Sponsors Link

Perbedaan Struktur Sosial dan Sistem Sosial Berdasarkan Unsur dan Jenisnya

Sponsors Link

Contoh pola sosial dalam kehidupan bermasyarakat merupakan sebuah bidang yang menarik untuk dipelajari. Karena di dalamnya terdapat hubungan timbal balik manusia yang notabene adalah makhluk sosial. Di dalam teori sosiologi modern, kita menempati sebuah sistem sosial yang terdiri dari beberapa struktur sosial. Namun mungkin belum banyak yang memahami perbedaan struktur sosial dan sistem sosial itu sendiri. Maka dari itu, berikut beberapa hal yang perlu diketahui.

ads

Garis Besar Perbedaan Struktur Sosial dan Sistem Sosial

Pada dasarnya, jika dilihat dari kata, sistem dan struktur memang merupakan dua istilah yang berbeda. Struktur sosial merupakan susunan atau komponen dari sebuah kelompok sosial. Dimana di dalamnya terdapat beberapa jenis atau tingkatan tertentu.

Sementara itu sistem adalah sebuah pola. Maksudnya disini, sistem sosial merupakan sebuah dinamika atau pola interaksi dari keberadaan struktur sosial itu sendiri. Jadi, secara garis besar, perbedaan struktur sosial dan sistem sosial adalah pada ruang lingkupnya. Struktur sosial lebih kepada susunan masyarakat, sementara sistem sosial lebih kepada pola global masyarakat.

Jenis Struktur Sosial

Untuk lebih mengetahui tentang perbedaan struktur sosial dan sistem sosial, maka berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis struktur sosial itu sendiri. Pada dasarnya, struktur sosial dibedakan menjadi:

  • Struktur kaku dan luwes: Berkaitan dengan karakter masyarakat itu sendiri. Contoh proses sosialisasi masyarakat suatu daerah bisa jadi berkarakter lebih kaku dari masyarakat daerah lainnya.
  • Struktur formal dan informal: Berkaitan dengan masyarakat yang memiliki ketetapan hukum atau tidak di suatu negara atau daerah.
  • Struktur homogen dan heterogen: Berkaitan dengan pengaruh terhadap dunia luar. Jika memiliki pengaruh yang sama, berarti heterogen. Jika memiliki pengaruh yang berbeda, berarti heterogen, contoh sosiologi perkotaan.
  • Struktur atas dan bawah: Berkaitan dengan struktur di lapisan masyarakat. Contoh sosiologi ekonomi adanya masyarakat miskin dan adanya masyarakat yang kaya.
  • Struktur vertikal dan horizontal: Berkaitan dengan pembedaan masyarakat berdasarkan diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial.

Unsur Sistem Sosial

Perbedaan struktur sosial dan sistem sosial juga perlu dikenali dari penjelasan tentang sistem sosial. Berikut ini adalah beberapa unsur yang mengisi sistem sosial menurut Selo Soemardjan.

  • Kepercayaan dan pengetahuan: Sistem sosial dibentuk oleh masyarakat yang mempercayai kebenaran dan memiliki pengetahuan tentangnya. Sistem ini dibentuk dengan adanya aspek agama atau religi.
  • Perasaan: Perasaan juga menjadi bagian dari sistem sosial dimana kondisi kejiwaan masyarakat akan mempengaruhi sistem yang ada.
  • Tujuan: Tujuan akan menjadi landasan untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan oleh masyarakat.
  • Peraturan sosial: Sebuah karakteristik keteraturan sosial tidak akan bisa berjalan jika tidak memiliki peraturan, Fungsi norma sosial, atau hukum yang berlaku.
  • Kedudukan dan peran: Kedudukan dan peran dalam suatu masyarakat juga termasuk bagian dari sistem sosial yang tidak bisa dipisahkan.
  • Pangkat: Pangkat seseorang akan menjadikan peranan dalam lingkup sosial sesuai dengan porsinya masing-masing.
  • Kekuasaan: Kekuasaan diperlukan untuk mempengaruhi pihak tertentu (wewenang) dan merupakan bagian dari sistem sosial.
  • Sanksi: Hukuman atau imbalan secara sosial juga bagian dari masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah sistem.
  • Fasilitas: Sebuah sistem sosial akan berjalan sebagaimana fasilitas atau sarana yang ada di sekitarnya. Bisa berupa sumber daya atau berupa ide dan gagasan.

Demikianlah perbedaan struktur sosial dan sistem sosial yang perlu diketahui. Semoga bisa memberikan referensi yang terbaik dan bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 30th, October 2018 / 06:46 Oleh :
Kategori : Sosiologi