Sponsors Link

Inilah 7 Perbedaan Urbanisasi Dan Ruralisasi Yang Wajib Tahu!

Sponsors Link

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk yang dilakukan masyarakat pedesaan ke daerah perkotaan dan urbaniasasi terjadi dengan berbagai macam faktor pendorong. Banyak masyarakat yang menduga bahwa kehidupan di kota besar, lebih baik dibanding dengan di pedesaan dan banyak masyarakat desa yang nekad pergi ke kota untuk mengadu nasib. Kebudayaan pedesaan dibawa ke perkotaan dan menghasilkan kebudayaan baru yang unik. urbanisasi biasanya dilakukan dengan berbagai alasan seperti keinginan untuk memperoleh kesuksesan, keinginan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, lapangan pekerjaan yang lebih besar dan berbagai alasan lainnya.

ads

Ruralisasi adalah perpindahan penduduk yang dilakukan oleh masyarakat perkotaan ke daerah pedesaan dan biasanya perpindahan ini terjadi, karena kepadatan penduduk yang dimiliki perkotaan sangatlah besar. Kebanyakan masyarakat yang melakukan ruralisasi adalah masyarakat yang pernah melakukan urbanisasi dan pola ini sangat sering terjadi di Indonesia. Ada banyak faktor pendorong terjadinya ruralisasi seperti kejenuhan masyarakat dengan wilayah perkotaan, mahalnya harga lahan di perkotaan, keinginan untuk memajukan daerah pedesaan, biaya hidup yang terlalu tinggi dan berbagai faktor pendorong lainnya. Berikut ini adalah perbedaan urbanisasi dan ruralisasi:

1. Tujuan

Perbedaan urbanisasi dan ruralisasi bisa dilihat dari tujuannya. Urbanisasi dilakukan masyarakat perkotaan dengan tujuan mencari penghidupan yang lebih baik di perkotaan, sedangkan ruralisasi dilakukan masyarakat pedesaan dengan tujuan untuk mendapatkan ketenangan di daerah pedesaan. Kondisi wilayah perkotaan dan pedesaan sangatlah beda. Perkotaan sangat identik dengan kepadatan penduduk dan pedesaan identik dengan kesejukan alamnya yang masih terjaga. Biaya hidup di pedesaan tentu lebih murah dibanding biaya hidup di perkotaan. Salah satu kebijakan pemerintah dalam upaya mengurangi laju urbanisasi adalah dengan melakukan usaha pemerataan lapangan pekerjaan di pedesaan dan menyeimbangkan penghasilannya.

2. Faktor Pendorong

Perbedaan ruralisasi dan urbanisasi juga dapat dilihat dari faktor pendorongnya. Faktor pendorong urbanisasi biasanya adalah adanya ajakan dari masyarakat lain yang telah mendapatkan kesuksesan di perkotaan, sedangkan faktor pendorong ruralisasi biasanya adalah persaingan usaha yang terlalu ketat dan hal ini membuat banyaknya masyarakat yang awalnya urbanisasi, memutuskan lagi untuk kembali ke pedesaan. Dengan adanya urbanisasi dengan ruralisasi menjadikan salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran penduduk dan perbedaan jumlah penduduk akan menimbulkan sebuah kesenjangan sosial yang besar.

3. Dampak

Perbedaan ruralisasi dengan urbanisasi juga dapat terlihat dari dampak sosial yang dihasilkan dan dampak sosial ini akan merubah siklus suatu lingkungan. Urbanisasi akan membuat wilayah perkotaan menjadi padat penduduk, sedangkan dengan adanya ruralisasi akan mengurangi jumlah penduduk yang ada di perkotaan. Salah satu dampak ruralisasi adalah berkurangnya lahan di pedesaan, karena masyarakat perkotaan yang membawa uang banyak akan membeli lahan pedesaan dengan luas dan hal ini disebabkan adanya perbedaan harga tanah di perkotaan dengan pedesaan. Pada daerah perkotaan tanah dijual per meter dan di pedesaan tanah masih dijual per tumbak.

4. Kesenjangan

Ruralisasi akan membuat kesenjangan yang terjadi di wilayah pedesaan, sedangkan urbanisasi akan menimbulkan kesenjangan sosial di daerah perkotaan dan kesenjangan tingkat perekonomian menimbulkan berbagai permasalahan yang terjadi. Kondisi ini akan membuat siklus negara menjadi tidak stabil dan kondisi penduduk indonesia menjadi tak aman. Peningkatan kejahatan sosial akan membuat kondisi mencekam di masyarakat dan tingkat kejahatan bisa mempengaruhi kondisi ekonomi suatu wilayah. Kesenjangan sosial yang terjadi di perkotaan dan pedesaan menjadi sebuah hal yang perlu dicegah, karena keduanya sangat merugikan bagi negara.

5. Manfaat

Manfaat urbanisasi adalah memperoleh kesempatan kerja yang lebih besar, walau persaingan semakin berat dan ruralisasi memiliki manfaat untuk membuat keberagaman di wilayah pedesaan. Adapun berbagai dampak kepadatan penduduk yang terjadi di wilayah perkotaan dan dengan berbagai masalah kependudukan yang terjadi, menimbulkan berbagai permasalahan sosial. Ada berbagai manfaat lain dari urbanisasi seperti pendapatan yang meningkat, kondisi masyarakat perkotaan menjadi lebih beragam dan berbagai manfaat lainnya. Sedangkan ruralisasi memiliki manfaat untuk pembangunan wilayah pedesaan, pengembangan wilayah pedesaan dan berbagai manfaat lainnya.

Sponsors Link

6. Ciri

Urbanisasi memiliki ciri yang sangat unik yaitu memiliki tujuan untuk memperoleh pendapatan yang unik dan pelaku urbanisasi selalu dilakukan oleh masyarakat pedesaan, sedangkan ruralisasi memiliki tujuan untuk memperoleh kehidupan yang lebih sosial atau gotong royong. Masyarakat pedesaan memang sangat identik dengan perilakunya yang santun dan tradisional. Sedangkan manusia kota biasanya lebih bersifat individual dan memiliki perilaku yang terpengaruh oleh globalisasi. Ada berbagai cara mencegah urbanisasi, agar tidak terjadi di suatu wilayah dan dengan dicegahnya urbanisasi, maka kepadatan penduduk akan dapat tercegah dengan sangat baik.

7. Budaya

Urbanisasi dilakukan masyarakat pedesaan ke kota dan masyarakat desa yang datang ke kota, pasti memiliki kebudayaan tradisional. Sedangkan ruralisasi yang dilakukan masyarakat kota, akan membawa budaya modern ke daerah perkotaan dan dengan percampuran budaya yang terjadi di pedesaan akan memunculkan budaya baru. Ada berbagai dampak positif dan negatif urbanisasi yang terjadi, karena dengan datangnya masyarakat desa ke kota juga dapat menimbulkan kepadatan penduduk. Budaya baru yang muncul di pedesaan atau perkotaan akan menyebabkan sebuah konflik, karena semua budaya pasti memiliki ciri khasnya tersendiri.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan urbanisasi dan ruralisasi serta semoga artikelnya dapat memberikan referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Sunday 21st, April 2019 / 01:32 Oleh :
Kategori : Ekonomi