulailah dari sekarang agar kamu semakin terbiasa melakukannya. Perlu kamu tahu, inovator adalah sosok yang dibutuhkan untuk menciptakan suasana yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Karena sebagai salah satu masalah negara berkembang, inovasi menjadi solusi dari hambatan dan kesulitan di kehidupan kita.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 30th, August 2018 / 04:45 Oleh :
Kategori : Pendidikan