Sponsors Link

8 Perbedaan Valuta Asing dan Devisa Dari Jenis dan Fungsinya

Sponsors Link

Pada era dampak globalisasi saat ini kata valuta asing tentu sudah tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia, begitupun juga dengan kata devisa. Namun apakah orang-orang tahu apa perbedaan valuta asing dan devisa? Agar lebih memahami dua kata tersebut mari kita simak satu persatu arti kata keduanya dan apa perbedaanya.

ads

Valuta asing atau biasa disingkat valas adalah mata uang asing yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah dalam sebab terjadinya perdangangan internasional. Namun tidak semua mata uang asing bisa menjadi alat pembayaran di perdagangan internasional, hanya beberapa valuta asing seperti United State Dolar (USD), Japan Yen (JPY), Euro dan Great Britain Poundsterling (GBP). Namun yang paling banyak digunakan oleh hampir seluruh ciri-ciri demografi negara maju adalah US Dollar yaitu mata uang dari Amerika Serikat.

Ulasan Valuta Asing

Ada dua jenis valuta asing yang berlaku, adalah:

  • Valuta asing fisik atau Bank note. Valuta asing ini berbentuk uang pada umumnya. Khusus di Indonesia, US Dollar yang umum dipakai bertransaksi, bentuk fisiknya harus masih bagus dan tidak boleh ada cacat serta keluaran 5 tahun terakhir.
  • Valuta asing non fisik, yang satu ini alat pembayaran yang sah juga namun tidak ada fisik uangnya. Bisa berbentuk LC (Letter of Credit), wesel, rekening bank, cek dan giro. Alat pembayaran valuta asing ini sah selama dananya ada.

Adapun fungsi dari valuta asing ada empat yaitu:

  1. Alat tukar internasional, yang artinya setiap orang atau lembaga yang memiliki valuta asing dapat menukarkan barang atau jasa apapun dengan menggunakan valuta asing tersebut.
  2. Alat pengendali kurs, dimana jika suatu negara memiliki valuta asing yang cukup untuk memenuhi setiap transaksi internasionalnya, maka kurs valuta asing terhadap kurs lokalnya akan stabil.
  3. Alat pembayaran internasional, yang berarti bahwa valuta asing ini diakui dan dianggap sah untuk membayar setiap transaksi berskala internasional.
  4. Memperlancar transaksi internasional, berarti bahwa setiap faktor pendorong terjadinya perdanganan internasional harus menggunakan valuta asing jika tidak maka salah satu pihak berhak menolak bertransaksi tersebut.

Ulasan Devisa

Itulah arti, jenis dan fungsi dari valuta asing. Sudah mulai terlihat gambaran perbedaan valuta asing dan devisa? Jika belum, mari kita simak apa itu devisa.

Devisa adalah aset sebuah negara yang berada di luar negeri, dapat barang berupa barang, jasa dan valuta asing. Devisa berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah antar negara. Selain itu perbedaan ekspor dan impor berfungsi juga sebagai cadangan moneter, tabungan aset suatu negara dan alat ukur kekayaan suatu negara.

Berdasarkan asalnya devisa terbagi menjadi dua yaitu:

  • Devisa kredit : Devisa yang berasal dari pinjaman negara lain.
  • Devisa umum : Devisa yang berasal dari transaksi internasional

Di Indonesia ada sebuah lembaga bernama Biro Lalu Lintas Devisa atau disingkat BLLD yang bertugas untuk mengawasi setiap jalannya transaksi yang menggunakan devisa. Selain itu lembaga ini juga bertugas untuk mencari cara untuk menambah cadangan devisa.

Jadi apa perbedaan valuta asing dan devisa? Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan valuta asing dan devisa karena valuta asing merupakan salah satu bagian dari devisa. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Monday 06th, August 2018 / 09:35 Oleh :
Kategori : Ekonomi