Sponsors Link

Perbedaan Tindakan Sosial dengan Perilaku Sosial Berdasarkan Ciri-Ciri dan Bentuknya

Sponsors Link

Tindakan sosial dan perilaku sosial juga merupakan peristiwa sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kedua peristiwa tersebut sama-sama terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok seperti halnya contoh tindakan sebagai makhluk sosial, contoh interaksi sosial individu dengan individu maupun contoh hubungan sosial. Apa saja perbedaan tindakan sosial dan perilaku sosial? Berikut ulasannya!

ads

Definisi

Perilaku sosial erat kaitannya dengan proses sosialisasi. Sosialisasi merupakan proses belajar sosial mengenai tindakan interaksi yang dilakukan sejak masa kanak-kanak hingga menginjak masa tua. Sosialisasi dan kepribadian seseorang membentuk suatu sistem perilaku yang kemudian menentukan dan membentuk sikap seseorang. Dalam perilaku sosial terdapat kaidah-kaidah yang mengatur hubungan seseorang dengan lingkungannya sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih teratur. Apabila perilaku tersebut keluar dari kaidah, maka bisa disebut sebagai tindakan penyimpangan. Sedangkan, tindakan sosial merupakan tindakan penuh arti yang diarakan kepada individu lain atau sekelompok orang. Tujuan adanya tindakan sosial adalah adanya reaksi yang didapat dari pihak lawan bicara sesuai dengan harapan. Pemahaman yang baik akan menghasilan reaksi yang baik pula.

Ciri-ciri

Seperti halnya ciri-ciri gerakan sosialsyarat terjadinya interaksi sosial ataupun syarat terbentuknya hubungan sosial, ciri-ciri adanya tindakan sosial adalah :

  1. Tindakan sosial memiliki makna subjektif
  2. Tindakan sosial nyata yang bersifat subjektif
  3. Memiliki pengaruh positif adanya proses terjadinya interaksi sosial bagi individu lain atau sekelompok orang
  4. Diarahkan kepada orang lain guna mendapatkan respon yang sesuai harapan
  5. Memiliki tujuan atau kepentingan tertentu

Ciri-ciri atau faktor pembentuk perilaku sosial, antara lain:

  • Perilaku dan karakteristik orang lain

Perilaku dan karakteristik orang lain yang Anda ajak bicara sangat mempengaruhi perilaku sosial yang terjadi. Jika Anda sering bergaul dengan orang-orang berkarakter santun, maka perilaku yang terbentuk seperti orang-orang tersebut. Apabila Anda sering bergaul dengan seseorang yang berperilaku sombong, maka perilaku yang terbentuk juga akan menjadi sombong.

  • Proses kognitif

Selain perilaku dan karakteristik orang lain, ingatan dan pikiran yang memuat ide-ide, keyakinan dan pertimbangan yang menjadi kesadaran sosial seseorang sebagai faktor pendorong terjadinya hubungan sosial akan berpengaruh pada perilaku sosial seseorang.

  • Faktor lingkungan

Ligkungan juga menjadi faktor yang mempengaruhi adanya perilaku sosial. Contohnya, seseorang yang terbiasa dengan suara keras, maka perilaku sosialnya pun menjadi keras pula. Jika, seseorang tersebut terbiasa dengan suara lembut, maka ia pun menjadi lembut pula.

  • Budaya

Budaya seseorang juga sangat berpengaruh pada perilaku sosial yang terbentuk. Misalnya, seseorang yang berasal dari etnis budaya tertentu akan merasa aneh jika berada pada lingkungan masyarakat dengan etnis budaya lainnya.

Bentuk

Bentuk tindakan sosial terdiri dari 4 tipe, yakni:

  1. Tindakan sosial rasionaltas instrumental
  2. Tindakan sosial berorientasi nilai
  3. Tindakan sosial afektif
  4. Tindakan sosial tradisional
Sponsors Link

Sedangkan, jenis perilaku sosial dapat dilihat menurut sifat-sifat dan pola respon yang diberikan oleh seseorang, antara lain: Perilaku sosial berdasakan kecenderungan perilaku peran dibedakan menjadi:

  1. Sifat pemberani dan pengecut
  2. Sifat bekuasa dan sifat patuh
  3. Sifat inisiatif secara sosial dan pasif
  4. Sifat mandiri dan tergantung

Perilaku sosial berdasarkan kecenderungan perilaku dalam hubungan sosial dibedakan menjadi:

  1. Diterima atau ditolak oleh orang lain
  2. Suka bergaul dan tidak suka bergaul
  3. Sifat ramah dan tidak ramah
  4. Simpatik dan tidak simpatik

Perilaku sosial berdasarkan kecenderungan perilaku ekspresif dibedakan menjadi:

  1. Suka bersaing dan tidak suka bersaing
  2. Sifat agresif dan tidak agresif
  3. Sifat kalem atau tenang
  4. Sifat suka pamer atau menonjolkan diri

Demikian perbedaan tindakan sosial dan perilaku sosial. Pelajari pula perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif, perbedaan tindakan sosial dan interaksi sosial, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 08th, February 2019 / 02:10 Oleh :
Kategori : Sosiologi