Sponsors Link

Inilah 4 Prinsip Pemberdayaan Masyarakat

Sponsors Link

Masyarakat adalah elemen yang sangat penting dalam sebuah lingkungan dan peranan masyarakat dalam lingkungan sangatlah penting. Masyarakat terdiri dari manusia yang variatif, sifat dan perilakunya pasti berbeda. Keberagaman menjadikan masyarakat sulit untuk diatur dan sulit untuk diperintahkan. Salah satu cara untuk menyatukan masyarakat adalah dengan memberdayakan masyarakat pada banyak kegiatan dan proses pemberdayaan masyarakat harus dilakukan dengan cepat serta berkesinambungan.

ads

Pemberdayaan masyarakat adalah cara untuk membuat masyarakat menjadi lebih berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat bermanfaat untuk memulai sebuah proses kegiatan di masyarakat. Saat masyarakat ikut berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan sosial, hal ini menandakan bahwa masyarakat tersebut telah berperan aktif. Secara prinsip pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan berbagai tujuan dan ada banyak manfaat dari berbagai pemberdayaan masyarakat. Berikut ini adalah prinsip pemberdayaan masyarakat:

1. Prinsip Kesetaraan

Dalam lingkungan masyarakat seringkali muncul kesenjangan sosial yang terjadi dan salah satu dampak kesenjangan sosial adalah sulit menyatunya antara masyarakat kaya dengan yang miskin. Prinsip kesetaraan sangatlah penting dalam pemberdayaan masyarakat dan dengan kesejahteraan antar semua masyarakat akan menimbulkan kesetaraan atau keadilan. Lingkungan yang dihuni oleh manusia baik, biasanya menjadi lingkungan yang berperan aktif terhadap berbagai situasi dan kondisi.

2. Prinsip Partisipasi

Dengan pemberdayaan masyarakat yang terjadi di lingkungan, memungkinkan adanya sebuah prinsip partisipasi yang terjadi dan dengan masyarakat yang memiliki partisipasi tinggi, lingkungan akan lebih cepat maju serta berkembang. Berbagai bentuk hubungan sosial dapat terjadi dengan tepat dan memungkinkan menimbulkan situasi masyarakat yang kondusif. Pemberdayaan masyarakat harus dilakukan dengan sebuah komitmen yang kuat dan komitmen yang baik akan membuat masyarakat konsisten menjalankan berbagai kegiatan positif. Pemberdayaan masyarakat juga akan menambah pengetahuan masyarakat mengenai berbagai hal dan peran masyarakat akan semakin aktif di lingkungan.

3. Prinsip Kemandirian

Pemberdayaan masyarakat seringkali memanfaatkan berbagai hal yang ada di lingkungan masyarakat dan hal ini akan memudahkan masyarakat untuk meningkatkan tingkat perekonomiannya. Prinsip ini sangat mengandalkan kemampuan masyarakat dan tidak terlalu terpengaruh oleh pihak luar. Masyarakat yang mandiri akan membuat sebuah sistem sosial yang baik dan berbagai aktivitas kemasyarakatan akan berjalan dengan baik. Pemberdayaan masyarakat juga akan membuat proses interaksi sosial terjadi dengan baik dan berbagai bentuk penyimpangan sosial dapat dihindari dengan efektif. Masyarakat yang memiliki kemandirian akan bisa membentuk tingkat perekonomian sendiri, tanpa harus tergantung pada pihak pemerintah.

4. Prinsip Berkelanjutan

Prinsip pemberdayaan masyarakat harus dilakukan secara berkelanjutan dan peran masyarakat dalam lingkungan sosial harus terus diberdayakan. Dengan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, tentu akan membuat masyarakat memiliki kemampuan sendiri dalam mengelola kegiatan sosialnya dan prinsip berkelanjutan juga menjadi tujuan pembangunan sosial budaya di masyarakat. Masyarakat yang berperan aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan, akan memiliki sikap yang pro aktif terhadap berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah dan rasa ingin tau dari masyarakat akan tumbuh secara natural.

Demikian ulasan mengenai prinsip pemberdayaan masyarakat dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 03rd, May 2019 / 03:07 Oleh :
Kategori : Sosiologi