Sponsors Link

3 Perbedaan Struktur Sosial dan Pranata Sosial Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Permasalahan sosial masih menarik untuk menjadi topik utama yang dibahas. Karena mencakup pola kehidupan manusia setiap harinya. Dalam kehidupan sosial bermasyarakat, kita tidak bisa lepas dari yang namanya unsur struktur sosial dan juga pranata sosial. Karena kedua hal ini memang selalu ada dalam bermasyarakat. Namun mungkin belum banyak yang mengetahui perbedaan struktur sosial dan pranata sosial, padahal keduanya sangat berbeda. Walaupun pada dasarnya keduanya saling berhubungan. Berikut beberapa penjelasan mengenai perbedaan tersebut.

ads

Struktur Sosial Dan Pranata Sosial

Sebelum mengetahui tentang perbedaan struktur sosial dan pranata sosial, berikut akan dijelaskan secara garis besar mengenai definisi dari masing-masing aspek tersebut.

  1. Struktur Sosial

Struktur sosial merupakan sebuah tatanan atau susunan masyarakat secara sosial yang di dalamnya terdapat kelas atau kelompok-kelompok sosial. Masing-masing kelompok sosial ini memiliki hubungan timbal balik. Struktur sosial memiliki pola hubungan antar kelompok dan antar manusia itu sendiri. Di dalamnya juga terdapat pola perilaku sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Struktur sosial terdiri dari dua jenis struktur sosial yang dibedakan berdasarkan hubungan sosial, yaitu diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial. Dimana jenis diferensiasi sosial adalah struktur sosial dengan hubungan horizontal. Diferensiasi sosial bisa meliputi perbedaan ras, suku, klan, agama, profesi, bangsa, jenis kelamin, dan sebagainya. Adapun stratifikasi sosial lebih dititikberatkan pada struktur sosial secara vertikal. Contoh-contoh stratifikasi sosial dalam aspek kekuasaan, kekayaan, dan tingkat pendidikan.

  1. Pranata Sosial

Sedangkan pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan yang di dalamnya terdapat hubungan untuk memenuhi kebutuhan khusus. Unsur-unsur pranata sosial ini lahir dari adanya kebutuhan yang perlu dipenuhi sebagai makhluk sosial. Yang nantinya hadir sebagai keteraturan yang menciptakan sebuah norma sosial. Norma-norma ini akan berkembang menjadi sebuah pranata agar kehidupan sehari-hari berjalan baik.

Simbol pranata sosial ini lebih bersifat umum dan mendukung adanya keberagaman di dalam masyarakat. Misalnya pranata sosial di dalam keluarga yang lahir dari kebutuhan manusia untuk berketurunan dan hidup bersama keluarganya. Atau pranata agama sebagai kebutuhan manusia akan Tuhannya. Juga adanya pranata pendidikan yang lahir dari kebutuhan manusia untuk mendapatkan ilmu yang layak. Ada juga pranata ekonomi yang lahir dari kebutuhan manusia untuk mendapatkan barang.

  1. Perbedaan Struktur Sosial dan Pranata Sosial

Dari penjelasan masing-masing aspek di atas, bisa dikatakan bahwa perbedaan struktur sosial dan pranata sosial terletak pada konsep globalnya masing-masing. Bahwa struktur sosial hadir sebagai kelompok sosial, sementara tujuan pranata sosial hadir dari kebutuhan kelompok sosial itu sendiri untuk berkehidupan. Secara tidak langsung, struktur sosial akan menciptakan hubungan timbal balik yang kemudian akan lahir pranata sosial. Dan dalam kehidupan sehari-harinya, pranata sosial akan terus diterapkan oleh struktur sosial untuk bisa berkehidupan dengan baik dan teratur.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang perbedaan struktur sosial dan pranata sosial secara garis besarnya. Kedua aspek sosial ini memang saling berhubungan satu sama lain di masyarakat dan tidak bisa dipisahkan. Semoga bisa memberikan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 30th, October 2018 / 03:54 Oleh :
Kategori : Sosiologi