Sponsors Link

5 Perbedaan Westernisasi dan Hedonisme Secara Jelas dan Paling Lengkap

Sponsors Link

Globalisasi menjadi isu yang terus hangat diperbincangkan pada era ini. Globalisasi menjelma seperti wadah besar-besar bagi terjadinya proses interaksi sosial dan budaya antar lintas negara. Dampak globalisasi semakin terasa adanya di Indonesia dengan adanya bentuk-bentuk perubahan sosial lain dan perubahan perilaku masyarakat.

ads

Dua istilah yang lekat muncul terkait isu globalisasi adalah westernisasi dan hedonisme. Dua contoh fenomena sosial ini sekilas terkesan sama karena identik dengan perubahan perilaku dari para pelakunya. Namun, westernisasi dan hedonisme memiliki beberapa perbedaan yang dapat dipahami melalui beberapa aspek yang akan diuraikan dalam artikel kali ini.

Pengertian dan Contoh Westernisasi

Westernisasi merupakan sikap meniru dan menerapkan unsur-unsur kebudayaan Barat sebagaimana adanya tanpa melakukan proses seleksi. Ciri-ciri westernisasi di antaranya memiliki kiblat tersendiri yaitu budaya Barat dengan teritorial wilayah Eropa dan Amerika Latin. Unsur-Unsur budaya yang ditiru dapat berupa unsur budaya yang baik atau tidak baik. Contoh westernisasi adalah munculnya gaya hidup clubbing malam hari sambil mabuk minuman keras. Hal ini sebelumnya bukan menjadi hal yang lazim di Indonesia. Kebiasaan tersebut lambat laun muncul di Indonesia dan menjadi bagian macam-macam realitas sosial berwujud perilaku menyimpang.

Pengertian dan Contoh Hedonisme

Hedonisme adalah suatu pandangan hidup yang menganggap kesenangan dan kenikmatan merupakan tujuan hidup utama. Hedonisme merupakan gaya hidup yang berpotensi mengubah perilaku manusia mencari banyak cara guna memenuhi segala keinginannya. Kebahagiaan hanya akan diperoleh jika kesenangan yang ia cari terpenuhi dan menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Contoh hedonisme adalah jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting dibeli.

Perbedaan Westernisasi dan Hedonisme

Meski sama-sama melibatkan unsur perubahan perilaku, westernisasi dan hedonisme memiliki beberapa perbedaan pada hal-hal berikut :

  1. Hakikat

Berdasarkan definisi yang dipaparkan di atas, westernisasi dan hedonisme memiliki pengertian yang berbeda. Westernisasi hakikatnya memiliki budaya Barat sebagai acuan dalam mengubah gaya hidup, sedangkan hedonisme hakikatnya tidak memiliki acuan budaya khusus dalam perubahan perilaku. Westernisasi identik dengan adanya akulturasi antara budaya Barat dan lokal, sedangkan hedonisme bisa terjadi akibat adanya akulturasi budaya maupun tidak.

  1. Dampak

Westernisasi dan hedonisme sama-sama memiliki dampak. Westernisasi masih memungkinkan diperolehnya dampak positif, sedangkan hedonisme tidak memiliki dampak positif bagi manusia.

  1. Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai antara westernisasi dan hedonisme memiliki perbedaan. Orang yang mengalami westernisasi akan merasa puas jika ia mampu mengadopsi budaya Barat, sedangkan orang yang bersikap hedonis akan merasa puas jika ia mencapai kesenangan yang ia harapkan.

  1. Faktor pendorong
Sponsors Link

Globalisasi memang menjadi akar utama dari westernisasi dan hedonisme. Namun, keduanya memiliki faktor pendorong utama yang berbeda. Westernisasi dominan didorong faktor eksternal yang berupa penerimaan budaya Barat, sedangkan hedonisme cenderung dipengaruhi faktor internal. Faktor internal yang dimaksud adalah diri sendiri, yang mana manusia memang terlahir sebagai mahluk yang tidak pernah merasa puas.

  1. Tahap awal proses

Orang yang menganut hedonisme akan mengalami tahap awal yang berbeda dengan orang yang terpapar westernisasi. Sebelum seseorang menjadi hedonis, ia bermula dari gaya hidup konsumtif. Seseorang yang hedonis, umumnya senang mengonsumsi produk-produk terlebih dahulu sebelum menganggap berbelanja sebagai suatu upaya memenuhi kesenangan batin.

Adapun tahap awal westernisasi bemula dari terpenuhinya syarat-syarat terjadinya imitasi yang merupakan proses meniru. Seseorang yang terpapar westernisasi biasanya akan meniru terlebih dahulu budaya Barat yang ia lihat. Misalnya, menggunakan pakaian minim setelah melihat film-film Barat. Itulah lima perbedaan westernisasi dan hedonisme. Semoga dapat memperluas wawasan Anda!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, August 2018 / 09:43 Oleh :
Kategori : Sosiologi